Chocochips Cookies

Saturday, July 21, 2018

Kemarin menyempatkan memanaskan oven, membuat cookies buat anak-anak. Yang simpel, yang gampang, dan sebisa mungkin anti gagal, ya…he. Bikin Cookies ini nggak butuh waktu lama, kok. Prosesnya sih sebenarnya ada dua cara. Pertama, adonan cookies bisa disimpan semalaman di kulkas, atau langsung dipanggang dengan catatan segera dipanggang jangan sampai meleleh adonannya.


Nah, karena saya nggak pengen nunggu terlalu lama, akhirnya saya pilih opsi kedua saja. Supaya adonannya tetap bagus, setiap memanggang, saya simpan adonan di kulkas. Saat akan memanggang lagi, saya ambil lagi, dan simpan lagi, begitu seterusnya sampai adonan habis.

Resep Cookies Spesial


Resep ini saya ambil dari resep Ci Tintin Rayner, master banget di Cookpad dan bukunya pun sudah terbit. Ketika memanggang, nggak usah menunggu sampai cookies berwarna kecokelatan, karena meskipun ketika dikeluarkan masih empuk bagian tengahnya, belum mengeras banget, nanti setelah dingin cookies ini akan mengeras sendiri, kok. Kalau terlalu lama justru jadi nggak enak dimakan dan keras.


Jadi perhatikan waktu memanggangnya, ya. Jangan sampai salah paham dengan warna dan teksturnya yang masih kelihatan muda dan masih empuk ketika ditekan. Teman-teman bisa mencoba mengeceknya terlebih dahulu sebelum memanggang semua adonan terlalu lama. Khawatirnya malah gosong :(


Biar nggak lama-lama, silakan cek resepnya, ya!


Bahan:

340 gr terigu protein sedang (segitiga)

½ sdt baking powder

½ sdt baking soda

½ sdt garam halus (saya skip karena nggak punya)

170 gr butter suhu ruang ( saya pakai Blue Band Cake and Cookie)

140 gr gula pasir (saya pakai 100 gr)

110 gr gula palem

1 butir telur ukuran besar

½ sdm vanilla essence

152 gr chocohips (saya lebihkan)


Cara membuat:

1. Mixer gula dan butter sampai mengembang sekitar 3 menit. Turunkan kecepatan, masukkan telur, mixer asal rata. Masukkan vanilla essence , mixer sebentar sampai rata.

2. Ayak terigu, garam, soda kue, baking powder, dan masukkan ke dalam campuran gula dan butter. Aduk dengan spatula sampai rata, jangan over, ya.

3. Masukkan chocochips, aduk kembali hingga rata.

4. Bulatkan adonan menggunakan skop es krim, atau pakai tangan. Bisa dipipihkan dengan garpu, atau biarkan tebal juga nggak masalah.

5. Panggang suhu 160 selama 12-15 menit, atau sesuaikan dengan oven masing-masing.

Angkat dan dinginkan, beru kemudian masukkan toples.


Itulah resep chocochips cookies yang bisa teman-teman buat di rumah. Bikin ngiler banget kan tampilannya secakep itu. Kebayang kan kalau anak-anak tahu? Pasti heboh deh minta bikin lagi dan lagi saking enaknya. Gunakan chocochips kualitas baik jika ingin lebih mantap. Bikin sendiri beda banget dengan yang dijual. Yang ini lebih nagih. Wangi butter, aroma gula palem, cokelat meleleh pas baru keluar oven, duh mana tahan. Anak-anak doyan banget makan ini.


Mereka juga antusias banget karena bisa bikin cookies sendiri. Berebutan pengen bantuin...kwkwk. Kita bisa ajak anak-anak dan agendakan di hari libur untuk membuat cookies enak dan yummy lainnya. Anak-anak bisa dibagikan tugas sesuai sama kemampuan mereka dan berikan kepercayaan bagi mereka untuk melakukan tugasnya masing-masing. Percayalah, mereka akan bertumbuh menjadi orang yang lebih mandiri asalkan kita ngasih mereka kepercayaan.


Salah dikit nggak masalah, ya. Karena mereka pun sama dengan kita yang sering melakukan salah. Hanya saja orang tua lebih gengsi mengakui bagian ini...kwkwk. Sukanya minta anak-anak sempurna, lupa kalau kitanya banyak cela dan salahnya :(


Terima kasih sudah mampir di muyassdotcom, dan tetap semangat belajar masaknya, ya!


Salam hangat,

 

Comments

  1. Gampang ternyata bikin cookiea. Kalau aku sudah santai nonton tv dan ngemil cookies, dijamin setoples habis

    ReplyDelete
  2. Lebaran kemarin saya juga bikin, Mbak. Tapi hasilnya meleleh, jadinya permukaannya halus, gitu. Kalo punya mbak Muyas keliatan crunchy yak? Kapan2 saya cobain yg versi ini, ah. Makasih resepnya.

    ReplyDelete
  3. Hehe, iya nih susah berhenti kalau udah ngemil :D

    ReplyDelete
  4. Silakan dicoba, Mba..iyaa ini crunchy banget :)

    ReplyDelete