Tumis Peda Jagung Manis

August 25, 2017


Assalamualaikum…Hmmm..setelah cukup berbunga-bunga karena terpilih sebagai salah satu pemenang kontes masak #Ibu Cerdas Masak Ikan di Cookpad, maka saya pun merasa semakin terlecut hati untuk secepatnya memindahkan resep-resep di cookpad ke food blog saya ini, meski bakal butuh waktu lama. Kadang dalam hal seperti ini, yang bikin bahagia bukan hadiahnya, tapi apa yaaa…pokoknya seneng aja bahkan walau itu nggak dapat hadiah. Hadiah itu bonus aja dari kerja keras kita. Betul? Anggap saja betul, yaa..hihi. Tapi itu memang betul…

Saya mulai posting di cookpad dengan foto-foto sederhana yang tak merasa perlu bergaya-gaya. Asal simpan resep aja, udah. Pengikut yang awalnya hanya satu hingga sekarang hampir seribu. Itu pencapaian yang menyenangkan banget. Cintai proses..cintai proses…sebab di antara pencapaian hari ini, ada peluh bercucuran…hehe…drama banget.

Semakin ke sini, saya mulai sadar kalau mau posting makanan sebaiknya pakai gambar yang lumayan bagus walau masih kalah dengan yang senior-senior. Setidaknya ada usaha di dalamnya. Nggak asal jepret di atas wajan. Mungkin dari hal sederhana itulah akan menarik minat orang lain untuk mengunjungi resep kita.

Hal paling menyenangkan ketika berbagi resep di Cookpad adalah saat ada yang me-recook. Apalagi kalau yang recook berhasil. Ikut senang walaupun nggak dikasih incip…hihi.

Sedikit tips dari saya, buat yang senasib seperjuangan, pemula dan hanya memiliki perlatan dapur dan memotret yang sederhana, ikuti tips mengambil gambar ala saya. Pertama, foto yang bagus nggak harus pakai kamera bagus. Bahkan dengan kamera handphone sederhana pun bisa mendapatkan hasil memuaskan asal dapat cahaya matahari cukup. Jadi, kalau mau ambil gambar saat siang hari, buka seluruh pintu dan jendela, ambil gambar dari berbagai arah. Nanti, setelah selesai barulah dipilah-pilah.

Yang kedua, jika terpaksa mau ambil gambar di sore atau malam hari, maka nyalakan semua lampu. Yang nggak ngaruh tak perlu dinyalakan, yaa..hehe. Maksud saya yang dekat dan bisa menerangi aja, lalu tambahkan cahaya senter. Jepret tanpa menggunakan sinar. Jepret..jepret…beres…hihi.

Itulah tips sederhana dari saya yang semoga bisa bermanfaat. Lakukan semua dengan senang hati, penuh cinta dan antusias yang selalu terjaga. Insya Allah semua orang pun akan merasakan hal serupa ketika melihat foto kita.

Jadi ceritanya, saya sungguh telat tahu kontes ibu cerdas masak ikan ini. Kenapa? Karena saya jaraang banget buka email kecuali ada yang penting. Jadi, sehari sebelum deadline, saya menerima pesan dari cookpad berisi lomba tersebut. Setelah saya lihat, ternyata batas akhirnya sudah keesokan harinya. Sempat nggak ya, masak ikannya?

Dan yang lebih mengejutkan lagi, saya nggak punya stok ikan di rumah! Tapi, ternyata saya punya ikan asin peda ukuran besar banget yang sempat saya beli waktu belanja sayuran. Sore itu, saya pun memasak ikan peda jagung manis. Untuk rasa memang pas banget. Perpaduan ikan asin dengan jagung manis itu klik banget di hati…hehe.

Dan pagi ini, saya menemukan nama akun cookpad saya masuk dalam kategori pemenang kontes masak ikan. Senang? Jangan tanya, senang banget dan nggak nyangka. Setelah mengirim alamat lengkap, tim cookpad juga memberikan kejutan lain. Apa, ya? Ada deh….hehe

Saya sertakan resep Tumis Ikan Peda Jagung Manis

Bahan:

·     1 ekor ikan peda
·     1 Buah jagung, serut
·     2 batang daun bawang
·     6 cabe hijau besar
·     10 cabe rawit
·     3 tomat hijau
·     5 bawang merah
·     3 bawang putih
·     secukupnya garam
·     secukupnya kaldu bubuk bila suka
·     secukupnya minyak untuk menumis
·     sedikit air
Cara Membuat:
·         Siapkan bahan-bahannya. Lalu goreng sebentar ikan peda, tiriskan.
·         Iris semua bumbu. Panaskan minyak lalu tumis bumbunya kecuali cabe dan tomat dimasukkan terakhir. Masukkan jagung dan beri sedikit air. Tutup dan biarkan sampai jagung matang.
·         Setelah jagung matang, masukkan cabe hijaunya. Bumbui dengan garam dan kaldu bubuk serta masukkan juga daun bawangnya.

·         Masukkan ikan peda. Biarkan jangan dibolak balik biar nggak hancur, ya. Setelah bumbu meresap baru angkat. Sajikan dengan nasi panas. Lauk ini juga cocok disajikan dengan nasi liwet. Yuk, dicoba...Happy cooking, Mom!

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Google+ Badge

Most Popular