Japanese Cotton Cheese Cake Tanpa Cream Cheese

Friday, January 19, 2018

Assalamualaikum…


Kembali postingan makanan. Jangan bosan, yaa. Kebetulan kemarin menyempatkan membuat cake satu ini. Masih ada keju di kulkas, sayang kalau tidak dimanfaatkan. Atau memang sayanya saja lagi semangat baking, ya..he. Iyup. Senang nyoba-nyoba resep baru termasuk nyoba bikin cake untuk dikonsumsi sendiri. Ada yang punya hobi baru seperti saya?

Japanese cotton cheese cake satu ini nggak pakai krim cheese. Gantinya adalah keju oles yang murah meriah. Rasanya tetap enak, ngeju, dan lembut. Bagi penggemar keju, wajib banget cobain resep satu ini. Cake-nya lembut dan bikin tergoda nih buat makan dan makan lagi. Saya nggak sesuka apa sama keju. Tapi, kalau ada cake kayak gini ya suka banget deh. Begitu juga anak-anak di rumah. Happy bisa bikin sendiri. Ternyata kami bisa, yeay!!


Resep ini bukan hasil wangsit, ya. Ini resepnya Emili’s Kitchen di Cookpad dan saya rebake. Memang terlihat sedikit lebih rumit ketimbang cake lainnya. Apalagi cara memanggangnya pun harus menggunakan teknik au bain marie. Teknik ini membutuhkan dua loyang sekaligus ketika memanggang. Satu loyang berisi air panas kemudian letakkan loyang berisi adonan di atasnya baru kemudian dipanggang.

Teknik Khusus Supaya Cake Cantik


Keuntungan dari teknik satu ini tentu bagian dasar serta sekeliling sisinya mulus tanpa gosong. Jadi, hasil cake bisa cantik banget karena tidak memiliki bagian pinggir yang berwanra gelap. Itu pentinglah ya buat penampilan cake-nya...hehe. Dan memang hasilnya jadi nggak seret gitu ketika dimakan. Semoga teman-teman nggak pusing duluan ketika mau nyoba bikin cake ini, ya? Insya Allah bisa asal ikutin petunjuknya dengan baik dan jangan ubah resep :)

 

Buat teman-teman yang mau mencoba, ikuti step by step-nya dengan baik, ya. Jangan lupa kocok putih telurnya sampai benar-benar kaku, ketika kita balik baskomnya, adonan putih telurnya tidak akan tumpah.

Resep 



Bahan:

Adonan kuning telur

1 bungkus keju spreadable atau keju oles (sy pakai prochiz)

50 ml susu cair

3 butir kuning telur

20 gr butter atau margarin

30 gr terigu protein rendah atau boleh juga terigu serbaguna

10 gr maizena

Adonan putih telur

3 butir putih telur

1 sdm perasan jeruk lemon

75 gr gula castor atau gula halus


Cara membuat:

1.      Masak dengan cara double boiler. Masukkan susu cair, margarin serta keju oles. Saya menaruh panci kecil di atas kukusan supaya lebih mudah. Aduk rata jangan sampai ada bagian yang bergerindil. Matikan api, sisihkan.

2.      Ayak terigu serta maizena dan masukkan ke dalam campuran susu tadi. Aduk cepat sampai rata dan biarkan sampai hangat.

3.      Masukkan kuning telur ke dalam adonan yang sudah mulai dingin. Aduk rata dan sisihkan.

4.      Kocok putih telur sampai berbusa bersama perasan jeruk lemon. Masukkan gula halus secara bertahap dan mixer dengan kecepatan tinggi sampai kaku. Ketika wadah dibalik, adonan putih telur tidak tumpah.

5.      Masukkan secara bertahap adonan putih telur ke dalam adonan terigu yang sudah dingin. Lakukan bertahap dan aduk lipat dengan spatula sampai rata. Jangan pakai tenaga ketika mengaduk, ya.

6.      Panaskan oven suhu 160’C selama 10-15 menit sebelum digunakan.

7.      Olesi loyang dengan minyak kemudian alasi kertas roti dan olesi lagi dengan minyak. Tuang adonan ke dalam loyang. Bisa menggunakan loyang diameter 18 cm.

8.      Letakkan di atas loyang yang sudah diisi air panas setinggi 1 ½ cm. Panggang selama 50 menit atau sesuaikan dengan oven masing-masing.

9.      Keluarkan dari oven dan tunggu sampai dingin baru dinikmati.


Cukup mudah tapi cukup pusing kalau hanya dibaca resepnya, ya..he. Saya pun begitu, tetapi setelah dicoba satu persatu, nggak terlalu susah kok. Yuk, dicoba..


Happy baking!

Comments

  1. Jadi tau cara panggang seperti itu. Kalau buat2 kue gini aku minus banget pengetahuannya :D
    Bisa dipraktekkan kapan2 biar kuenya nggak hitam2 ya mbak 😂

    ReplyDelete
  2. Ngiler mbak muyas liat gambarnya
    jago banget masak dan bikin kue
    saya bookmark resepnya, buat ibu saya bikin hihihi

    ReplyDelete
  3. Wah kebetulan sore ini ku pengin bikin kue.. Bisa jd alternatif nih, ku jg masih punya keju di kulkas, hhh

    ReplyDelete
  4. Waaaaa...
    Kyk e enak tuh..
    Kyk kue kekinian para artezzz..
    Bikin ahhhh...

    Makasih kakak mau berbagi resep..

    ReplyDelete
  5. Uwaa aku pengennn. Tapi aku gak punya oven :((

    ReplyDelete
  6. Ya ampun..pasti lebih keren banget ini daripada kastera hahaha

    ReplyDelete
  7. Pagi2 baca beginian lgsg ngilerrr...
    Berbakat bgt sih mba..
    Apalagi saya suka bgt keju..
    Kalo bisa sih mba, proses bikinnya difto jg donk..Hehehe.

    ReplyDelete
  8. Oh begitu ya teknik au bain marie.. aku baru dengar tapi teknik ini bagus juga biar kue nya bagus dan ga gosong. Now i know. Thank u for sharing mba :)

    ReplyDelete
  9. Hihi, iya, Mbak..makasih ya sudah mampir :)

    ReplyDelete
  10. Kalau gitu makan ini aja sama sy :D

    ReplyDelete
  11. Hihi,asyik dibandingin sama si Luna :D

    ReplyDelete
  12. Hihi, kalau proses biasanya sy upload lengkapnya di Cookpad, Mbak. Maklum, 1 tema masuk beberapa media..hehe..sambil menyelam minum teh :D
    Faktanya lebih sering nggak diphoto karena sy bikinnya sambil rempong sama anak2, kadang bentuk roti pun sambil gendong :D

    ReplyDelete
  13. Sama-sama, Mbak..cakenya jadi mulus :)

    ReplyDelete