9 Pekerjaan Sampingan Ibu Rumah Tangga yang Menghasilkan

Friday, February 4, 2022

9 Pekerjaan Sampingan Ibu Rumah Tangga yang Menghasilkan
Photo by Helena Lopes on Unsplash


Setelah menikah, kehidupan seorang wanita akan berubah. Terutama jika kita memutuskan menjadi Ibu Rumah Tangga dan meninggalkan pekerjaan sebelumnya demi mengurus suami dan anak-anak. Tak dipungkiri, meskipun menjadi Ibu Rumah Tangga tidak mudah, apalagi jika dijalani tanpa ART, tapi, di sisi lain, ada rasa jenuh dan pengin melakukan hal lain tanpa meninggalkan kewajiban.


Sebagai seorang istri, selama belasan tahun saya di rumah dan menjadi Ibu Rumah Tangga, tak dipungkiri ada banyak sekali kegiatan yang sempat saya jalani selain mengurus rumah. Pekerjaan sampingan yang dimulai dari hobi atau iseng mungkin. 


Sesuatu yang membuat saya merasa jauh lebih baik, happy, dan tentu saja lebih sibuk, tapi sibuknya sangat menyenangkan. Namun, untuk memulai pekerjaan sampingan, ternyata tidak semudah menemukan ide, ya. Butuh proses dan tentu saja waktu yang tidak sebentar untuk mengembangkannya.


Ketika kita mencoba pekerjaan yang salah, yang tidak sesuai dengan passion atau kesenanngan kita, bukan tidak mungkin di waktu tertentu kita justru memilih berhenti dan mengubur keinginan untuk memulai pekerjaan tersebut.


Pencarian yang Cukup Panjang

9 Pekerjaan Sampingan Ibu Rumah Tangga yang Menghasilkan
Photo by Charles Deluvio on Unsplash


Misalnya saya, entah sudah berapa banyak pekerjaan sampingan yang pernah saya coba, mulai dari jualan online sampai mau buka toko roti. Namun, alih-alih merasa lelah karena banyak yang tidak sesuai ekspektasi, saya justru sampai pada pekerjaan yang selama ini sudah jadi passion. Akhirnya sampai juga di titik ini. Menjadi Ibu Rumah Tangga, mengurus keluarga dan rumah, tapi tetap punya pekerjaan sampingan yang dapat saya kerjakan kapan pun.


Jangan tanya capeknya. Sudah pasti capek dan melelahkan. Namun, bagi saya, pekerjaan sampingan yang saya jalani, baik menulis buku, ngeblog, dan membuat ilustrasi adalah hal yang membahagiakan. Semua pekerjaan itu membuat saya merasa berharga. Kenapa? Ternyata saya bisa melakukan lebih. Di usia yang tidak lagi muda, juga kesibukan yang benar-benar tanpa jeda, ternyata saya masih bisa berkarya dan mengejar mimpi-mimpi yang sempat pengin dikubur saja.


Ternyata, diberi kesempatan untuk melakukan pekerjaan sampingan benar-benar sebuah keberuntungan. Sebab, tidak semua suami mengizinkan istrinya bekerja meski itu hanya sekadar menulis di blog atau menulis buku yang sebenarnya tidak butuh keluar rumah.


Pekerjaan yang saya jalani, terutama dengan adanya dukungan dari suami, tentu menjadi penyemangat tersendiri bagi hari-hari saya yang sebenarnya cukup membosankan. Sebab, saya hanya bertemu dengan orang yang sama dan melakukan hal yang sama sepanjang waktu. Tak bisa dipungkiri, banyak penelitian menyatakan bahwa Ibu Rumah Tangga itu rentan kena stres, lho. Karena kami nggak punya kegiatan yang berbeda setiap harinya. Selalu di rumah dan bertemu orang yang sama membuat kita mudah jenuh.


Namun, saat kita bisa melakukan pekerjaan sampingan yang sekaligus menjadi hobi, tentu itu menjadi hiburan tersendiri. Juga sebagai penghargaan diri. Karena, tidak semua orang bisa menghargai status seorang Ibu Rumah Tangga. Kebanyakan orang menganggap kami ini pengangguran yang tidak bisa dibanggakan. Tapi, ternyata kami nggak seburuk itu. Bahkan banyak Ibu Rumah Tangga yang berprestasi, kok.


9 Pekerjaan Sampingan Ibu Rumah Tangga yang Menghasilkan

9 Pekerjaan Sampingan Ibu Rumah Tangga yang Menghasilkan
Photo by Ben McLeod on Unsplash


Apa saja pekerjaan sampingan yang menghasilkan bagi Ibu Rumah Tangga? Ternyata ada banyak sekali pekerjaan yang bisa dijalankan dari rumah. Pekerjaan yang tidak membuat kita lupa sama kewajiban, tapi sekaligus menyenangkan untuk ditekuni.


1. Membuka Bisnis Kuliner

Siapa yang suka memasak? Saya senang memasak, membuat roti dan pudding, tapi saya tidak cukup berani membuka bisnis kuliner karena memang saya tidak sesuka itu dengan pekerjaan ini. Baking ya sekadarnya saja untuk dimakan sendiri. Sekadar untuk hiburan.


Namun, bagi teman-teman yang benar-benar menyukainya, kenapa tidak memulai bisnis kuliner dari modal kecil? Dari promosi mulut ke mulut. Dari status Whatsapp yang terus menerus?


Saya rasa, pekerjaan sampingan ini cukup menjanjikan dan sudah banyak dilakukan oleh para Ibu Rumah Tangga. Pekerjaan ini tidak terlalu berbeda dengan keseharian kita selama di dapur. Jika teman-teman punya keahlian lebih, silakan mencoba.


2. Menjalankan Bisnis Tanaman

Terutama di masa pandemi, pekerjaan ini cukup banyak dilirik, lho. Tidak perlu punya pekarangan yang luas, teman-teman bisa mulai dari halaman rumah atau teras yang tidak dioptimalkan.


Menjual tanaman hias atau menjual sayuran organik sepertinya bisa jadi pekerjaan sampingan yang menyenangkan bagi Ibu Rumah Tangga sekligus menghasilkan. Sejak pandemi, banyak orang hobi membeli tanaman hias dan mengubah pola hidupnya dengan mengonsumsi makanan lebih sehat.


3. Membuka Bisnis Fashion

Pernah punya impian bikin brand fashion sendiri? Yups! Mungkin sudah saatnya teman-teman memikirkan ide bisnis satu ini. Memulai pekerjaan sampingan dengan membuka bisnis fashion dengan brand sendiri, kenapa tidak?


Banyak Ibu Rumah Tangga yang sudah mendesain dan menjual hijab serta pakaian muslimah. Hasilnya? Tentu sangat membanggakan, lho.


4. Membuka Toko Online

Pekerjaan sampingan satu ini pernah saya jalankan, meskipun tidak bertahan lama. Makin ke sini, saya makin sadar bahwa saya tidak cukup pandai menjual barang apalagi disuruh promosi…huhu. Akhirnya gagal di tengah jalan.


Namun, ada orang yang memang jago sekali menjual barang, jago ngerayu konsumen, jago ngejar sampai dibeli..hihi. Jika teman-teman termasuk salah satu orang yang demikian, tidak ada salahnya mencoba pekerjaan sampingan satu ini. Dengan adanya marketplace seperti sekarang, tentu membuka toko online dan mempromosikan barang tidak akan sesulit dulu lagi.


5. Membuka Kursus

Membuka kursus atau les privat, kenapa tidak? Bukankan masih sangat masuk akal jika Ibu Rumah Tangga memulai pekerjaan sampingan dengan membuka kursus? Apalagi dengan latar pendidikan yang sesuai, juga pengalaman mengajar sebelum menikah, tentu tidak terlalu sulit untuk memulainya.


Kondisi seperti sekarang memaksa banyak orang tua untuk mencari guru privat demi membantu buah hati selama belajar di rumah. Karena tidak semua orang tua punya waktu dan mampu mendampingi.


6. Menjadi Youtuber dan Influencer

Apakah keduanya termasuk pekerjaan yang menghasilkan? Bisa dilihat, banyak orang yang beruntung di sini. Penghasilannya pun tidak sedikit. Namun, dengan jumlah peminat yang cukup tinggi, tentu saja membutuhkan perjuangan lebih. Berminat?


7. Menjadi Ilustrator Buku Anak

Eits, jangan kira pekerjana ilustrator tidak bisa membuat kaya raya, ya…hehe. Pekerjaan satu ini cukup menjanjikan bahkan bisa-bisa dikira tetangga ngepet, lho…kwkwk. 


Meskipun kelihatan remeh, tapi bekerja dalam bidang seni tidak bisa diremehkan. Apalagi jika teman-teman sudah tahu jalan dan triknya, punya klien tetap, dikenal sampai ke luar negeri, bahkan dari rumah pun bisa dapat dolar.


8. Menulis Buku

Merasa sangat beruntung karena masih bisa menulis hingga detik ini. Setelah perjalanan cukup panjang, akhirnya sampai juga pada pekerjaan sampingan yang sudah lama jadi hobi. Saya menulis sejak masih SMA, siapa sangka, sampai sekarang saya masih menekuni hal yang sama.


Menulis buku termasuk pekerjaan yang menghasilkan asalkan kita bisa fokus dan tentu saja mengalahkan rasa malas :)


9. Memanfaatkan Hobi Menulis dengan Menjadi Blogger

Apakah menjadi blogger adalah pekerjaan yang menjanjikan? Tentu saja. Bagi teman-teman yang hobi menulis, tapi tidak mau terlalu kaku dengan menulis buku, tidak ada salahnya membuat blog dan mulai pekerjaan sampingan dari sini.


Menjadi blogger butuh blog. Di awal-awal, saya membuat blog gratisan. Tapi, makin tekun dan rajin, saya memilih membuat blog berbayar. Beberapa tahun lalu, saya memutuskan membuat website yang diperuntukkan bagi teman-teman sesama perempuan yang punya hobi menulis, tapi nggak tahu mau menulis di mana.


Saya mempersilakan teman-teman blogger mengirim tulisan yang nantinya akan dibayar setelah terbit. Ternyata, membuat website dan mengurusnya bukanlah pekerjaan mudah. Butuh biaya dan juga waktu yang tidak sedikit.


Untuk sebuah website, kita tidak hanya membutuhkan domain, tapi juga hosting. Saya tidak hanya mesti membayar penulis, tapi juga membayar biaya hosting yang nggak bisa dikatakan sedikit. 


Beli hosting juga mesti pilih-pilih. Jangan sampai kita pincang di tengah jalan. Ada hak-hak penulis yang mesti ditunaikan, ada hak kita juga yang mesti dibahagiakan..ceilah…kwkwk. 


Tip Memilih Hosting Terbaik untuk Website

9 Pekerjaan Sampingan Ibu Rumah Tangga yang Menghasilkan
Photo by Romain V on Unsplash


Hosting adalah ‘rumah’ bagi website kita. Jangan sembarangan memilih hosting karena tentu akan sangat berpengaruh bagi perjalanan website kita ke depannya nanti. Ada beberapa tip yang bisa teman-teman pelajari sebelum membeli hosting,


  • Cari tahu sesuai dengan kebutuhan.
  • Cari web host terbaik yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut.
  • Ketahui kualitas performa server.
  • Supaya lebih aman, customer support mesti siap 24 jam.
  • Harga bersahabat dan sesuai budget.
  • Cari tahu melalui rekomendasi teman.


Gimana, sudah menentukan pekerjaan sampingan yang tepat? Atau masih bingung mesti pilih yang mana? Sejauh ini, saya happy dengan pekerjaan sampingan sebagai penulis buku, ilustrator, dan juga blogger. Pengalaman bermacam-macam selama beberapa tahun terakhir telah menempa saya.


Jangan takut memulai hal baru. Memang butuh keberanian lebih, karena perasaan takut gagal pasti akan muncul. Namun, keluarga yang mendukung, juga teman-teman yang sefrekuensi tentu akan memudahkan langkah kita ke depannya nanti. Tetap semangat, tetap bahagia :)


Salam hangat,


Comments

  1. Sugoiii, Mbaa
    You're an inspiring mom
    Semoga makiiinn sukses dan bermanfaat ilmunyaa aamiin
    Btw jadi ingett, dulu aku tahu estrilook dari Mas Huri, katany kenal mbaa pas sama2 nulis d takaitu 👏👏

    ReplyDelete
  2. Sebelum saya mengenal dunia literasi. Sya jg pernah berfikir, jadi IRT apakah bisa menghasilkan kak. Ternyata Masya Allah, sekarang jadi lebih tahu, banyak banget pekerjaan IRT yang bisa dilakukan untuk menghasilkan dari rumah.

    ReplyDelete
  3. Keren banget storytellingnya kak Muyas! hihi. Dari 9 pekerjaan sampingan sampai hosting. Saya dapat insight banget nih dari postingan ini dan entah kenapa jadi makin merasa semangat, mungkin karena ngerasa punya teman yang bekerja dari rumah kayak kak Muyas, dan kak Muyas telah menjalaninya. Saya belum jadi ibu rumah tangga sih, saat ini belum nikah maksudnya, hehe. Saya salut banget dengan para buibu rumah tangga yang bisa ngehandle rumah sekaligus masih bisa terus berkarya.

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah dapat motivasi kembali, harus lebih banyak belajar lagi Mba biar bisa dapat cuan tambahan dari menulis hehe.

    In Syaa Allah lebih konsisten lagi untuk ngeblo hihi

    ReplyDelete
  5. keren mba Muyass inspiring women banget, makasih sharingnya ya semoga aku juga bisa jadi ilustrator buku anak kayak mba hehe btw aku ngga terlalu ngerti website dan hosting baru tahu harus dikelola seperti itu yah, keren deh bisa bayarin orang hahhaha

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah, meskipun IRT kita tetap bisa menghasilkan ya Mbak.
    saya pun suka baking tapi gak PD untuk buka usaha kuliner, cukuplah anak-anak saya yang jadi best and loyal customersku, meski gak dibayar ama mereka tapi happy banget kalau kue dan roti buatan Mamaknya laris manis hihihh.

    setuju banget nih pilih hosting itu harus cermat, secara untuk keberlangsungan hidup blog kita selamanya ya :)

    ReplyDelete
  7. MasyaAllah, bun muy itu luar biasa. Produktif di segala lini. Semoga terus jadi inspirator ya, mbak. Berkah selalu. Oh iya, soal hosting ini aku setuju juga, sesuaikan kebutuhan dan cari harga bersahabat, serta kualitas dan pelayanannya tetap membuat pelanggan nyaman.

    ReplyDelete
  8. Memilih pekerjaan sampingan untuk ibu rumah tangga memang mesti pintar memilih ya. Selain itu juga, perlu benar-benar berkomitmen dengan waktu mengurus keluarga. Btw untuk hosting pun masih harus belajar lagi nih saya, karena selama ini masih pakai blogspot belum ngulik hosting. Nice info

    ReplyDelete
  9. Mantep Mbak, menjadi inspirasi kelak kalau dah nikah, tuk di sampaikan istri wkwk

    Memang setiap orang harus punya pekerjaan sampingan, apalagi kerjaan itu sesuai dg hobi pasti menyenangkan, saya juga sudah membuktikannya.

    Di selah² ngajar di sekolah saya ngeblog tuk menuliskan unek², rasanya plong dan menyenangkan.

    Meskipun blog belum banyak menghasilkan tapi cukup senang karena bisa tuk menyalurkan hobi nulis xixi

    ReplyDelete
  10. Mantap mbak Muyass. Semoga passionnya saat ini makin bikin mbak happy dan berkah.
    Pernah terpikir juga untuk usaha kuliner, kayanya banyak ide tapi minim usaha haa

    ReplyDelete
  11. Iiiihh kenapa aku jadi nostalgia waktu zaman kita di Estrilook dan membahas segala hal menarik tentang nasi Padang ya? wkwkwkwkwk... habis ini aku ditimpuk buku selemari deh *kaborrrr

    ReplyDelete
  12. Well noted banget semuanya mba Muyasss, kadang aku masih belum teguh hatinya nih mau full time di rumah tapi tetap menghasilkan atau full time sebagai org kantoran gitu. Haha, semoga setiap perjalanan adalah proses menemukan ya. Aku jg tetap pengen terus menulis, karena menurutku ga ada salahnya terus menulis. Tips ini bermanfaat banget untuk dibaca para Moms lain diluaran sana

    ReplyDelete
  13. baru dilakukan adalah menulis atau menjadi blogger, merambah ke menulis buku dan fashion, bismillah mba Muyas, semoga berjalan lancar

    ReplyDelete
  14. Saya belum kesampaian nih Mba Muyas jadi IRT Full. Masih minta petunjuk sama Allah. Karena, passion saya menulis, kerja di kantor mulai merasa jenuh dan lelah. Ingin kerja di rumah sesuai passion.

    ReplyDelete
  15. Ibu rumah tangga juga bisa dong punya penghasilan meski di rumah aja, apalagi skrg kan banyak jenis pekerjaan yg bisa kita pilih tanpa harus kerja kantoran

    ReplyDelete
  16. aku sebenarnya pengen banget bisa jualan online gitu sebagai pekerjaan sampingan tapi sampai sekarang nggak kesampaian juga. kayaknya aku juga nggak terlalu berbakat jualan, heu. tapi setidaknya dari nulis blog masih bisa dapat tambahan penghasilan

    ReplyDelete