Chiffon Pandan Tepung Beras

Sunday, August 27, 2017

Membayangkan membuat chiffon atau cake lain kayaknya ribet banget, yaa. Belum lagi kalau harus memisahkan putih telur dengan kuning telur. Mengaduk lipat dan yang pasti groginya nggak ketulungan karena takut gagal.

Tenang. Saya juga begitu, kok. Soalnya saya sendiri sangat tidak jago membuat cake, bahkan memasak pun baru tertarik beberapa bulan terakhir ini. Hihi. Jangan diketawain, ya. Biar saya sendiri yang ketawa…hihi.


Meskipun membuat cake dan chiffon itu agak susah, tapi tetap saja selalu menggoda ketika melihatnya. Betul, ya? Kalaua da yang posting resep cake, pastilah begitu tertarik dan pengeen banget nyoba bikin walaupun di rumah kurang menyukai yang namanya cake-cake segala macam. Lebih laris bikin roti. Sekali bikin, sehari itu juga lenyap…haha.


Tapi, buat kamu dan kamu yang pengen banget nyoba bikin chiffon antigagal apalagi buat pemula, maka saya rekomendasikan resep chiffon tepung beras satu ini. Yup, chiifon ini resepnya dari ci yNy ci Cookpad. Bikinnya gampang karena semua kocok jadi satu. Jadi nggak khawatir putih telur pecah dan bantet. Gimana, mau coba?


Bahan:


3 butir telur, pisah kuning dan putihnya

90gr tepung beras

1 bungkus santan kara 65ml

40ml minyak goreng

100gr gula pasir

Secukupnya pasta pandan

Sedikit garam

Cara membuat:


1.      Panaskan oven suhu 180’C

2.      Mixer putih telur dan garam sampai berbusa. Lalu masukkan gula pasir jadi tiga tahap sambil terus dimixer dengan kecepatan tinggi sampai kaku atau soft peak

3.      Turunkan kecepatan jadi sedang. Masukkan kuning telur satu persatu. Mixer asal tercampur saja jangan lama-lama.

4.      Masukkan santan, minyak dan pasta pandan. Mixer kecepatan rendah asal rata. Jangan over mix.

5.      Masukkan tepung beras. Mixer sampai rata dan stop.

6.      Tuang adonan dalam loyang. Goyang ke kanan dan kiri. Hentakkan dua sampai tiga kali pelan saja supaya gelembung udaranya hilang.

7.      Panggang suhu 180’C selama 35-40 menit tergantung oven masing-masing ya.

8.      Keluarkan dari oven. Tes tusuk jika ragu. Dinginkan lalu keluarkan dari loyang. Potong-potong dan sajikan.


Hasilnya wangi dan kempus-kempus banget. Manisnya pas dan mengembang dengan bagus meskipun tanpa obat. Ini cocok banget buat pemula yang takut gagal..yuk dicoba, siapa tahu berjodoh *eaaa :D

 

Note: Saya pakai loyang biasa. Nggak punya loyang chiffon... ^^


Chiffon atau Bolu Jadul, Mana yang Kamu Suka?


Saya lebih suka makan chiffon karena lebih kempus-kempus gemes gitu. Kalau bolu cenderung lebih berat. tapi, bikin chiffon nggak semudah yang dibayangkan. Hanya saja kayak lebih kekinian juga kali ya ketimbang bolu?

Saya juga beberapa kali membuat bolu, lebih suka kalau dibuang jenis bolu kering yang suka kita makan zaman dulu. Asli itu enak banget meskipun butuh memanggang agak lama.

Kalau bolu dengan banyak kutel gimana? Pastinya jauh lebih lembuut dan enak. Hanya saja suka sayang sama telur kalau kebanyakan dibikin kue...haha. Soalnya nggak jualan juga, mending bikin versi ekonomisnya dan telurnya bisa dimakan dalam bentuk dadar atau ceplok *perhitungan banget? kwkwk.

Lebih nyesek lagi kalau sampai percobaannya gagal. Bisa pingsan melihat lebih dari 10 butir telur kayak nggak ada harganya...hiks. Untuk cake dan bolu yang lumayan rumit, saya memilih membeli daripada harus bikin. Benar-benar nggak gampang masak itu, ya?

Kalau kalian gimana? Kendala apa yang dihadapi saat akan membuat cake semacam kedua jenis cake yang saya sebutkan? Sedih karena banyak ngabisin telur atau malah repot di proses ngaduknya yang kayak sensitif banget? Share yuk pengalaman kalian :)

Salam hangat,

 

Comments

  1. Anak mbarep suka chiffon pandan..makannya serasa ngunyah kapas katanya..hahaha..Aku harus nyoba nih resep. kayaknya mudah xixixi..

    ReplyDelete
  2. Waduhh ... ngiler lagi :D Mak kalo dikukus kira-kira jadi apa enggak yaa? Maksud saya pake adonan yang sama dengan chiffon yang dioven, tapi masaknya dikukus heuheu .... Kagak ada oven Mak.

    ReplyDelete
  3. Iyaap..mudah banget...selamat mencoba mbak... :)

    ReplyDelete
  4. Saya belum bisa jawab karena belum pernah nyoba untuk adona satu ini. Tapi kalau bolu nutrijel banyak yang nyoba dikukus dan berhasil..lain kali saya share resepnya yaa... :)

    ReplyDelete