Banana Muffin, Super Simpel dan Yummy!

Thursday, February 1, 2018

Banana muffin ini sebenarnya dibuat demi memanfaatkan pisang yang sudah menghitam dan nggak ada lagi yang mau menyentuhnya. Huhu, kasihankan si pisang kalau sampai nggak dimakan dan akhirnya terbuang sia-sia. Mubadzir banget.

Resep ini pertama kali saya dapatkan di Cookpad dari akunnya ci Tintin Rayner. Membuat ini gampang banget, lho. Hanya tinggal diaduk saja tidak perlu pakai mixer. Tapi, perlu diingat mengaduknya santai dan secukupnya saja, supaya hasilnya tidak bantat. Cara mengaduk cake seperti ini memang tidak terlalu familiar buat saya, sebab saya sebenarnya jarang banget bikin kue*terumata pada zaman dahulu kala...kwkwk. Jadi, teknik mengaduk saya pikir ya hanya bisa dilakukan dengan satu cara yakni sembarangan saja. Ternyata nggak seperti itu, Sodara. Ada cara sendiri, jangan sampai over mix ketika mengaduk sehingga membuat cake malah gagal mengembang dengan baik atau terburuknya jadi bantat. Minimal kita ngaduknya jangan pake tenaga seperti saat mengulen roti. Melainkan harus pakai hati. Emang bisa ngaduk pakai hati? hehe.


Teman-teman bisa menggunakan jenis pisang apa saja. Kebetulan di rumah ada pisang ambon berukuran cukup besar. Nanti pisangnya cukup dilumatkan saja dengan garpu. Saya pun menghancurkannya nggak sampai halus banget kok. Masih ada bagian pisang yang belum halus bukan masalah asal nggak besar-besar banget, ya. Dan justru tekstur kasarnya ini semakin enak ketika dimakan. Masih ada rasa pisang aslinya. Kalau ditambahkan pisang lebih dari ukuran resep biar lebih nendang gimana? Saran saya jangan deh. Kecuali memang sengaja mau mencoba-coba tanpa takut gagal. Kalau nggak, ya mending ikutin resepnya aja apalagi jika kita baru nyoba-nyoba bikin kue.


Kalau mau mencoba, sambil menyiapkan bahan sebaiknya sambil panaskan ovennya ya suhu 180’C. Saya pakai oven listrik, dan nggak masalah kalau teman-teman mau bikin pakai oven tangkring dan yang lainnya. Asalnya suhunya dikira-kirakan saja ya supaya sesuai dan hampir sama. Daripada kelamaan, mending kita cobain yuk resepnya :)


Bahan A:

3 buah pisang ambon besar

1 butir telur ukuran besar

100-110 gr gula pasir

85 gr butter atau margarin, cairkan

1 sdt vanilla essence

Bahan B:

190 gr terigu serbaguna

1 sdt baking powder double action (sy pakai 1 ½ sdt yang biasa)

½ sdt baking soda

Secukupnya chocohip atau kismis


Cara membuat:

1. Lumatkan pisang kemudian campur dengan bahan A sampai gula larut. Gunakan wisk.

2. Ayak bahan B kemudian buatlah lubang di tengah dan tuang bahan A. Aduk dengan wisk pelan sampai rata.

3. Masukkan chocochip dan aduk kemudian tuang dalam cup yang sudah disiapkan. Jangan terlalu penuh karena nanti akan mengembang, ya.

4. Panggang selama kurang lebih 25-30 menit tergantung ovennya, ya.

5. Angkat dan sajikan.


Mudah banget, lho. Rasanya pun enak. Kemarin jadinya 9 cup kecil dan 3 cup besar. Besoknya dibawa untuk bekal si sulung dan dibawa sama paksu buat dimakan bareng temennya..he. Alhamdulillah, senanngnya baking kalau laris manis seperti ini, ya. Capeknya terbayar sudah. Padahal kalau bikin ini sih nggak capek…hihi. Lebih capek kalau bikin roti, kan? Mesti ngulen sampai berjam-jam. Masih harus nunggu proofing dan mengembang sempurna baru dipanggang. Jenis cake kayak gini benar-benar solusi kalau kitanya lagi nggak pengen masak lama-lama atau sedang terburu-buru. Karena bikinnya nggak ribet dan bahannya simpel. 

Gimana, udah siap nyobain nggak di rumah? Semoga berhasil dan selamat mencoba, happy baking! 


Comments

  1. Mupeng bgt mbak pengin nyicip itu, duhhh.. Bikin ah, nyari pisang dlu

    ReplyDelete
  2. waaa mba resep kita samaan! aku sering bikin muffin pisang kalo stok pisang dari kebun lagi berlebihan. kalo lagi rajin suka tak tambahin cream cheese frosting dari cream cheese + gula pasir + vanili. Wah endessss (muffin kok pake frosting, ketauan banget ini suka yang manis manis hehehe)

    ReplyDelete
  3. Keren, apapun kalau bisa memanfaatkannya tentu bisa jadi manfaat ya, Teh. Terlebih pisang yang sudah menghitam ini. Bener juga sih kalau nggak di apa-apain itu pisang pasti bakal lebih busuk dan akhirnya harus dibuang. Mubazir.

    Ibuku di rumah suka bikin, tapi belum pernah kayaknya deh pake pisang bahannya, tapi ini bisa dicoba sih. Kalau saya mah belum bisa bikin ginian, apalagi sendirian. Perlu adanya pendamping..he

    ReplyDelete
  4. Wow enaknya kalo tinggal makan mba, hehe :D

    ReplyDelete
  5. Olahan pisang memang selalu enak menurut saya. Apalagi yang seperti ini. Pasti deh laris manis. Saya bisa habiskan sendirian itu, mba. Hehehe

    ReplyDelete
  6. mufin pisang ambon dengan taburan cocochip bikin ngences
    bener kalau laris nggak bikin cape, yang bikin cape itu kalau nggak ada yang makan hehe

    ReplyDelete
  7. mendapatkan resep Banana Muffin, Super Simpel jadi pengen mintain ibue bikin dan praktekin resep yummy ini deh ih

    ReplyDelete
  8. omy goodness... maknan favorite ane ini. muffin lover. minggu lalu jajan beginian bikin nagih. dan mba bis bikin muffin, ngiri asli. rumah kita deket kan mba. mampir donk.wkwkwk

    ReplyDelete
  9. Duh,,, jadi laper pengen ngemil..
    Kirimin mbak ke rumah..
    Enak banget kayak mya..

    ReplyDelete
  10. Hiho, pasti jadi manis dan enaak banget ya mbak ditambahin frosting gitu :D

    ReplyDelete
  11. Hihi, didoakan semoga segera ada pendamping yang sholelah, ya.. Amiin

    ReplyDelete
  12. Hihi, ayuu mbak makan sama saya ajaa

    ReplyDelete
  13. Hihi, betul banget..baper kalau nggak ada yang makan :D

    ReplyDelete
  14. Kwkwk, iya, di mana sih mbak rumahmu..ayuu sini main... :D

    ReplyDelete