Resep Roti Manis Ekonomis

Friday, April 24, 2020

Resep roti boy ekonomis



Ini resep-resep berderet di blog saya...kwkwk. Ketahuan lagi rajin baking meskipun nggak rajin-rajin amat...haha. Resep roti di blog ini memang banyak sekali. Karena saya senang nyoba-nyoba resep baru, tapi memang dipilih harus dari akun yang bisa dipercaya. Maksudnya bukan resep-resep copas gitu yang sekarang banyak muncul di blog-blog baru *termasuk resep saya dicopas tanpa izin :(

Dan kali ini saya nyoba bikin roti pakai resep dari akun @ayoe_widya83. Mbak Ayoe ini pinter banget bikin roti bentuk lucu-lucu yang nggak kebayang sama manusia biasa kayak kita...kwkwk. Jujur, imuut banget roti-roti sama bakpao-nya, lho. Saya pribadi belum bisa bikin secakep itu karena nggak telaten aja. Malah pengennya cepet kelar asal empuk dan enak dimakan.

Jadi, kemarin akhirnya saya nyoba salah satu resep roti milik Mbak Ayoe ini. Buat saya, resep ini termasuk ekonomis karena bahannya simpel aja dan hanya menggunakan 1 kuning telur. Beda dengan resep lainnya. Hasilnya? Empuk dan kokoh. Seratnya baguuus banget. Apalagi kalau dibuat roti unyil gitu, cocok banget. Ngebentuknya juga gampang.

Bisa Dibuat Menjadi Varian Roti Berbeda


Resep roti manis ekonomis



Resep ini bisa kita kreasikan menjadi bermacam-macam jenis roti berbeda. Nggak harus dijadikan roti isi sosis, nggak harus dijadikan roti sobek isi, dll. Kemarin saya pun sempat membuat varian ala-ala roti boy gitu. Alhamdulillah, pas banget karena empuk dan topping-nya pun krispi.

Bikin roti susah, ya? Kalau sudah terbiasa mungkin nggak terlalu susah, ya. Hanya saja memang akan memakan waktu yang cukup lama. Kebayang dong ngulennya aja 1,5 jam gitu...kwkwk. Ini karena saya masih pakai hand mixer. Kemudian kita harus melakukan beberapa kali proofing. Nggak boleh buru-buru, biar rotinya mengembang sempurna dan hasilnya memuaskan.

Enaknya apa, sih bikin roti sendiri? Ketika keluar dari oven, nggak ada yang nandingin enaknya. Nggak usah dibayangin, langsung dicoba aja di rumah ya...haha.

Resep Roti Ekonomis



Resep roti manis ekonomis


Di sini, Mbak Ayoe pakai air dingin dan UHT dingin. Kebetulan karena ada stok UHT di kulkas, akhirnya saya pakai full UHT. Dan soal takaran airnya, saya agak bingung dengan takaran beliau karena ketika dimasukkan, hasilnya memang lumayan kering dan cenderung kayak kurang air. Jadi, ngulennya lumayan berat. Nah, biar teman-teman nggak salah, misalnya mau menambahkan air pun tolong nggak perlu banyak-banyak. Dan coba dicampur dengan tangan dulu biar rata baru kemudian di-mixer.

Ketika sudah kalis, adonan dengan takaran air yang disebutkan ini pas banget, kok. Jadi, nggak ada yang salah sebenarnya sama resepnya. Hanya pas ngulen butuh kerja keras kalau memang nggak pakai mixer roti, ya.

Kemarin, saya hanya menambahkan sedikit air saja. Iya, hanya sedikit. Di sini saya akan tuliskan resep aslinya, ya. Selamat mencoba :)

Bahan A:


200 gram tepung protein tinggi (contoh: Cakra)

50 gram tepung protein sedang (contoh: segitiga)

50 gram gula pasir

4 gram ragi instan

15 gram susu bubuk

20 gram kuning telur (1 kuning telur)

50 gram susu UHT dingin

85 gram air dingin (saya ganti full UHT)

Bahan B:


35 gram butter atau margarin

3 gram garam

Isian:


Mesis cokelat

Butter yang dibekukan

Keju spready

Bahan Topping Roti Boy


100 gram margarin atau butter

120 gram gula halus

1 bungkus kopi instan (seduh dengan 1 sdm air)

1 butir telur

120 gram terigu

Sedikit vanila cair

Cara membuat:


  • Uleni bahan A sampai kalis (tercampur rata). Kemudian masukkan bahan B dan uleni lagi sampai kalis elastis. Ketika kita bentangkan sampai tipis, adonan nggak gampang sobek, nggak lengket juga di tangan.

  • Bulatkan adonan dan diamkan selama 10 menit sambil ditutup. Biasanya, saya olesi wadahnya dengan minyak, ya sebelum didiamkan.

  • Potong-potong adonan sesuai selera. Bulatkan. Saya bagi menjadi @40 gram per bulatan. Diamkan lagi selama 30 menit sambil ditutup.

  • Ambil adonan dan beri isian. Diamkan selama kurang lebih satu jam atau sampai adonan mengembang dua kali lipatnya.

  • Cara membuat topping: Seduh 1 bungkus kopi instan dengan sedikit air (bisa 1 sdm). Kemudian mixer mentega dan gula halus. Kemudian tambahkan telur. Mixer lagi. Kemudian masukkan kopi yang sudah dicampur sedikit air. Masukkan bahan sisa lainnya. Mixer sampai rata. Masukkan ke dalam plastik segitiga, kemudian gunting ujungnya.

  • Semprotkan melingkar adonan topping di atas adonan roti yang sudah siap dipanggang. Kemudian panggang sampai keemasan suhu sekitar 180’C api atas bawah atau sesuaikan dengan oven masing-masing.

  • Setelah keemasan, keluarkan dari oven dan angkat. Adonan kopinya nggak perlu nunggu sampai keras, ya. Karena nanti ketika dikeluarkan dari oven dan tidak panas akan mengeras sendiri.


Voila! Roti boy ekonomis ala-ala sudah siap disantap sambil ngeteh di sore hari *mohon maaf udah puasa, Bu...kwkwk. Roti boy ini kesukaan suami dan anak-anak. Rasanya pas, enak, krispi, pokoknya cukup buat ngobatin rasa kangen dengan roti boy yang asli...haha.

Saya membuat 2x resep. Jadinya sangat banyak, ya. Jika topping-nya lebih, kamu bisa simpan dulu di kulkas dan gunakan ketika sudah butuh. Jadi, nggak harus bikin adonan bolak balik, ya.

Salam hangat,

 

Comments

  1. duuh Mbak, kebayang deh itu ngulen 1,5 jam. Walau pake handmixer sih pegel juga ya, apalagi 2x resep 😁

    ReplyDelete
  2. Nyimak aja, nggak bisa praktekin. Rotinya kelihatan lembut dan empuk ya. Untung aja bacanya pas malam ini, jadi nggak sampai ngiler karena perut udah kenyang habis buka puasa

    Jadi teracuni nih buat beli oven sama mixer hehehe

    ReplyDelete
  3. wah sulit gak ya kalau nyoba

    ReplyDelete
  4. Ya ampun baru ingat lagi mau bikin roti
    Lumayan banget untuk ngegayem selama Ramadan ini karena saya memutuskan untuk membuat semua makanan, ngga beli
    Minimal selama Ramadan , ngga tau nanti :D

    ReplyDelete
  5. Simpen resepnya ah. Udah niat mau bikin roti sih. Cuma males bersihin oven :D

    ReplyDelete
  6. Hmmm... Bikin laper.
    Anak cewek saya suka banget bikin kueh-kueh dan roti. Saya bagian icip-icipnya. Hihi...
    Resepnya bisa dicobain ini. Cocok buat teman minum teh hangat atau kopi ya.

    ReplyDelete
  7. Pakai hand mixer aja 1,5 jam hwaaa. Aku pengin bikin rotinya tapi belum punya mixer sama oven, jadi kusimpan saja dulu resep mbanya buat nanti kalau udah kebeli oven sama mixer hehehe. Kemarin sempet nyoba bikin ala-ala roti boy juga aku pakai resep di youtube yang tanpa mixer dan oven. Hasilnya melelahkan walau seneng sih pas mateng mencium aroma rotinya :)

    ReplyDelete
  8. Dir umah tuh aku gak punya oven jadi memang gak bisa sih bikin kue. Selain gak bakat juga kali ya hahaha tapi lihatnya seneng banget yaa, empuk mengembang dengan cantik dengan golden topping warnanya. Kliatan enak bangettt

    ReplyDelete
  9. Wow seru banget Mbak membuat roti ya apalagi roti manis itu kesukaan anak-anak ku jadi penasaran ingin mencoba membuat sendiri

    ReplyDelete
  10. Kwkwk, pegel karena mixernya lumayan gede, Mbak.

    ReplyDelete
  11. haha...ayo mbak dicoba jangan mau diracuni doang :D

    ReplyDelete
  12. Agak sulit kalau belum terbiasa, Bun :)

    ReplyDelete
  13. Hampir semua kayaknya jadi rajin masak mbak sekarang, sampai-sampai baking powder sama ragi langka lho..haha

    ReplyDelete
  14. Haha..oven nggak perlu dibersihkan bukannya, Mbak? Kalau sy malas ngulennya..hihi

    ReplyDelete
  15. Enak dong yaa...hihi. di rumah kebetulan anak-anak cowok semua, tapi senang bantu bikin roti sambil ngebentuk..

    ReplyDelete
  16. Ya ampun kakak, ini mah expert banget. Dari look kuenya aja udah ketahuan. Apakah aku akan bisa membuatnya yak? Hehe jadi worry. Soalnya aku juga rada2 ga bakat bikin yang manis-manis sebangsa roti atau kue gini.

    ReplyDelete
  17. Ikut nyimak, kok kreatif Mbak seneng masak juga, kok ngawak'i hehe

    ReplyDelete
  18. dari dulu pengen banget coba bikin roti boy, pasti bakal enak dan lezat :D

    ReplyDelete
  19. Waaah, cocok ini, pake teh hangat, untuk buka puasa, hmmm....

    ReplyDelete
  20. Bahannya juga cukup mudah ditemukan ya kak. Namun sayangnya aku belum punya mixer untuk mengaduk. Next dicoba. ini masuk list dulu.

    ReplyDelete
  21. Aku pernah nih bikin roti ini, tapi masih gagal dan ada kurangnya. Jadi kepengen bikin lagi deh..

    ReplyDelete