Soto Daging

April 17, 2018





Assalamualaikum...
Alhamdulillah, pagi ini saya mau share sedikit resep soto daging yang lezat dan yummy banget apalagi kalau dimakan pakai perasan jeruk nipis dan taburan tauge pendek. Duh, nggak usah dibayangin nanti pengen..hehe.

Saya pribadi lebih suka membuat bumbu sendiri. Mau ayam goreng, opor, rawon dan semuanya. Nggak tahu kenapa, kalau beli aromanya bikin ilfeel (udah kayak ketemu orang aja, yaa). Baru buka bungkus bumbunya udah tercium aroma yang nggak enak banget. Ujung-ujungnya masakannya pun jadi kurang sedap. Mungkin ini hanya perasaan saya aja.

Nah, kalau cari resep, saya hanya ubek-ubek Cookpad aja, sih, dan blognya Catatan Nina. Kalau di Cookpad, karena saya sudah lumayan lama juga di sana, jadi udah banyak simpen resep yang udah benar-benar pas di lidah.

Untuk kali ini pun saya pakai resepnya mbak Fitri Sasmaya yang mudah dan enak banget. Cocok dengan selera saya pokoknya..he. Yuk, cus resepnya.

Bahan:
300 gram daging sapi, saya lebih suka pakai tetelan
2500 ml air
2 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk (saya 5 lembar)
1 batang serai
1sdt gula pasir
1 sdm garam
1 sdt kaldu sapi bubuk (bisa skip)
1 batang daun bawang, iris
1 batang atau lebih daun seledri
Bumbu:
5 bawang merah
4 bawang putih
3 kemiri
1 cm jahe
1 sdt ketumbar
½ sdt kunyit bubuk

Cara Membuat:
  • ·         Didihkan air di dalam panci dan rebus daging dengan api kecil supaya kuahnya bening dan kaldunya gurih. Setelah empuk angkat daging dan potong-potong.
  • ·         Tumis bumbu yang sudah dihaluskan bersama serai, daun jeruk dan daun salam. Tambahkan garam, gula dan kaldu bubuk. Kemudian masukkan irisan daun bawang. Tumis hingga layu dan wangi.
  • ·         Masukkan ke dalam rebusan daging. Didihkan sebentar sampai semuanya pas. Dan hidangkan dengan pelengkap termasuk irisan seledri dan tauge pendek. Jangan lupa juga sambalnya, ya. 

Itulah resep mudah membuat soto daging yang seger dan yummy banget. Kalau semangkuk soto daging saya kebanyakan masukin taugenya..hehe. Dagingnya ngumpet semua. Tapi, saya memang sukaa banget makan tauge dan sayuran lain. Kalau makan soto saya suka kasih perasan jeruk nipis yang banyak dan tauge melimpah. Setelah itu dikatain sama paksu, kenapa soto isinya tauge semua? Haha. Selamat mencoba dan semoga suka resepnya, ya.

Terima kasih sudah berkenan membaca,
Salam hangat,
www.muyass.com

You Might Also Like

14 comments

  1. Sudah pengeeeennnnn...
    Saya baru berhasil memasak sendiri soto ayam.
    Kalau daging, lebih suka oseng dan dagingnya iris tipis biar cepat matang dan nggak alot.

    Salam Selasa pagi nan lapar karena pengen soto daging ^^

    ReplyDelete
  2. soto ini macam bakso ya..

    tapi yang penting sedap.

    mau bikin pun nampak mudah

    ReplyDelete
  3. Pengen langsung di praktekin. Tapi saya dagingnya diganti daging ayam aja kali. biar lebih hemat, maklum anak kos. :D

    ReplyDelete
  4. Wiiii togenya rame yeuh...
    musti banyak2 makan toge supaya sehat emang.
    Aku juga suka masak, tapi suka masak kue :D
    Suka masak ya, bukan berarti profesional.
    Masalah rasa... entahlah...

    *Lah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..togenya penuh ya
      asyik, kujuga cuma suka masak aja blm pandai :D

      Delete
  5. Beuh suegerr pisan. Pagi-pagi gini lihat soto ja
    Jadi pengen, laper pula..
    Bahannya sih nampaknya mudah didapat, tapi belum tahu rasanya gimana kalau bikin sendiri..wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi nggak tega mau menanggapi rasanya kyk apa yaa :D

      Delete
  6. soto daging ya, wah jadi ngiler pengen makan, he he he

    ReplyDelete
  7. Seger sotonya!
    Mbak, di rumah demen banget soto daging daripada soto ayam. Padahal di Kediri itu soto ya ayam, jarang yang daging hihihi..Kalau daging untuk rawon
    Oh ya, tauge pendek itu di tukang sayur yang deket rumah enggak pernah ada, babang sayur yang lewat juga sama. Jadi harus jauhan belinya, di jual sayur rumahan yang lengkap punya.
    Tapi, resepnya mau juga ah coba:)

    ReplyDelete

Popular Posts

Google+ Badge

Most Popular