Chicken and Shrimp Egg Rolls

Tuesday, July 24, 2018

Chicken and Shrimp Egg Rolls
Photo: Dok pribadi


Alhamdulillah, akhirnya bisa meluangkan waktu untuk ngisi blog lagi. Liburan sekolah yang amat panjang sudah berakhir. Liburan tahun ini memang sangat panjang, terutama karena sekolah si sulung benar-benar meliburkan tanpa jeda sejak selesai UKK dan langsung ambil rapot. Kayaknya liburnya sekitar sebulan lebih.

Nah, kalau sudah mulai masuk sekolah lagi, itu artinya pagi-pagi harus menyiapkan bekal juga untuk kakak. Bekalnya ada dua jenis, satu snack dan satunya makan siang. Saya jarang banget beli. Lebih seringnya sih bikin karena selera dia yang agak susah, nggak semua makanan dia doyan, pemilih banget.
 

Biasanya saya selalu menyimpan stok lauk di frezer. Biar nggak pusing kalau pagi-pagi nggak sempat masak macam-macam, bisa segera digoreng. Kadang bikin nugget atau chicken egg rolls.


Nah, kali ini lagi pengen banget bikin chicken egg rolls. Mungkin prosesnya agak lebih merepotkan karena harus bikin kulitnya, tapi sebenarnya semuanya sih mudah saja, kok. Dagingnya bisa ayam dicampur daging sapi, atau kali ini saya mencoba ayam dan udang. Teksturnya pas banget. Padahal sambil ngarang bebas juga sih..hehe. Teman-teman bisa menambahkan sayuran seperti wortel atau tanpa sayur pun nggak masalah.
 

Oke, nggak usah lama-lama, ya. Yang pengen coba silakan intip bahan dan proses pembuatannya.


Bahan:

Sepasang dada ayam, ambil dagingnya

250 gram udang, kupas dan cuci bersih

1 bungkus keju, parut

2 butir telur

2 sdm tepung terigu

2 sdm tepung maizena

1 sdm saus tiram (bisa ditambah jika kurang)

4 siung bawang putih

Secukupnya merica bubuk

Secukupnya garam

Sedikit kaldu bubuk (boleh skip)

 

Bahan kulit:

4 butir telur

20 gram tepung maizena

80 gram tepung terigu

160-180 ml air

¼ sdt garam

1 sdm minyak

 

Cara membuat:

1. Haluskan bawang putih bersama daging ayam dan udang kupas. Tambahkan telur, merica, garam, penyedap, saus tiram, dan tepung. Haluskan jadi satu.

2. Tambahkan parutan wortel (jika pakai sayur) dan kejunya juga, ya. Campur semuanya jadi satu pakai sendol. Jika ingin menambahkan penyedap boleh saja. Tapi, sebenarnya ini sudah gurih alami, lho. Selain karena pakai ayam dan udang, saya juga tambahkan keju.

3. Supaya nggak salah menyesuaikan asin dan gurihnya, teman-teman bisa menggoreng sedikit adonannya. Kalau memang sudah pas, sisihkan, ya.

4. Bahan kulit: Kocok lepas telur. Masukkan 1 sdm minyak goreng dan kocok dengan wisk sampai rata, ya.

5. Campurlah tepung dengan air sampai nggak bergerindil. Kalau perlu bisa disaring supaya nanti hasilnya bagus.

6. Campurlah telur kocok dan adonan tepung tadi, tambahkan garam, kocok sampai rata.

Saya pakai 180 ml air, sesuaikan saja, ya karena ukuran telurnya bisa beda-beda. Jadi, sebaiknya nambahnya dikit-dikit dan coba dibuat dadar.

7. Panaskan teflon, olesi margarin. Tuang satu sendok sayur adonan dan buat dadar tipis, ya. Angkat dan lakukan sampai adonannya habis.

8. Masukkan campuran daging ke dalam dadar. Gulung dan bungkus dengan plastik tahan panas satu persatu supaya ketika dikukus nanti tidak saling menempel. Lakukan semua sampai habis baru kemudian dikukus, ya.

9. Setelah matang dan dingin, potong-potong menyerong. Langsung goreng atau simpan saja di frezer dan bisa digoreng kapan pun diinginkan.
 

Chicken and Shrimp Egg Rolls
Photo: Dok pribadi



Voila! Chicken and shrimp egg rolls siap dijadikan bekal sehat buat anak-anak. Meskipun tampak panjang banget prosesnya, tetapi sebenarnya ini mudah. Hanya saja butuh yang namanya sabar..hehe. Hasilnya banyak banget. Sekitar 3 plastik ukuran 2 kg..hehe. Puas-puasin deh, ya makannya.. :D

 

Selamat mencoba dan salam hangat,

 

Comments

  1. Bekalnya sehat bangat ya bunda, dari warnanya sudah kelihatan enak

    ReplyDelete
  2. Gampang ya daripada beli di resto jepang hihi

    ReplyDelete
  3. kok berasa kayak dihokahoka bento ya. enak banget tuh kayaknya.
    pake gilingan daging sapi juga bisa ya.

    ReplyDelete
  4. Silakan..terima kasih kembali bunda :)

    ReplyDelete
  5. Kalau buatan sendiri emang jauh lebih enak yaaa, walaupun lama bikinnya banyak beli bahan bahannya tapi terasa puas kalo udah jadi :v,

    ReplyDelete
  6. Kok krlihatan enak banget sih chicken and shrimp egg rolls ini, kak ...
    Apa akunya yang memang suka udang ya 😁 ?

    Tapi yang pasti, lihat foto-fotonya hasil resep kak Muyass pasti enak 👌

    ReplyDelete