Rekomendasi Tablet untuk Menggambar dan Membuat Ilustrasi

Monday, June 20, 2022

Rekomendasi Tablet untuk Menggambar dan Membuat Ilustrasi
Photo by Henry Ascroft on Unsplash


Tablet apa yang cocok digunakan untuk membuat ilustrasi? Apalagi buat pemula, apakah se-urgent itu untuk memiliki tablet? Kalau nggak punya, apakah bisa tetap belajar menggambar digital hanya menggunakan handphone?


Tahukah teman-teman, ada banyak orang yang bisa tetap menggambar digital dan membuat ilustrasi dengan handphone. Bahkan ketika mencari tutorial di Youtube, kita bisa menemukan banyak tutorial menggambar menggunakan handphone saja. Jadi, jawabannya bisa atau nggak? Bisa dong asal tekun dan mau terus belajar.


Aplikasi yang biasa digunakan di android tidak hanya dapat digunakan di tablet saja, tapi bisa juga teman-teman pakai di handphone. Namun, kita juga harus menyadari bahwa belajar menggambar di handphone butuh lebih sabar karena kurang leluasa. Tahu sendiri, kan ukuran layar tablet dengan layar handphone itu berbeda. Jadi, jangan disamakan juga prosesnya. Satu sama lain punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, kok.


Saya pikir, asal niat dan memang benar-benar mau belajar, pakai apa pun pasti bisa digunakan untuk belajar. Bahkan meski hanya pakai buku dan pensil :)


Dulu, saya tetap menggambar dan menulis meskipun nggak punya fasilitas. Pakai buku sama pensil saja sudah merasa cukup. Pengin punya komputer, tapi nggak ada uang untuk membeli. Jadi, pakai saja yang ada. Ternyata, proses belajar saya tidak berhenti hanya karena nggak ada fasilitas. Itu bukan alasan untuk saya malas-malasan. Saya hanya fokus dengan apa yang saya suka, maka saya terus mengerjakannya dengan tekun. 


Jika teman-teman punya rezeki dan benar-benar serius ingin menggeluti dunia ilustrasi dan menggambar digital, mari saya bisikkan tablet terbaik yang pernah saya gunakan selama menjadi ilustrator.


Tablet Android atau iPad?

Rekomendasi Tablet untuk Menggambar dan Membuat Ilustrasi
Photo on Unsplash


Sebelum pakai iPad, saya sudah pernah pakai dua jenis tablet android dari dua brand berbeda. Mulai dari harga 2 jutaan sampai tablet android 5 jutaan, saya tetap nggak bisa bertahan menggunakan keduanya terutama setelah mulai mengerjakan proyek-proyek buku.


Menariknya, saat ini memang banyak tablet android dengan harga lumayan terjangkau, tapi pertanyaan besarnya adalah, apakah itu worth it dipakai untuk membuat ilustrasi dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang lama? Awet nggak, sih? Tetap aman nggak buat gambar ukuran besar dan dalam jumlah banyak?


Inilah alasan kenapa saya ganti iPad, salah satunya karena tablet android yang saya gunakan nggak bisa memberikan kenyamanan itu. Saya baru pakai untuk membuat ilustrasi dalam ukuran besar, itu tablet sudah lemot parah. Satu gambar bisa berhari-hari ngerjainnya karena super lemot…kwkwk. Memang, tidak semua tablet android akan seperti ini, tapi di saya memang terjadi yang akhirnya membuat diri ini yakin mau upgrade ke iPad.


Worth It Nggak Pakai iPad?

Rekomendasi Tablet untuk Menggambar dan Membuat Ilustrasi
Photo on Unsplash


Ini hanya berlaku buat teman-teman yang memang sudah serius menggeluti dunia ilustrasi. Kalau hanya main-main dan coba-coba, mending nggak usah beli iPad.


Sejauh ini, selama sekitar dua tahun saya pakai iPad, semua tetap berjalan baik dan nyaman. Pekerjaan saya Alhamdulillah selesai sesuai harapan. Nggak ada kendala berarti seperti lemot dan lain-lain. Sejauh ini, masya Allah aman!


Namun, yang sering dipertimbangkan adalah soal harga. Memang betul, harganya jauh lebih mahal daripada tablet android yang punya berbagai jenis harga dari yang murah sampai termahal. Sedangkan kalau iPad, bayangan di kepala kita mahal semua. Kalau mau disiasati, tunggu sampai harga normal, jangan beli saat baru-baru muncul nanti kamu bernasib seperti saya...kemahalan..kwkwk.


Tapi, kalau worth it, bukankah itu bisa digunakan dalam waktu lama? Jadi, nggak rugi juga dong belinya. Insya Allah juga akan balik modal bahkan bisa berkali lipat asal kita tekun bekerja dan lembur bagai kuda…kwkwk.


Bisa Dibawa ke Mana-Mana

Rekomendasi Tablet untuk Menggambar dan Membuat Ilustrasi
Photo on Unsplash


Menggambar pakai tablet ataupun iPad punya kelebihan lain, salah satunya dapat dibawa ke mana pun. Ini yang paling saya suka karena kita dapat bekerja di mana pun dan kapan pun. Berbeda dengan menulis, saya butuh laptop dan suasana tenang, sedangkan saat menggambar, saya nggak butuh konsentrasi lebih untuk menggambar beberapa halaman buku.


Waktu lebaran kemarin, saya sempatkan diri mengerjakan ilustrasi untuk proyek buku mulai dari tiba di stasiun, di dalam kereta, sampai di kampung halaman saat lebaran. Saya kerjakan sampai selesai dan nyaman-nyaman saja karena bisa sambil ngobrol juga, kok.


Jadi, rekomenasi tablet untuk menggambar apa, nih? Saya sih tetap pilih iPad karena seperti teman saya bilang, iPad ini tangguh…kwkwk. Walau kita harus membayar lebih mahal, tapi tetap worth it, kok. Insya Allah nggak akan rugi asal memang benar-benar kita gunakan dengan baik untuk bekerja dan berkarya.


Aplikasi menggambar dalam iPad juga simpel untuk dipelajari. Kita bisa pakai Procreate dengan sekali bayar saja. Aplikasinya bagus dan nggak ribet dipakainya. Dengan iPad dan aplikasi Procreate, saya sudah membuat beberapa buku serta gambar-gambar yang entah sudah berapa jumlahnya.


Jenis iPad Seperti Apa yang Direkomendasikan?

Rekomendasi Tablet untuk Menggambar dan Membuat Ilustrasi
Photo on Unsplash


Saya kurang tahu banyak jenis iPad terbaik untuk menggambar, kalau punya uang lebih, teman-teman bisa langsung pakai iPad Pro. Kalau di bawahnya itu, bisa pakai jenis lain seperti yang saya gunakan misalnya, iPad 8 128 GB. Ini sudah cukup, kok. Saya memang sempat tergoda untuk upgrade ke pro, tapi masih mikir-mikir lagi, apakah saya memang betah fokus mengerjakan gambar terus menerus karena selama dua bulan terakhir saya banyak menolak tawaran menggambar disebabkan saya kangen menulis buku…kwkwk.


Proyek-proyek kecil kalau dikerjakan dan diterima semua, benar-benar menyita waktu. Belum lagi proyek buku. Saya pun jadi nggak punya banyak waktu untuk menulis buku dan ternyata bikin nyesek juga :(


Saya sudah lama menulis. Menghabiskan banyak waktu dan juga uang untuk mengikuti kelas-kelas menulis. Sampai sekarang, saya tetap ingin menulis. Namun, saya juga senang menggambar. Selama beberapa tahun terakhir, saya tekuni dunia menggambar dan saya merasa nyaman, hanya saja saya juga tak ingin meninggalkan dunia kepenulisan karena ia cinta pertama saya.


Agak kepontang panting untuk membagi waktu, tapi saya tetap berusaha mengerjakan keduanya. Ketika kemarin sempat memutuskan meninggalkan dunia ilustrasi, tiba-tiba dapat tawaran yang susah ditolak. Mungkin kode dari Allah supaya tetap menekuni dunia menggambar ini…hiks.


Risiko kalau menekuni banyak hal sekaligus, ya? kwkwk. Sedangkan kemampuan saya terbatas dan saya sadar untuk mengerjakan dua-duanya benar-benar butuh waktu lebih dari 24 jam…haha. Atau ya seperti biasa, saya mengalah untuk salah satunya.


Gimana, adakah di antara teman-teman yang merasa galau juga pengin menekuni passion yang mana? Apakah sebuah profesi harus disukai dan dicintai dulu baru ditekuni? Hmm, mulai dari tablet serta iPad, kita jadi nyasar bahas soal passion, ya? kwkwk.


Apa pun itu, saya berharap tetap istikamah berkarya. Sebab dengan melakukan semua ini, saya merasa lebih berharga :)


Salam hangat,


Comments

  1. Pengen punya deh jadinya nih,makasih infonya ya kak.

    ReplyDelete
  2. Haiii kk salam kenal. Makasih ya kak sharingnya. Pas baca lembur bagai kuda kwkwkwk ngakak banget kak.

    ReplyDelete
  3. Semangat mbak Muyyas, aku padamu loh. Multitalenta tenan pokok e.

    ReplyDelete
  4. Yang pengen salurkan bakat bisa nih jadi incaran, apalagi yang bisa bikin ilustrasi ya pasti diperlukan di posisi tertentu dalam dunia kerja.
    Liat harganya otw nabung dulu nih

    ReplyDelete
  5. Saya juga nggak bisa jauh dari dunia menulis. Bukan lagi hobi, tapi seperti kebutuhan menyalurkan energi positif yang ada, terkadanf juga untuk membuang energi negatif yang bikin pening kepala

    ReplyDelete
  6. MasyaAllah, kayaknya dunia gambar dan ilustrasi itu sudah jalan Mbak ya, semesta mendukung gitu bahkan ketika sempat tarik diri dari dunia ilustrasi ya :)
    eeitss iPadnya kereeenn iihh, semangaat

    ReplyDelete
  7. untuk memenuhi kebutuhan saya, nampaknya saat ini cukup menggunakan android saja, tapi kalau nanti suatu hari mau serius terjun dunia menggambar baru saya pakai ipad sepertinya, pengennya kebeli dua-duanya aamiin

    ReplyDelete
  8. Saya masih setia ama hp android Mba, kadang nulis atau aktivitas lainnya di hp aja. Meski masih ada laptop, kadang jarang saya pakai karena engga bisa mobile gituloh. Ya tiap orang emang beda kebiasannya ya. Saya seneng deh liat Mba Muyass yang paket lengkap gitu. Nulis oke, ilustrasi juga kece. Semoga sukses terus Mba, banyak karyanya dan tambah berkah

    ReplyDelete
  9. Bismillah semoga kebeli iPad pengen banget ya Allah bisa buat berkarya

    ReplyDelete
  10. Ahh, pingin jg deh bisa menggambar.. Tp apalah daya, kurang luwes nih tangan kalau diminta kompromi.. Dan pasri hasilnya gak ssuai harapan.. Wkwkk..
    Penasaran nih sama karya" mba Muyas, bisa dilihat dmn ya..

    ReplyDelete
  11. Senang ya punya skill bisa menggambar juga. Saya menggambar muka orang alias jadi tukang rias, itu juga menyenangkan. Sukses terus ya mba

    ReplyDelete
  12. MasyaAllah, saya suka melihat ilustrasi Mbak Muyyas yang kece. Salam kenal

    InsyaAllah sekarang masih belajar menekuni tulis menulis dulu

    ReplyDelete