Choco Silky Pudding dengan Vla Vanilla, Mudah dan Enak!

Tuesday, January 2, 2018

Assalamualaikum…

Alhamdulillah, kali ini saya ingin share salah satu varian pudding favorit keluarga tercinta. Yup, choco silky pudding yang lembut plus vla vanilla yang harum menggoda.

Beberapa waktu lalu, saya sempat membuat pudding ini untuk acara keluarga, sayangnya saya hanya membuat pudding coklatnya saja. Melihat penampilannya, sepertinya masih kurang asyik, akhirnya terpikir untuk membuat vla vanillanya sendiri dan kemudian ditambahkan di atasnya. Hasilnya? Ternyata semua suka dan rasanya memang enak, masya Allah!

Kalau malas, sebenarnya teman-teman bisa membuat vla instan. Tapi, saya pribadi entah kenapa kurang suka dengan vla instan. Ada rasa yang kurang pas di lidah atau memang lidah saya yang ndeso, ya..he. Pokoknya nggak terlalu suka.

Resep ini cukup mudah dan teman-teman bisa mendapatkan kurang lebih sekitar 19 cup pudding berukuran lumayan besar seperti pada gambar.

Bahan pudding:

2 sachet nutrijel coklat berukuran kecil

10 sdm gula pasir atau sesuaikan dengan selera

2 sdm coklat bubuk

2 sdm krimmer bubuk (Boleh skip)

2 sachet susu bubuk rasa coklat

1 kaleng susu kental manis coklat

1500 ml air

1 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air

 

Bahan vla:

500 ml susu cair

1 kuning telur

4 sdm gula pasir atau sesuaikan dengan selera

Sejumput garam

1 sdm maizena

1 sdt vanilla essence

Cara membuat:

  1. Campurkan semua bahan pudding kecuali larutan maizena. Aduk rata dengan wisk sampai tidak bergerindil sambil nyalakan api kecil-sedang. Jika perlu ambil saringan dan saring bagian atas yang biasanya masih bergerindil dan tidak tercampur rata. Tekan-tekan dengan sendok supaya semua bahan bisa tercampur.

  2. Sesaat akan mendidih, masukkan larutan maizena. Aduk rata dengan wisk dan biarkan mendidih, matikan.

  3. Tuang pudding dalam cetakan dan biarkan sampai dingin.

  4. Panaskan susu cair untuk membuat vla. Matikan api setelah muncul gelembung-gelembung kecil pada bagian pinggirnya.

  5. Campur kuning telur dan bahan sisa lainnya. Aduk rata dan masukkan ke dalam susu cair yang telah dihangatkan tadi. Aduk cepat dengan wisk sampai rata kemudian nyalakan apinya. Aduk-aduk sampai mendidih dan matikan api.

  6. Tuang vla vanilla ke dalam pudding yang telah dingin. Simpan di dalam kulkas dan sajikan dingin!

Itulah resep mudah membuat choco silky pudding dengan vla vanilla yang lezat. Teman-teman bisa membuat varian rasa lainnya, lho. Misalnya saja pudding rasa jambu ataupun yang lainnya. Sesuaikan saja bahan-bahannya. Misalnya saja coklat bubuk diganti dengan nutrisari. Gampang, kok, dan pastinya anti gagal, ya :D

Yuk, dicoba, lumayan banget bisa makan sepuasnya kalau bikin sendiri..he. Selamat mencoba!


Aneka Rasa Puding


Yups! Kita bisa membuat aneka rasa puding dengan satu resep di atas, lho. Kalau kamu suka varian rasa buah, kamu bisa membuat berbagai macam rasa buah dengan menambahkan serbuk minuman buah ke dalam puding yang dibuat. Susuk kental manis cokelat bisa diganti dengan vanila. Sedangkan nutrijel cokelat bisa banget diganti rasa buah sesuai selera kamu.

Lebih variatif lagi dong rasanya dan pastinya seger banget, lho terutama kalau disantap selagi masih dingin. So, setelah puding mencapai suhu ruang, bisa disimpan di dalam kulkas sebelum disantap. Resep ini menjadi resep andalan banget karena memang secocok itu dan seenak itu.

Seringnya bikin pas lebaran gitu buat dibagikan pada keluarga dekat. Abis makan opor, bisa deh makan puding biar nggak eneg dengan olahan santan. Gimana, ada yang tertarik nyoba nggak nih varian rasa buahnya? Saya pernah coba rasa mangga dan jambu,  sama-sama enak dan yummy!

Sala hangat,

Comments

  1. Akupun, kalo masak puding coklat, pastiii harus bikin pasangannya, vla vanilla :D. Kyknya berasa ga komplit aja kalo ga ada vla nya ya mba :)

    ReplyDelete
  2. Noted mbak, makasih nih resepnya soalnya kebetulan mamake suka bikin puding, biar ntr di cobain resepnya sama mamake hehe

    ReplyDelete
  3. Kayaknya enak niy ... mau nyoba ...

    ReplyDelete
  4. Duh lupa aja mu bikin pudding, pas baca ini jadi pengen banget bikin, kayaknya enak dan lembut ya

    ReplyDelete
  5. Aku baru tahu kalau pudingnya pakai maizena. Kebayang lembutnya nihh mba. Makasih yaa

    ReplyDelete
  6. Bikinnya mudah ya dan enak.. Puding salah satu makanan yg saya sukamm

    ReplyDelete
  7. wuuussshhhh
    ngiler bayangin nya makan puding

    ReplyDelete
  8. Kalau saya tinggal santapnya saja yah mbak muyas :D

    ReplyDelete
  9. Hihi, iyaa mbak..kalau ada pasangannya jadi pas banget

    ReplyDelete
  10. Iya, mbak..jadi semakin lembut deh :)

    ReplyDelete
  11. Benar mbak..gampang aduk jadi satu :)

    ReplyDelete
  12. Jangan dibayangin, dimakan aja :D

    ReplyDelete
  13. Hehe, benar..nyari yang udah siap aja yaa

    ReplyDelete
  14. anak2ku keduanya suka puding,,, boleh dicoba nih kapan2

    ReplyDelete
  15. Kayaknya gampil ya mbk. Catet ah. Kpn2 bikin bwt bocah. Makasih sharenya yak

    ReplyDelete
  16. Sama2 mbak, iya gampang banget bikinnya kok :)

    ReplyDelete