Top Social

- Bermimpi, Menulis, Berbagi -

Roti Manis Lembut Isi Coklat


Assalamualaikum…alhamdulillah akhirnya saya bisa juga memindahkan semua resep di blog Pawonkoe ke web baru saya ini. Nah, dan kabar gembiranya lagi, saya sudah bisa membuat kategori didalam blog saya (gaptek) sehingga resepnya pun bisa nyelip dan punya rumah sendiri. Intinya sih, saya dan semua kesenangan saya ada di sini. Nggak pengen melihara dua blog karena ngerawatnya lumayan susah juga..

Saya harus menulis buku, harus update resep di IG, saya juga harus menulis resep di Cookpad, dan saya juga harus konsisten nyetatus. Alamak, kapan saya bisa selonjoran kalau dua blog harus berbeda begitu…hihi. Benar-benar perempuan yang sok sibuk, yaaa...hehe

Dan nggak pengen berdebat panjang lebar, saya mau share resep roti yang mudah, hemat dan pastinya empuk, lembut dan tahan berhari-hari empuknya asalkan masih nyisa dan yang penting sesuai dengan yang saya tuliskan ya.

Jadi, kalau takarannya aja salah, rotinya bisa jadi bantet. Lagi, kalau sampai ngulennya nggak kalis, roti juga nggak bisa empuk dan lembut, lho. Jadi semua harus dipenuhi syarat-syaratnya ya. Udah kayak ikutan lomba kan pakai syarat segala…hehe.

Kalis elastis itu ketika dibentangkan bisa tipis dan nggak gampang sobek. Ngerti, kan? Jadi setelah adonan diuleni, coba tarik sampai lebar dan tipis gitu. Itu tandanya sudah kalis elastis.

Baiklah, roti ini nggak banyak hasilnya karena saya memang sengaja membuat resep yang pas buat di rumah. Lebih asyikkan bikin lagi aja kalau kurang daripada nyisa berhari-hari. Tapi, lain kali saya share juga beberapa resep lainnya. Cuma, sekarang saya lebih suka pakai resep ini. Bisa juga dikalikan dua ya resepnya. Satu resep ini bisa jadi 9 cup kecil roti yang bulat-bulat itu, yaa..

Bahan:
100gr Terigu cakra
50gr terigu segitiga
1sdt ragi
1 kuning telur
30gr gulas pasir
80-85ml air hangat
1 sachet susu bubuk 27gr
30gr butter atau margarine
Sejumput garam




Cara membuat:
1.      Campur air hangat dengan 1sdm gula pasir serta ragi. Aduk dan biarkan berbusa. Berbusa itu menandakan raginya aktif, ya. Dan lagi, airnya harus hangat, tidak panas karena nanti ragi mati serta air juga tidak dingin karena nanti ragi tidur. Manja bangetkan si ragi ini..hihi.
2.      Campur semua bahan sisa kecuali butter dan garam. Masukkan campuran ragi yang sudah berbusa. Uleni sampai kalis (tercampur). Masukkan butter dan garam. Uleni sampai kalis elastis sekitar 15 menitan lebih, ya.
3.      Bulatkan adonan. Olesi sisi luarnya dengan minyak goreng sedikit aja. Tutup dengan kain bersih dan diamkan selama 1 jam atau sampai mengambang dua kali lipat.
4.      Tinju adonan untuk membuang udara. Bentuk sesuai selera. Saya nggak jago membentuk roti..hehe. Dibulatkan saja, isi cokelat, keju atau yang lainnya. Tata di loyang yang sebelumnya diolesi margarine. Kalau pakai cup tidak perlu diolesi margarin, ya!
5.      Diamkan selama 1 jam atau sampai adonan mengembang 2x lipat. Jangan lupa atasnya ditutup kain supaya permukaannya nggak kering.
6.      Panaskan oven 10 menit sebelum memanggang dengan suhu 180’C. Panggang sampai matang pakai api atas bawah, sekitar 15 menit. Tapi sesuaikan dengan oven masing-masing ya. Sebab oven itu berbeda-beda, jadi kenalan dulu aja sama ovennya siapa tahu berjodoh *eh
7.      Setelah keemasan dan matang, keluarkan dari oven. Olesi atasnya dengan butter atau margarine. Siap di makan…

8.      Kalau mau disimpan, setelah dingin masukin plastic dan tutup rapat. Nggak bakalan keras sampai besoknya dan besoknya. Itu pun kalau masih nyisa, ya…

Note: Kalau adonan terlalu lembek dan sangat lembek boleh tambah terigu sedikit, ya. Ingat hanya sedikit saja. Kalau sudah kalis biasanya adonan jadi tidak lengket.
2 comments on "Roti Manis Lembut Isi Coklat"
  1. Menul-menul beneran itu Mbak...Saya simpen resepnya. Harus dicoba ini, karena setiap bikin roti nggak sempurna hasilnya...hiks:(

    Makasih yaaa:)

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature