Ayam Goreng Tepung Krispi

Friday, August 25, 2017

Assalamualaikum sahabat...Kali ini saya mau berbagi resep ayam goreng tepung krispi ala-ala KFC gitu, tapi yang nggak ribet, yang nggak butuh banyak tepung apalagi tepung bumbu instan, yang bener-bener praktis, yang gampang keriting malah kribo kali walau nggak celup berulang-ulang, yang bakal disukai anak-anak serta emak bapaknya, yang harus dicoba!

Resep ini saya adopsi dari resepnya cici cantik dan baik hati Xanderskitchen. Bahan pelapisnya tidak menggunakan tepung bumbu instan melainkan meracik sendiri. Meski sederhana tapi rasanya enak, kripisnya dapat dan gurihnya pun juga nendang.


Sedikit tips aja ya, kalau mau menggoreng coba kecilkan apinya supaya matangnya merata dan sebisa mungkin ayam terendam minyak. Nggak wajib juga tapi lebih bagus kalau menggorengnya dengan minyak yang banyak supaya semua permukaannya terendam minyak.


Beberapa kali saya ditanya, emang dalamnya matang? Saya sendiri sudah mencobanya berkali-kali dan Alhamdulillah matang merata. Potongan ayam pun sebisa mungkin jangan terlalu besar, ya. Saya lebih suka sedang aja supaya banyak juga lapisan tepungnya, jadi nggak daging aja gitu…hehe.


Bahan:

1 ekor ayam, potong sesuai selera

7 siung bawang putih

1/2sdt merica butir

Secukupnya kaldu bubuk

Secukupnya garam

Bahan Pelapis:

1 butir telur kocok lepas

5 sendok sayur terigu

1 sendok sayur maizena


Cara membuat:


  • Bersihkan ayam, cuci dan sisihkan.

  • Haluskan bumbu, lalu lumuri ayam dengan bumbu halus. Tekan-tekan sedikit sampai bumbu merata. Simpan kulkas beberapa jam atau semalaman.

  • Masukkan kocokan telur ke dalam ayam. Aduk rata.

  • Gulingkan ayam dalam campuran tepung. Cubit-cubit supaya keriting dan tekan-tekan.

  • Goreng dalam minya panas dengan api sedang cenderung kecil sampai keemasan. Sekali balik aja, ya.


Bisa Pakai Tepung Bumbu


Buat yang males bikin bumbu sendiri, nggak salah kalau mau pake tepung bumbu jadi, kok. Dan hasilnya juga tetap enak tentunya dengan versi berbeda. Versi yang biasa saya buat dengan tepung bumbu adalah sebagai berikut,

  • Bumbui ayam dengan garam, merica bubuk, dan kaldu bubuk. Masukkan ke dalam kulkas dan biarkan sampai beberapa jam.

  • Siapkan adona basah dari tepung bumbu yang telah ditambahkan air dan jadilah adonan kental.

  • Siapkan adonan kering dari campuran tepung terigu protein sedang dengan maizena. Perbandingannya 5:1

  • Panaskan minyak dengan api kecil.

  • Celupkan ayam ke dalam adonan basah dan gulingkan dalam adonan kering. Cubit-cubit sampai hasilnya keriting

  • Goreng sekali balik. Sajikan dengan saus dan nasi hangat.


Gimana? Nggak seribet apa bikin ayam krispi sebenarnya, hanya saja memang bakalan lebih ringkes kalau bikin versi ayam goreng yang diungkep ya? hehe. Tapi, buat anak-anak, ayam krispi jauh lebih menggoda terutama karena mereka memang suka kriuknya itu, lho.

Anak-anak malah lebih tertarik sama tepung krispinya ketimbang sama ayamnya. Bahkan yang dewasa pun bisa begini juga....kwkwk.

Selain Ayam, Ini Dia yang Bisa Kamu Jadikan Menu Krispi Juga


Selain ayam, memangnya ada lagi yang bisa dimasak jadi krispi? Ada, kok. Banyak malah. Misalnya, terong krispi, brokoli, hingga telur ceplok krispi.

Kalau saya lebih sering bikin dari brokoli. Jujur, ini menu enak banget. Anak-anak doyaan, emak bapaknya juga. Buat yang dewasa, bisa juga kok dijadikan brokoli krispi cabe garam. So yummy!

Prosesnya pun nggak susah. Lakukan hal yang sama seperti proses membuat ayam kripi dengan tepung bumbu instan. Skip aja bagian ngasih garam, merica, dan penyedap ke daging ayam. Karena sayuran nggak perlu digituin. Langsung aja diproses supaya lekas beres!

Gimana? Nggak susah dong bikin menu enak di rumah? selain lebih hemat, kita juga bisa memastikan bahwa makanan yang disajikan benar-benar bersih dan berkualitas karena dimasak pakai cinta...eaa..hehe.

Yuk, ah cobain juga di rumah. Siapa tahu malah suka dan doyan juga. Bisa jadi menu favorit anak, orang tua, hingga yang nggak suka sayur sekalipun *halah

BTW, jangan memakai full tepung bumbu untuk adonan kering dan basah. Cukup buat adonan basahnya aja. Karena nantinya bakalan terlalu asiiin gitu. Kasihan yang makan. Tepung bumbu kalau nggak dicampur bahan lain bakalan berlebihan asinnya dan itu juga nggak baik.

Salam hangat,

 

Comments