Resep Chocolate Swirl Bread

Tuesday, August 29, 2023

Resep Chocolate Swirl Bread
Foto: Dok pribadi


Adakah yang pernah nyobain bikin roti tawar sendiri di rumah? Hmm, agak menyusahkan juga, sih memang. Lebih simpel panggil kang roti depan rumah dan beli sebungkus dibanding harus bikin sendiri. Selain sangat memakan waktu, repot juga sama cucian baskom dan kawan-kawannnya…hehe.


Tapi, sesekali boleh dong cobain bikin sendiri di rumah. Hanya saja, saya merasa selalu nggak puas dengan hasilnya. Meski sudah mengikuti resep orang yang sudah jago sekalipun, rotinya nggak pernah selembut merek-merek roti tawar ternama yang biasa kita konsumsi. Beda dengan roti sobek yang sudah dapat teksturnya yang pas.


Kali ini, saya mau bikin roti tawar pakai resepnya ci Luvita Ho. Beberapa kali mengikuti resep beliau, hasilnya lumayan dan cocok dengan selera saya. Kalau lihat-lihat resepnya di Youtube atau Instagram, banyak banget resep yang bikin ngiler.


Berhubung belum pernah cobain resep roti tawarnya, maka kali ini saya mau coba salah satu yang telah ci Luvitas share di youtube-nya. Yes, resep yang saya pilih adalah chocolate swirl bread. Warnanya lucu. Ada cokelatnya gitu. Cantik dan gemas!


Teman-teman mesti ingat, kunci dari roti yang hasilnya bagus itu terletak pada cara kita mangadon adonannya. Kalau adonan diulen sampai benar-benar kalis, hasilnya akan bagus, tapi kalau ngulennya setengah-setengah, biasanya kurang empuk hasilnya.


Di sini, saya menggunakan re Bread untuk mengulen roti. Lumayan membantu kalau lagi pengin bikin roti sendiri di rumah. Nggak perlu capek-capek ngulen pakai tangan, juga bisa digunakan untuk keperluan lain selain membuat roti. Misalnya memanggang kacang atau serundeng. Asyik nggak, tuh?


Kalau re Bread dirasa terlalu mahal, ada lagi alat membuat roti yang harganya lebih ekonomis. Namanya Bread Master. Bentuknya lebih mungil. Kapasitasnya sepertinya sama. Harganya bisa dapat separuhnya re Bread. Asyik, kan? Kemarin sempat nyariin untuk saudara dan sampai saat ini masih kepake. Worth it dengan harga dan fungsinya. 


Resep Roti Tawar Ala Luvita Ho

Resep Chocolate Swirl Bread
Foto: Dok pribadi


Bahan:

300 gram terigu protein tinggi

4 gram ragi instan

3 gram garam

50 gram gula pasir

1 sdm susu bubuk

1 butir telur

130-140 gram air dingin

35 gram mentega tawar

1 ½ sdm cocoa powder, beri sedikit air sampai menjadi pasta


Cara Membuat:

1. Campur terigu dengan ragi instan. Aduk sampai rata. 

2. Masukkan susu bubuk, gula pasir, dan garam. Aduk sampai tercampur.

3. Masukkan telur dan air dingin. Aduk kembali sampai membentuk adonan.

4. Masukkan mentega tawar. Aduk sampai kalis.

5. Bagi adonan menjadi dua bagian. Salah satunya akan dicampur dengan pasta cocoa powder. Bagian ini bisa kita aduk lagi pakai mixer roti hanya sampai tercampur, ya. Bagian lainnya bisa kita diamkan.

6. Diamkan dua adonan tadi sampai mengembang 2x lipat.

7. Kita bisa pakai loyang 20x10 cm. Pilih loyang roti tawar yang berlubang supaya lebih bagus hasilnya.

8. Kempeskan adonan dan gilas sampai tipis. Ukurannya bisa disesuaikan dengan loyang roti tawar yang kita punya. 

9. Setelah kedua adonan digilas tipis, kita bisa tumpuk kedua adonan tersebut dan gilas supaya adonan menempel, kemudian digulung sepanjang loyang. Masukkan dalam loyang dan diamkan sampai mengembang. Kira-kira maksimal sampai menyisakan ruang seukuran 1 ruas jari pada loyangnya.

10. Panggang adonan di suhu 190-200 derajat selama kurang lebih 30-35 menit.

11. Keluarkan adonan daro loyang dan potong-potong setelah dingin.



Resep Chocolate Swirl Bread
Foto: Dok pribadi


Resep Chocolate Swirl Bread
Foto: Dok pribadi


Voila! Roti tawar buatan kita sudah jadi. Terharu, akhirnya bisa bikin roti tawar secantik ini…hihi. Waktu masih hangat, sih oke lumayan lembut, tapi jujur setelah dingin hasilnya nggak selembut di awal. Kurang puas? Sepertinya begitu. Lumayan, sih untuk coba-coba resep di rumah, ya. Olesi dengan selai cokelat dan makan selagi hangat lebih nikmat!


Semoga resep ini bermanfaat dan bisa jadi referensi untuk teman-teman yang pengin bikin roti tawar sendiri di rumah. Selamat mencoba!


Salam hangat,


Comments

  1. Cantik hasilnya mba 👍. Aku sebenernya pecinta roti banget. Malah LBH suka roti drpd nasi. Mungkin itu juga yg bikin papa awalnya jadi pengusaha bakery 😄

    Roti duo rasa gini dijual juga di bakery shops papa di Medan.

    Tapi aku pribadi kalo disuruh bikin sendiri, ga bisa 🤣🤣🤣. Cuma bisa icipin Mbaa hahahah. Aku tipe ga sabaran kalo udh masak memasak .

    Coba deh ntr aku tanya chef pastry di bakery papa, resep roti tawarnya gimana 😄

    ReplyDelete
  2. Kece banget deh bisa bikin roti tawar sendiri. Bisa dibisniskan nih sambil nambah varian lain

    ReplyDelete
  3. masyaaAllah.. aku ikut terharu mbak... tampilannya cantik menul-menul, ngga kalah dengan roti tawar pabrikan, dan yang ini pastinya lebih fresh dan bisa dinikmati hangat-hangat khaan.. dan diriku auto searching tentang re bread, ternyata lumayan juga harganya ya, hehhee

    ReplyDelete
  4. Aduhhh cantik banget, iihhh... Aku maunya dikirimin aja boleh gak, Kak Muy? Soalnya gak betah ngadon roti kelamaan, maunya langsung panggang aja. 🙈

    ReplyDelete
  5. Keren banget Mbak. Always terharu ya jika berhasil bebikinan, apalagi roti yang kadang-kadang Ndak sesuai hasilnya. Btw, cetakan roti yang berlubang itu yang seperti apa Mbak?

    ReplyDelete
  6. Penampakan roti tawarnyanya syantiik sekali Mbak, kayak namanya ya, hehe. Kalau roti tawar saya belum pernah coba bikin Mbak. Boleh nih diintip resepnya. Noted juga nih, kalau buat roti tawar ini biar empuk harus benar2 diuleni dengan sepenuh hati sampai kalis ya jangan setengah2 karena itu bisa memengaruhi hasilnya.

    ReplyDelete
  7. MasyaAllah, salah satu keinginan untuk bisa bebikinan roti. Pernah buat roti kukus tapi kurang ngembang, bisa dipastikan ngadonnya salah

    Saya simpan dulu resepnya Mbak Muyass, semoga kalo ada rezeki oven bisa praktik. Makasih Mbakk

    ReplyDelete
  8. wah saya kalau urusan bikin roti nyerah duluan kayaknya karena capek banget nguleninnya. kecuali kalau pakai alat kayak yang dibilang mbak muyass di sini kayaknya bakal doyan bikin roti sendiri. hihi

    ReplyDelete