Resep Nasi Uduk Bunga Telang

Friday, June 24, 2022

Resep Nasi Uduk Bunga Telang


Bosan nggak sih makan nasi putih melulu? Sesekali pengin juga makan nasi putih yang diolah lebih spesial seperti nasi uduk biru bunga telang ini. Kebetulan, sekitar seminggu yang lalu saya membeli pohon bunga telang. Nggak disangka, beberapa hari kemudian bunganya lebat dan nggak tahu juga mau diapain…hehe. Akhirnya dikumpulin dan diseduh dengan air panas. Besoknya, saya olah menjadi nasi uduk bunga telang. 


Bunga telang ini lumayan mudah ditemukan di mana-mana, bahkan di jalan pun banyak. Kalau sudah lebat, malah susah diatur karena merambat ke mana-mana. Selain dikonsumsi, kebanyakan orang justru tahunya bunga telang dipakai sebagai tanaman obat, terutama obat mata. Biasanya diberikan kepada bayi yang baru lahir.


Manfaat Bunga Telang

Resep Nasi Uduk Bunga Telang
Photo on halodoc


Dikutip dari beberapa sumber, berikut beberapa manfaat bunga telang:


1. Kandungan asam palmitat di dalam bunga telang berguna sebagai antidepresan karena mengandung antioksidan. Jadi, bisa bermanfaat untuk mengurangi depresi juga, lho.

2. Kandungan flavonoid glikosida yang terdapat di dalam biji bunga telang bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Sedangkan bunganya bisa dikonsumsi dan memiliki manfaat yang kurang lebih sama.

3. Meskipun terlihat sepele dan sering dianggap sebagai bunga liar, tapi bunga telang punya manfaat yang luar biasa termasuk dapat menurunkan kolesterol. 

4. Jika kamu punya masalah pada siklus menstruasi yang tidak teratur, coba konsumsi bunga telang. Katanya, bunga telang bermanfaat melancarkan datang bulan, lho.

5. Bunga telang berkhasiat menyembuhkan beberapa jenis sakit mata seperti konjungtivitas.


Dan masih banyak lagi manfaat bunga telang yang lainnya. Namun, yang tak kalah menarik, bunga telang juga sering dikonsumsi seperti diminum, dibuat jelly, atau diolah menjadi makanan seperti nasi uduk.


Daripada berlama-lama, yuk intip resep nasi uduk bunga telang ini.


Bahan:

20 pcs bunga telang

2 cup beras putih

1 bungkus santan instan

1 batang serai

2 lembar daun salam

Secukupnya air

Sedikit garam

Sedikit kaldu bubuk (Optional)


Cara membuat:

  • Seduh bunga telang dengan air panas. Diamkan sampai airnya pekat.
  • Cuci bersih beras dan tambahkan santan serta air bunga telang. Takaran air dan santan sesuaikan dengan takaran masing-masing, ya. Sama halnya seperti saat kita memasak nasi.
  • Masukkan serai yang sudah dimemarkan, daun salam dan garam. Jika suka, bisa ditambahkan kaldu bubuk.
  • Masak nasi dalam rice cooker seperti biasa. Jika sudah matang, aduk-aduk nasi dan tutup kembali.
  • Sajikan dengan pelengkap.


Resep Nasi Uduk Bunga Telang


Voila! Nasi uduk bunga telang sudah siap disajikan. Kita dapat menambahkan pelengkap seperti emping, telur dadar, orek tempe, ayam, dan perkedel. Jangan lupa, sajikan dengan sambal juga, ya!


Sayangnya, nasi bunga telang yang saya buat masih kurang pekat warnanya. Saya hanya pakai beberapa bunga saja nggak sampai 20 pcs. Awalnya nggak niat bikin nasi uduk bunga telang, hanya karena sayang melihat bunga berjatuhan dan setelah diseduh nggak diminum, akhirnya dijadikan nasi uduk ini.


Kalau teman-teman pakai bunga telangnya dalam jumlah cukup, insya Allah hasilnya bagus. Percobaan pertama gagal, tapi rasanya sih nggak masalah. Bunga telang hanya memberi tambahan warna, tidak memengaruhi soal rasa.


Saya rasa, varian nasi uduk biru yang cantik dengan bunga telang ini dapat dijadikan alternatif sarapan yang menarik selain makan nasi goreng dan nasi putih. Selain menarik, manfaatnya juga banyak bagi kesehatan.


Selain dibuat nasi uduk, bunga telang juga bisa dimakan mentah alias dilalap. Siapa nih yang sudah pernah coba? Yuk, cobain di rumah sebagai varian baru menu sarapan di meja makan!


Salam hangat,


Comments

  1. Wah boleh dicoba nih resepnya soalnya punya bunga telang jg meskipun dalam bentuk kering

    ReplyDelete
  2. Belum nyobain nasi ungu Bunga Telang. Bagus ya manfaatnya Bunga Telang buat kesehatan. Biasanya saya oleh jadi minuman ama madu plus lemon. Mau ah bikin di rumah juga

    ReplyDelete
  3. nasi uduk bunga telang, belum pernah coba, warna birunya cantik banget ya Mbak.
    saya sebetulnya penasaran ama bunga telang ini karena belum pernah lihat langsung, disini biasa lihat yang kayak gini tapi kok ya warnanya ungu ya, bukan kali ya itu :D

    ReplyDelete
  4. Wahh ide baru nih ada nasi uduk bunga telang, platingnya jadi makin cantik ya mbak karena ada sentuhan warna yang berbeda.

    ReplyDelete
  5. Mupeng banget saya sama bunga Telang Mbak, blom pernah cobain. Berarti plain aja yaa? Hanya warna bahan aja yg berubah ya? Hemm, pastinya nasi uduk Mbak Muyas juara nih rasanya.

    ReplyDelete
  6. Kayaknya harus nyobain nih nasi uduknya mba Muyass. Hehe. Pasti enak daah. Dijamin. Dan ak juga br tau manfaat bunga telang buat lancarkan haid

    ReplyDelete
  7. Nanti aku bikin juga ah, nanam dulu bunganya hihi biar jadi nasi unicorn

    ReplyDelete