Resep Bolu Kukus Super Lembut dan Nyokelat Banget

Friday, July 23, 2021

Resep Bolu Kukus Super Lembut dan Nyokelat Banget
Bolu kukus cokelat super lembut



Sudah sekian purnama saya nggak posting resep. Sempat foto-foto beberapa camilan yang saya buat di rumah, tapi sampai sekarang belum di-post juga di blog. Akhirnya sampai menumpuk di handphone dan makin lupa mau posting :(


Kali ini saya mau sharing resep bolu kukus super lembut dari Ci Tintin Rayner. Anak-anak suka banget makan bolu kukus. Mungkin karena teksturnya yang super lembut, begitu masuk mulut udah nggak bisa berkata apa-apa lagi…kwkwk. 


Kebetulan saya bikin bolu kukusnya yang versi cokelat. Selain dikasih cokelat bubuk, saya tambahkan juga mesis di dalam adonan. Jadinya nyokelat banget. Resep aslinya pakai chocochips, tapi saya sedang nggak punya, akhirnya masukin mesis aja. Hasilnya, tetap enaknya.


Aneka Jenis Bolu Khas Indonesia

Apa kamu pernah menghitung ada berapa jenis bolu khas Indonesia? Selain yang dikukus, kebanyakan bolu juga dipanggang. Jenisnya beragam banget, lho. Saya pun nggak hapal satu per satu jenisnya. Dilansir dari idntimes, kita ulas, yuk beberapa jenis bolu khas Indonesia yang menjadi idola!


  • Bolu Klemben

Bolu Klemben berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur. Tekstur luarnya agak garing gitu, lho. Kalau saya menyebutnya bolu jadul. Waktu kecil, saya sering makan bolu ini ketika berkunjung ke rumah saudara saat hari raya. Ibu saya nggak pernah bikin atau membelinya. Jadi, saya hanya bisa makan ketika bertamu ke rumah orang. Asli ini enak banget, lho :D


  • Bolu Peca

Sampai saya menulis postingan ini, sekalipun saya nggak pernah makan kue bernama bolu Peca yang katanya berasal dari Sulawesi Selatan. Dari penampilannya pun baru banget saya tahu ada kue semacam ini di Indonesia :(


Bolu Peca disajikan bersama kuah gula merah yang manis dan legit. Kayaknya cocok banget, ya disantap bersama teh panas yang agak tawar supaya seimbang rasanya.


  • Bolu Kemojo

Sudah tahu bolu ini? Saya juga belum pernah makan. Namun, melihat bentuknya, sudah sering saya lihat walau hanya dari mbah Google…kwkwk. Bolu Kemojo berasal dari Riau. Bolu Kemojo identik dengan bentuknya yang menyerupai bunga dengan warna hijau yang cantik. Kemojo berarti kamboja, ya. Makanya kayak bunga gitu bentuknya. 


  • Bolu Macan

Bentuknya cantik banget dengan teksturnya yang lembut, bikin nagih di setiap gigitannya. Ngaku deh kalau kalian juga baru tahu kalau bolu ini berasal dari Bangka Belitung. Kirain dari luar negeri gitu :(


Kalau kamu mau coba, bisa banget mengunjungi pusat oleh-oleh di Bangka Belitung saat berkunjung ke sana. Mungkin setelah pandemi kita bisa traveling lagi, ya.


  • Bolu Bhoi

Bolu Bhoi hampir mirip dengan bolu Klemben. Teksturnya pun sama, garing di luar dan empuk di dalam. Yang membedakan adalah bentuknya. Bolu Bhoi biasanya berbentuk ikan atau hewan jenis lainnya. Lucu banget sih bentuk ikan, apalagi kalau rasanya enak. Hmm, mana bisa nolak, yaa :)


  • Bolu Suri

Sekilas mirip banget dengan bika ambon. Hanya saja serat bika ambon lebih banyak, ya daripada bolu Suri. Bikin bolu Suri pun sama seperti bolu panggang lainnya. Bolu Suri berasal dari Palembang dan teskturnya lebih lembut daripada bika ambon. Jadi, penasaran, kan?


Resep Bolu Kukus Cokelat ala Tintin Rayner

Kamu kenal Ci Tintin? Saya juga nggak, sih…kwkwk. Tapi, ngefans melihat dia nge-baking sejago itu sampai-sampai saya beli bukunya juga. Dan beneran, semua resep yang saya coba enak banget. Memang, bikin camilan sendiri biasanya bahannya premium, tapi kalau nggak ada di rumah, saya biasa ganti dengan bahan sejenis yang rasa dan manfaatnya hampir sama.


Karena kalau bahan-bahannya kemahalan semua, kayaknya agak berat juga di kantong, ya…hihi. Saya juga memilih resep-resep dengan bahan yang mudah dicari dan cara buatnya simple. Mungkin karena fokus saya bukan nge-baking, jadi nggak mau habis waktu buat masak aja di dapur, sedangkan pekerjaan lain melambai-lambai di belakang. So, disesuaikan saja dengan kondisi kita di rumah.


Kalau lagi mau cepat dan nggak repot, saya pilih bikin kue cubit aja karena bisa pakai takaran sendok dan tanpa mixer. Bikinnya sebentar dengan rasa yang nggak kalah enak dengan camilan lainnya.


Kalau sedang punya waktu luang, bisalah bikin yang lebih ribet kayak bolu-boluan atau roti yang butuh waktu nggak sebentar. Walau kelihatannya sederhana, tetap saja makan waktu lumayan. Nah, kalau sudah kayak gini, otomatis nggak bisa dipake ngerjain yang lain. Harus kelar dulu urusan perkueannya.


Buat teman-teman yang mau coba resep ini, sebaiknya pakai cokelat bubuk kualitas bagus. Karena rasanya bakalan ngaruh banget dari si cokelat bubuknya. Saya pakai setengah resep dari resep asli karena hasilnya lumayan banyak. Di bawah ini saya tulis resep aslinya, ya.


Bahan A:

200 gram gula tepung

2 butir telur

160 ml air


Bahan B:

200 gram tepung terigu

25 gram cokelat bubuk

½ sdt garam

1 sdt baking powder


Bahan C:

10 gram cake emulsifier


Bahan D:

25 gram chocochips (saya pakai mesis)

½ sdt cokelat essens (saya skip)


Cara membuat:

  • Mixer bahan A selama 5 menit dengan kecepatan tinggi.
  • Masukkan bahan B, mixer lagi dengan kecepatan rendah selama 1 menit.
  • Masukkan bahan C, mixer kembali selama 5 menit dengan kecepatan tinggi.
  • Tambahkan pasta cokelat ke dalam adonan dan masukkan juga chocochips. Aduk rata.
  • Siapkan cetakan bolu kukus yang telah dialasi dengan kertas. Tuang adonan sampai penuh.
  • Kukus selama 15 menit dan jangan lupa bungkus tutup dandangnya dengan kain bersih supaya tidak ada sisa uap air yang menetes.


Voila! Bolu kukus lembut dan nyokelat ini pun siap disajikan. Tip yang perlu teman-teman ingat, panaskan dandang sebelum mengukus bolu dan jangan diintip-intip selama proses mengukus. Perhatikan juga jarak antara tiap cup bolunya. Jangan terlalu rapat supaya hasilnya bagus.


Kalau dandang yang kita pakai tidak terlalu tinggi ukurannya, sebaiknya pakai cup ukuran kecil supaya mekarnya nggak penyok kena tutup dandang. Gampang banget, kan?


Bolu ini beneran lembut banget dan nggak eneg sama sekali. Kayak bikin nagih gitu. Makan satu nggak akan cukup :D


Lumayan banget kalau bisa bikin-bikin camilan sendiri, terutama di masa pandemi seperti sekarang. Orang jualan makanan pun jarang dan hampir nggak ada. Kelebihan lainnya kalau bikin sendiri juga jadi lebih hemat dan bahannya bisa kita sesuaikan. Makin premium bahannya pasti makin enak…hihi.


Yuk, di coba dan ajak anak-anak juga untuk membuatnya sendiri. Seru banget walau agak belepotan gitu kalau bareng anak-anak. Tinggal minta mereka membantu beres-beres setelah membuat bolunya. Kotor itu baik :D


Salam hangat,


Comments