Resep English Muffin Simpel, Tanpa Oven, Tanpa Telur

Tuesday, March 31, 2020

Emang ada roti tanpa oven? Nyatanya ada beberapa resep roti yang saya dapatkan di Youtube dibuat tanpa menggunakan oven. Salah satunya adalah English Muffin ini. English Muffin merupakan roti berbentuk bulat pipih dan biasanya dibelah jadi dua kemudian dipanggang dan dijadikan sebagai pengganti roti burger. Rasanya memang gurih dan nggak manis.

Untuk kali ini, saya membuat English Muffin sekalian diberi isian keju leleh di dalamnya. Karena males banget kalau harus ngisi semacam burger gitu...kwkwk. Kamu bisa buat vesi polosannya dan ketika sudah matang bisa diberi isian seperti burger atau variasi lainnya.

Andai rotimu terlalu banyak, bisa banget disimpan di dalam frezer, lho. Resep ini saya peroleh dari Youtube-nya mbak Nikmatul Rasidah. Sudah sejak lama selalu nyobain resep beliau karena simpel dan memang selalu oke hasilnya.

Kenapa, sih, Mbak Harus Bikin Roti Sendiri?


Kan, bisa cegat tukang roti di depan rumah aja biar nggak repot. Jujur saja, tahun kemarin saya sudah sangat lama tidak membuat roti lagi seperti sebelum-sebelumnya. Karena sedang capek, males juga, dan kayak lagi pengen aja beli...kwkwk. Nggak tahunya keterusan dong malesnya...huhu.

Padahal, bikin roti sendiri itu jauh lebih hemat sebenarnya meskipun kita butuh waktu nggak sebentar juga. Terlebih, sebenarnya orang-orang di rumah lebih senang dibuatkan ketimbang harus beli. Karena makan roti baru keluar dari oven itu beda banget rasanya. Paling doyan si sulung, roti emaknya selalu jadi favorit.

Alasan lain, karena roti buatan sendiri sudah jelas tanpa pengawet, tanpa pelembut juga. Bahan dan kuliatasnya terjamin karena kita tahu sendiri dan memilih sendiri yang terbaik. Tapi, urusan waktu itu memang menjadi alasan ke sekian kenapa saya jadi jarang bikin.

Seharian bisa habis waktu hanya untuk membuat roti? Kadang pernah saya ngoven sampai tengah malam karena mulai bikin adonannya sudah sore. Karena saya belum punya mixer roti yang guede dan mihil, alhasil setiap membuat roti paling hanya diulen pakai hand mixer atau kalau rajin dengan tangan.

Sering Gagal Bikin Roti? Ini Triknya


Jika kamu merasa sering gagal membuat roti, perhatikan ragi yang yang digunakan, apakah masih aktif atau tidak. Rata-rata, selain karena ngulen dan ngovennya kurang tepat, alasan kenapa kamu sering gagal bikin roti sendiri disebabkan oleh ragi yang ternyata sudah nggak bisa dipakai lagi.

Ragi ini menjadi bahan utama yang mesti diperhatikan. Karena kalau raginya sudah mati (bisa karena sudah terlalu lama dibuka dan salah menyimpan), maka roti nggak bisa mengembang. Akhirnya bantatlah, dll.

Biasanya, saya sering membuat roti dengan cara mengaktifkan dulu raginya. Cara ini lebih efektif digunakan untuk membuat ragi sekaligus buat ngecek apakah ragi yang kita pakai masih aktif atau nggak.


Cara untuk mengetahui apakah ragi masih aktif atau tidak

Campur 1 sdm gula pasir, 1 sdt ragi instan bersama 100 ml air hangat atau susu hangat. Kemudian aduk rata dan diamkan minimal 5 menit. Andai ragi aktif, campuran bahan ini akan berbusa seperti pada gambar yang saya tunjukkan. Andai nggak berubah kondisinya atau berbusanya malu-malu, saya sarankan kamu ganti dengan ragi yang baru.

Ragi instan yang sudah dibuka biasanya nggak habis dalam sekali pakai. Bungkus rapat kemudian simpan di frezer, ya. Jangan taruh di suhu ruang karena akan mudah rusak.

English Muffin Tanpa Oven



Yuk, yuk kita buat English Muffin tanpa oven ini. Bahannya mudah sekali dan bisa kamu dapatkan di sekitar kamu atau bahkan di dapur kamu :)

Bahan:


150 ml air hangat

150 ml susu hangat

7 gram ragi instan (2,5 sdt ragi)

2 sdt gula pasir

1 sdt garam

50 gram margarin atau butter, lelehkan

500 gram tepung terigu protein tinggi

1 sdt sp (boleh skip)

Cara membuat:



  • Campur ragi, gula pasir, dan air hangat. Aduk rata dan tunggu sampai berbusa.

  • Campurkan terigu, sp, margarin leleh, garam, dan sisa bahan lainnya. Kemudian uleni sampai kalis elastis. Boleh diuleni dengan tangan atau pakai mixer.

  • Diamkan adonan selama satu jam dan jangan lupa tutup bagian atasnya dengan kain bersih.

  • Tinju adonan dan bagi menjadi beberapa bagian sama besar. Beri isian jika suka kemudian bulatkan dan pipihkan.

  • Diamkan adonan selama 30 menit.

  • Siapkan teflon dan olesi dengan sedikit minyak. Panggang adonan dengan api kecil dan tutup. Supaya nggak ada uap air yanga menetes dari tutupnya, sebaiknya bungkus tutupnya dengan lap bersih.

  • Balik roti setelah beberapa menit (sambil diperiksa ya takut gosong). Setelah kedua sisi keemasan dan matang, angkat.

  • Lakukan hal yang sama sampai adonan habis.

Voila! English Muffin buatan kamu sudah siap. Bisa langsung disantap atau disimpan untuk sarapan esok hari. Jika mau diberi isian seperti burger, belah dulu rotinya dan olesi dengan margarin kemudian panggang.

Simpel banget, kan? Perhatikan adonan yang sudah kamu uleni, pastikan benar-benar kalis elastis. Meski tanpa telur, kalau nguleni adonannya benar, hasilnya akan tetap lembut. Nah, ciri-ciri kalis elastis itu bisa ditunjukkan dengan adonan yang bisa dibentangkan hingga tipis dan nggak mudah sobek.

Andai kamu nguleni pakai tangan, akan butuh waktu lumayan lama. Kemarin saya sempat ngulen dengan tangan, tapi beberapa menit kemudian saya lelaah...kwkwk. Akhirnya ambil mixer dan nguleni lagi. Setelah sekian lama nggak bikin roti, saya merasa tenaga langsung habis dipakai nguleni sebentar doang *manja banget...kwkwk.

Resep ini lumayan banget dipakai untuk mengisi waktu di rumah, ya. Jujur saja, sejak ada wabah covid-19, rasanya pengen sibuk-sibuk happy di rumah. Karena nggak bisa ke mana-mana juga. Akhirnya ngerjain ini itu, rajin ngisi blog lagi, belajar bikin desain grafis pakai Ibis Paint X dan mulai rajin ke dapur serta pegang mixer. Kalau kamu ngapain aja, nih di rumah?

Salam hangat,

Image: Gambar-gambar diolah menggunakan Canva & Ibis Paint X dengan gambar bersumber dari Pexels, Pixabay, dan koleksi pribadi.

 

Comments

  1. oke bookmark dulu buat dikasih ke istri suatu hari nanti :')

    Ya Allah semoga aku punya istri bisa bikin roti kaya gini. enak kayaknya

    ReplyDelete
  2. Gak sabaran pengen langsung praktek 😁
    Nice share mbak... 🙏

    ReplyDelete
  3. Wahhhh aku suka sekali muffin, mudah ternyata, tar di coba ya

    ReplyDelete
  4. Aku paling males mba buat roti. Secara nguleninnya hiks lama beud. Tapi English muffin ini sepertinya simple ya...boleh ni dicoba. Thanks sharing resepnya mbak

    ReplyDelete
  5. Makasih tipsnya Mbak, kuenya kayaknya enak... Saya nggak begitu suka yang manis-manis termasuk kue, biasanya makan klu yg nggak begitu manis

    ReplyDelete
  6. kelihatannya enak nih,, sayang gak hobi buat kue saya. beberapa kali buat gak jadi :(

    ReplyDelete
  7. Sepintas mirip bakpia ya mbak?
    Jadi ingat, udah bikin isian bakpia tapi belum sempat dibikin keburu .......... malas :D :D

    Eniwei, saya juga ga punya mixer untuk menggiling adonan roti,
    Jadi dulu sewaktu anak-anak masih kecil, nguleni sambil menunggu anak anak belajar
    Kalo sekarang, sambil nonton Drakor :D :D

    ReplyDelete
  8. Mbak, English muffin ini semacam scone gitu kah? Kayanya enak nih buat sarapan, fotonya bikin ngiler hehehe. Nanti kapan-kapan mau nyoba bikin ah, semoga berhasil, resepnya saya simpan dulu.

    ReplyDelete
  9. Sepintas kaya bakpia Hm ... Ajarin aku dong bikin roti , anak anakku paling suka roti campur susu buat sarapan pagi

    ReplyDelete
  10. rajinnya, kalo aku memang malas masak snack hehe keknya lebih boros dan ga pintar sih hehe

    ReplyDelete
  11. Bener Bun saatnya banyak di rumah saja kantin keluarga buka hampir 24 jam ya. Kita yg jadi koki kalau ga bisa bikin variasi mereka bete juga. Terimakasih resep barunya nih. Semoga bisa recook di rumah

    ReplyDelete
  12. Diah Woro SusantiApril 1, 2020 at 3:33 AM

    Aakkk keliatannya enak banget nih. liat fotonya aja kebayang wanginya huhuhu

    ReplyDelete
  13. Aku ga PD sekarang untuk bikin roti, pernah bereksperimen ga ngembang padahal aroma rotinya udah berasa banget. Tapi memang dibandingkan beli bikin sendiri di rumah itu jadi kepuasan tersendiri pasti

    ReplyDelete
  14. Aq suka memasak dan bikin kue mba, ank2 senang kl aq ssh mulai bikin cemilan buat mereka dn semangat buat membantu. Pas bvt nih oven aq lg rusak mta jajan. So aq cb in resep nya ahh. Tq yaa..

    ReplyDelete
  15. Daku duluu pernah banget bikin kue ini Mbak. Mirip dengan jajanan Korea kalo nggak salah namanya Hoddeok apa gitu. Jajanan kaki lima di sana. Saya coba dari resep tabloid Koki tempo dulu. Pakai pan juga. Saat covid ini selain tetap mengajar daring dan menemani anak belajar juga mengisi blog, dan paling banget bikin pancake sederhana ajah ala saya Mbak. Alhamdulillah anak-anak suka. Thanks resepnya ya Mbak.

    ReplyDelete
  16. Wah, aku nih sering gagal kalo bikin roti. Kudu dicoba nih tipsnya. Biar gak gagal ya. Save ah resepnya :)

    ReplyDelete
  17. Fotonya mirip bakpia Pathuk Jogja.. tapi rasanya pasti jauh berbeda sebab komposisinya juga beda.. mba muy keren baangeett aku jadi pengen ubek2 resep lainnya. Mumpung anak-anak lagi LFH.. butuh banyak cemilan

    ReplyDelete
  18. Seruu ya Mbak Muy, bikin roti sendiri itu. Ehtapi bener loh, semahal apa pun roti di luaran sana, uniknya kalo si Emaknya yg bikin, anak sama bapaknya tuh pasti milih buatan emaknya. Lucuu, ya.

    Kami pun jg begitu koq mb, kadang bikin sedih kalo si emak ini lelah krn kerja jadi nggak bs berkreasi masak dan bikin cemilan lagi.
    Ehh maaf, jadi curcol. 😁🙏

    ReplyDelete