5 Tip Menulis Buku Sekaligus Membuat Ilustrasi, Ternyata Tidak Ada yang Mustahil Selama Mau Mencoba

Monday, January 3, 2022

5 Tip Menulis Buku Sekaligus Membuat Ilustrasi, Ternyata Tidak Ada yang Mustahil Selama Mau Mencoba
Photo by Helena Lopes on Unsplash


Apa nggak capek mesti nulis buku sekaligus membuat ilustrasinya juga? Atau, gimana rasanya jadi penulis sekaligus ilustrator? Apakah memungkinkan menjalankan dua profesi ini sekaligus?


Awalnya, saya tidak pernah berpikir untuk menekuni kedua profesi ini. Sekadar bisa menulis saja sudah Alhamdulillah. Sekadar bisa menerbitkan buku saja sudah senangnya masya Allah. Namun, seiring berjalannya waktu, Allah menuntun saya ke jalan yang berbeda. Saya keluar dari zona nyaman saya selama ini dan mulai menekuni dunia ilustrasi.


Tahun 2021 merupakan awal mula saya membuat ilustrasi untuk buku anak. Terbilang cukup singkat. Saya mulai berlatih pada awal 2020 lalu. Tidak sampai satu tahun, saya sudah berani mengerjakan ilustrasi untuk buku dan yang lainnya. Sangat bersyukur karena Allah memampukan saya dan memberikan kesempatan ini tanpa harus menunggu terlalu lama.


Tahun 2021 lebih banyak saya habiskan untuk mengilustrasikan buku dibandingkan menulis buku. Benar-benar nggak direncanakan sebelumnya, tapi saya menyukainya. Meskipun sering kali terjadi, di tengah-tengah membuat ilustrasi justru merasa kangen menulis buku.


Sama halnya seperti saat nggak ada job, justru malah kangen pengin ngerjain gambar. Namun, waktu ada job, rasanya pengin cepat kelar dan istirahat. Setelah benar-benar ada waktu untuk istirahat, apakah sanggup bertahan dalam waktu yang cukup? Belum habis tiga hari pasti sudah bingung…kwkwk


Dulu, saya pernah berpikir pengin banget nulis buku sekaligus mengilustrasikannya seperti mbak Stella Ernes. Namun, lama-lama merasa nggak memungkinkan untuk belajar dan menjalankan dua profesi ini sekaligus, ditambah saya memang belum belajar menggambar digital waktu itu. Namun, siapa yang bisa mengingkari jika Allah sudah berkehendak? Akhirnya semua terjadi sealami itu. Berjalan sesuai alurnya. Diikuti saja hingga bisa seperti sekarang.


5 Tip Menulis Buku Sekaligus Membuat Ilustrasi

5 Tip Menulis Buku Sekaligus Membuat Ilustrasi, Ternyata Tidak Ada yang Mustahil Selama Mau Mencoba


Menulis buku sambil membuat ilustrasi pastinya membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Apalagi jika kita jadi IRT tanpa ART yang apa-apa serba dikerjakan sendiri. Benar-benar butuh fokus untuk menyelesaikan semuanya *ceritanya curhat…kwkwk.


Kendala yang saya hadapi ketika mengerjakan dua profesi ini sekaligus, ditambah saya terbilang baru juga di dunia ilustrasi, butuh waktu yang tidak sedikit untuk mengerjakan pekerjaan hingga tuntas. Kecepatan kita pun belum sehebat yang lain. Ibaratnya, kita sedang belajar, tapi sambil dibayar.


Ketika saya mampu mengerjakan banyak ilustrasi untuk buku, di sisi lain justru saya tidak terlalu produktif menulis. Karena waktu saya habis untuk menggambar. Memilih salah satu di antara dua profesi ini belum memungkinkan. Karena saya masih sayang keduanya. Saya bersyukur Allah berikan kesempatan untuk menekuni keduanya dan rasanya belum rela melepaskan salah satu. Akhirnya, saya menerima jika tidak bisa banyak menulis buku karena waktu yang terbagi.


Tahun ini, saya berharap bisa lebih produktif menulis dan mengurangi mengerjakan ilustrasi pesanan buku untuk klien. Lebih memilih untuk mengilustrasikan buku-buku sendiri saja jika memungkinkan.


Namun, baru awal tahun saja masih sibuk ngerjain proyek buku milik orang…kwkwk. Tak mengapa, asalkan masih tetap berkarya, entah nanti akan lebih banyak mengerjakan yang mana, saya akan tetap mensyukurinya, insya Allah.


Beberapa tip ini mungkin bisa berguna bagi teman-teman ilustrator yang pengin sekaligus menulis buku atau sebaliknya bagi penulis yang pengin menggambar juga,


1. Komitmen Itu Perlu

Sekadar ingin saja tidak cukup. Untuk menulis buku saja, kita butuh komitmen supaya buku bisa ditulis hingga rampung. Sebagian besar penulis gagal menulis bukunya hingga tuntas karena kurangnya komitmen. Mereka dikalahkan oleh kesibukan, rasa malas, kurang referensi, dan apa pun yang akhirnya membuat mereka bisa beralasan untuk berhenti.


Apalagi ketika mengerjakan ilustrasi sekaligus menulis ceritanya sendiri, sungguh tidak mudah menaklukkan rasa malas dan menyimpan ide-ide yang berkelebat di kepala. Karena ketika mengerjakan gambar, pasti penulis pengin segera nulis buku baru lagi. Susah ditahan, seperti bisul :(


Namun, jika sejak awal ingin mengerjakan keduanya, kita mesti ikhlas melepaskan keinginan ini itu hingga buku kita selesai dikerjakan. Jangan sampai banyak selingkuhnya, bisa-bisa gambar atau buku kita tidak selesai tepat waktu.


2. Lebih Banyak Belajar

Bagi pemula, pasti tidak mudah mengerjakan dua hal sekaligus. Kita butuh waktu yang cukup panjang untuk menekuni keduanya. Saya tidak memulai dua profesi ini sekaligus. Saya belajar menulis dulu, baru belajar membuat ilustrasi. 


Supaya kita lebih luwes menggambar dan menulis, sudah seharusnya kita belajar lebih serius supaya kemampuan kita tidak hanya sekadar bisa saja. Makin ditekuni dan dilatih, makin cepat juga kemampuan kita mengerjakan keduanya.


Jadi, jangan malas belajar, ya. Ikut saja kelar-kelas menulis atau menggambar online yang saat ini sangat mudah ditemukan. Sisanya, kamu bisa berlatih sendiri di rumah.


3. Bukan Sekadar Gaya-gayaan

Kenapa ada orang yang berpikiran mengerjakan dua hal ini sekaligus? Apakah hanya sekadar supaya bisa terlihat keren atau penulis pelit ketika mau membayar ilustrator?


Tidak semua orang bisa menggambar atau menulis. Kebanyakan hanya memilih salah satu profesi ini untuk ditekuni. Namun, ada orang-orang yang memang cinta keduanya. Seperti saya misalnya, sejak kecil memang senang sekali menggambar. Namun, dari dulu saya tidak tahu mau lewat mana jalannya supaya bisa menjadi ilustrator.


Saat SMA, saya mulai menulis, tapi tidak pernah meninggalkan hobi menggambar. Keduanya adalah hal yang saya sukai. Makanya, ketika sekarang saya diberi kesempatan dan kepercayaan, rasa-rasanya sulit memilih di antara keduanya. Keduanya sama-sama menyenangkannya buat saya kecuali ketika sudah jenuh :(


Bagi kamu yang ingin memulai dua profesi ini sekaligus, tanyakan dulu pada diri sendiri, kira-kira alasan apa yang melatar belakangi? Kenapa pengin nyoba menekuni dua-duanya? Yakin suka menggambar? Yakin suka menulis?


Kita tidak harus menjadi orang lain supaya terlihat hebat, lho. Kalau diri kita tidak benar-benar ingin, jangan memaksakan diri untuk mengerjakannya. Pilihlah profesi yang benar-benar nyaman buat kamu. Karena nanti, kamulah yang bakalan menjalaninya. Kamu yang bakalan ngerasain capek dan lelahnya. Jangan sampai hanya karena supaya bisa terlihat keren, kamu malah mengorbankan kebahagiaanmu sendiri.


4. Butuh Berkorban

Ketika kita pengin memulai suatu hal atau ketika kita menginginkan sesuatu, pasti butuh berkorban waktu, tenaga, dan juga uang. Kita nggak bisa menggapai semuanya tanpa berkorban terlebih dulu.


Untuk belajar menulis misalnya, bahkan sampai saat ini tak terhitung sudah berapa kelas saya ikuti. Mulai dari kelas gratisan hingga berbayar jutaan rupiah. Sampai saat ini, bahkan setelah saya menerbitkan buku, saya masih ngejar kelas-kelas berbayar. Terakhir saya mendaftar di kelas menulis bersama pak Bambang Trim. 


Untuk menggambar pun sama, saya juga ikut beberapa kelas, meski tak sebanyak kelas menulis, tapi saya juga pernah belajar di kelas-kelas online.


Rasanya tidak ada hal-hal yang mudah terjadi begitu saja, terutama bagi teman-teman yang seperti saya, hanya IRT, tidak berpendidikan tinggi, bukan anak DKV, kita butuh menyisihkan waktu, tenaga, dan uang untuk menekuni profesi yang kita inginkan. Tidak kuliah tak masalah, tapi bukan berarti kita tidak belajar.


5. Ketika Jenuh, Menepilah

Dua bulan terakhir, saya mesti mengerjakan 100 ilustrasi yang akhirnya rampung di awal tahun ini. Alhamdulillah. Dalam perjalanannya, sudah bisa dibayangkan, rasanya seperti mabuk kendaraan. Iya, jenuh, capek, bosan, pengin lari, pengin kabur…kwkwk. Manusiawi sekali, lho. It’s okay, Muyass. Kamu sudah berusaha dan akhirnya berhasil menyelesaikannya :)


Ketika merasa jenuh, menepilah untuk istirahat. Jangan berpikir bakalan berhenti atau merasa gagal. Semua orang pasti merasa jenuh dan capeklah ketika mengerjakan hal yang sama dalam waktu yang lama. Namun, apakah mereka berhenti? Palingan rehat sebentar untuk memulihkan tenaga dan kemudian melanjutkan kembali impian yang belum dicapai.


Seperti itulah yang mesti dilakukan. Terutama bagi kita yang mau menekuni dua hal sekaligus. Sangat mungkin pengin lompat menulis ketika sedang menggambar atau sebaliknya. Namun, kembali lagi ke poin pertama, komitmen!


Gimana, gimana? Yakin mau nyoba keduanya sekaligus? Menyenangkan mengerjakan semuanya, tapi bukan berarti kita bakalan kerjain dua-duanya terus menerus. Ketika merasa nggak mampu, capek, atau ketika nggak memungkinkan, serahkan ilustrasinya kepada ilustrator lain. Jangan terlalu kaku sama diri sendiri. Tetap bahagia, tetap belajar, ya :)


Salam hangat,


Comments

  1. Dulu ya mba, aku pernah berdoa, berharap dikasih bakat bisa menggambar 😄. Rasanya enaaak aja melihat temen2 yg memang berbakat gambar, membuat coretan2 di kertas, tapi hasilnya baguuuus banget. Even dulu ada temenku yg menggambar apapun pakai pulpen, tapi hasilnya amazing lah. Envy luar biasa ngeliatnya hahahaha. Aku yg melihat gambar dia aja bisa healing, apalagi bagi dia kan.

    Kalo memang bisa dilakukan barengan, antara menulis dan menjadi illustrator, ya kenapa ga. Lakuin saja sekaligus 😁. Malah enak, bisa sesuai keinginan dan bayangan kita hasil gambarnya .

    ReplyDelete
  2. Memang dasarnya udah ada bakat dan hobi menggambar, ya. Jadi akhirnya bisa jalan bareng juga. Barakallahu fiik..

    ReplyDelete
  3. Wah sama mba aku juga pernah merasa galau antara menulis dan melukis, setiap berhenti melukis eh ada aja job kayak Allah juga nggak mau aku nyerah atau berhenti gitu aja. Sekarang aku akan ikuti jejakmu mba, jadi penulis dan ilustrator tapi mungkin lebih santai aja soalnya bocil belum sekulah hahha

    ReplyDelete
  4. Bangga banget sm mbak Muyass yg produktif bangettt dua bulan bisa menyelesaikan 100 ilustrator. Idenya ada aja dong ya. Uhuuuy
    Meski mbak Muyass bilang jd kurang produktif menulis, tp nggak apa2 dong toh lg fokus jd ilustrator.. Bener sih, kl capel, jenuh, atau butuh istirhat 'menepilah'jgn kaku sm diri sendiri😍

    ReplyDelete
  5. Tulisan ini seperti ngasih pilihan ke aku deh, mau jadi bloger dan content writer aja, atau fokus jadi editor? Kwkwkwk...
    Jawabannya, kalau lagi banyak kerjaan editing, ya ngerjain blognya stop dulu. Kalau udah senggang ngedit, baru fokus ke blog. *siapa yang nanya ya? Wkwkwkk

    Sukses terus, ya, Mbak Muyy..
    Jadikan menggambar dan menulis sebagai sarana curhatmu. *eeeaa

    ReplyDelete
  6. Memang mengerjakan dua hal sekaligus, mudah dan susah ya Mbak. Sepakat bahwa komitmen itu penting agar lancar mengerjakan dua hal. Saya termasuk orang yang melakukan beberapa hal sekaligus padahal hasilnya juga nggak terlalu perfek sih, tapi tuntutan keadaan sehingga membuat gitu, duh curhat pula.

    ReplyDelete
  7. Maa syaa Allaah tabarakallaah atas pencapaiannya Mbak. Ikuti perjalanan Mbak, dari yang awalnya punya mimpi jadi penulis buku, akhirnya terwujud dan sekarang nggak cuma jadi penulis saja tapi ilustrator buku juga. Keren banget dan sangat menginspirasi.

    ReplyDelete
  8. MasyaAllah, Mbak Muyyas the best.
    mengerjakan keduanya di saat bersamaan ya, tapi tugas utama di rumah pun juga tetap beres, tanpa ART pun, kereeeen banget Mbak.
    sukaa deh dengan gambar-gambarnya :)

    ReplyDelete
  9. pastinya kalau kita sudah memutuskan menjalani 2 bidang memang harus benar-benar berkomitmen dan bisa membagi waktu ya, mbak biar bisa jalan dua-duanya. kagum banget sama mbak muyass yang selalu produktif menelurkan buku-buku baru dan insyaAllah bermanfaat bagi pembaca

    ReplyDelete
  10. Mbak Muyass, biasanya bikin ilustrasinya pake tools apa? Bisikin dong hehe. Jadi penasaran pengen belajar juga bikin ilustrasi

    ReplyDelete
  11. aku tu gk bisa ngegambar. keren mba Muyass bisa melakukan keduanya. Berkarya terus tanpa batas

    ReplyDelete
  12. Bunmuy mah udah sangat jago dan lihai dalam nulis buku sekaligus ilustrasinya, udah tidak diragukan lagi the best pokoknya

    Kalo saya yang ngelakuin itu bakalan acak kadut semua hehehe

    ReplyDelete
  13. Mbaaa... Aku pun ingin bisa menggambar ilustrasi namun apa benar jika bakat mempengaruhi? Dulu aku kira menulis itu bakat trnyata bisa dipelajari. Sebenarnya aku suka melihat ilustrasi cum pernah mencoba menggambar rasanya ga bisa-bisa

    ReplyDelete
  14. No 1 aku belum komit penuh mba kadang mood-mood an. Semoga setelah membaca artikel ini jadi semangat ya. Makasih insightnya...

    ReplyDelete