Roti Gulung Nugget Keju

Tuesday, July 3, 2018

Roti Gulung Nugget Keju
Dok Pribadi


Alhamdulillah, setelah lama tidak baking sejak pertengahan Ramadan kemarin, akhirnya pagi ini niat banget singsingkan lengan untuk kembali ngulen roti. Anak-anak sudah sangat kangen makan roti buatan emaknya. Roti-roti yang lewat di depan rumah dicuekin kalau ada stok roti homemade di atas meja.

Tapi, kayaknya bosen bikin roti yang biasa-biasa saja, ya. Jadi kepikiran bikin yang lebih spesial dan gurih gitu. Hm, akhirnya tercetus ide simpel ini. Yapt! Roti Gulung Nugget Keju yang simpel tapi sangat istimewa.


Kali ini saya menggunakan nugget stik ayam dari So Good yang sangat yummy dan cocok buat stok lauk di rumah. Kalau sedang malas masak dan buru-buru ingin makan, nugget So Good cocok deh dimasak dalam waktu cukup singkat. Anak-anak juga doyan, dicocol pakai sambal tomat dan dinikmati bersama nasi panas, hmm, yummy banget.
 

Banyak ide menarik bisa disajikan dari nugget ayam So Good ini, lho. Produk-produknya lengkap dan jika masih bingung akan dimasak menjadi menu apa, bisa intip deh resep-resep favoritnya di sini.


Nah, pagi ini saya pun telah siap dengan beberapa bahan sederhana untuk membuat roti isi nugget ini. Kita siapkan bahan-bahan ini, ya!


Bahan:


150 gr terigu protein tinggi

1 butir kuning telur

70 ml air hangat

1 sachet susu bubuk

½ sdt ragi instan

3 sdm gula pasir

Sejumput garam

20 gram butter


Bahan isian:


Secukupnya nugget stik ayam So Good yang sudah digoreng

Secukupnya potongan keju

Secukupnya oregano sebagai taburan

Secukupnya keju parut sebagai taburan


Cara membuat:

1. Campur 1 sdm gula pasir bersama ragi instan dan air hangat. Aduk rata dan diamkan sampai berbusa sambil kita siapkan bahan-bahan lainnya. Tujuan mencampur ragi instan dengan air hangat dan gula adalah untuk mengetahui apakah ragi masih aktif atau tidak. Jika campuran ragi berbusa, maka bisa dipastikan ragi bisa dipakai. Untuk itu teman-teman harus menggunakan air hangat kuku, jangan terlalu panas nanti ragi bisa mati, atau terlalu dingin, justru membuat ragi sulit aktif.

2. Siapkan terigu, kuning telur, sisa gula pasir, susu bubuk dalam satu wadah. Masukkan campuran ragi yang telah berbusa. Ulen atau mixer sampai tercampur rata. Baru kemudian masukkan butter dan garam. Mixer kembali sampai adonan kalis elastis ditandai dengan adonan yang sedikit mengkilap, mudah dibentangkan tanpa mudah sobek serta tidak lengket.

3. Siapkan bahan isian. Gilas adonan sesuai selera. Saya isi dengan satu nugget stik ayam So Good serta keju. Gulung sampai rapi. Susun di atas loyang yang telah diolesi dengan sedikit margarin. Jangan lupa beri jarak karena nanti akan mengembang. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis. Tutup dengan lap bersih hingga satu jam atau sampai mengembang dua kali lipat.

4. Panaskan oven suhu 180 derajat atau sesuaikan dengan oven masing-masing. Saya pakai api atas dan bawah. Panaskan 10 menit sebelum digunakan.

5. Setelah adonan mengembang, beri taburan berupa keju parut serta oregano di atasnya. Panggang roti selama 15 menit atau sesuai oven masing-masing.

6. Keluarkan roti dari oven dan olesi atasnya dengan butter supaya tidak kering dan lebih wangi.


Voila! Roti Gulung Nugget Keju siap disantap bersama keluarga tercinta. Hmm, ternyata gurihnya nugget ayam So Good cocok banget dipadu dengan keju dan lembutnya roti. Akan lebih sedap jika diberi tambahan saus sambal di atasnya.

Roti ini cukup singkat waktu pembuatannya karena hanya butuh satu kali proofing, ya. Nggak sampai bikin bosan nungguinnya, kok..hehe. Hasilnya? Tetap lembut meskipun tanpa pelembut roti.

Next bikin sajian spesial apalagi dengan nugget So Good, ya? Jadi banyak ide menarik, nih! Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, ya!

 

Comments

  1. Wah...roti gulungnya terlihat sangat menarik. Kreasi kuliner yang sangat indah. Saya jadi lapar nih lagi nonton bola...hehehe

    ReplyDelete
  2. Nyam..nyam.. salah banget saya baca ini di tengah malam buta kayak gini, jadi lapaaarrr..

    Mau contek ah resepnya :)

    ReplyDelete
  3. Ya ampun kreatif banget, sukakkk🤗

    ReplyDelete
  4. seneng kalo mampir kesini. kenyang liat gambar makanan wkwkwk.
    ini dah bukan moment lebaran kan ya, kok berasa lebaran ya padahal liat roti gulung doang kayak kue nastar hihihi.

    suka banget liat fotonya apalagi bisa nyobain makannya juga...

    ReplyDelete
  5. Astaga naga, kreatif dan unik gitu jadi makanannya

    ReplyDelete
  6. GG banget nih mah, bahasa anak mobile legends hehe

    ReplyDelete
  7. Yumm.. Sajian roti emang selalu bikin pengen ngeteh/ngopi..

    ReplyDelete
  8. Huaaa...roti gulungnya bikin mupeng. Sepertinya enak sekali. Anak-anak pasti sukaa...

    ReplyDelete
  9. Roti gulung biasa sih pernah makan, lah ini dalamnya nugget pastinya enak nih. Jadi pengen penasaran rasanya gimana :D

    ReplyDelete
  10. Aaakkk bikin ngiler niiih, dududu mauuuu bikin ah.. Mumpung masih libur panjang, hihihi

    ReplyDelete
  11. Hehe..terima kasih..maafkan kalau bikin laper yaa :D

    ReplyDelete
  12. Hehe...terima kasih..silakan icip-icip.. :D

    ReplyDelete
  13. Iyaa mba..ternyata nugget dibuat isian enak juga

    ReplyDelete
  14. Mampir yuuk kapan2 :) Ini roti gulung rasa nastar kali :D

    ReplyDelete