Yuk, Bikin Nasi Kebuli Mejikom dengan Resep Ini!





Setelah beberapa bulan jadi member Cookpad, jujur saja kemampuan masak sudah jauh lebih wajar daripada sebelumnya. Ingat, wajar ya, bukannya baik..he. Soalnya dulu benar-benar nggak bisa masak. Selepas dari pesantren, saya langsung menikah dan diboyonglah ke Jakarta. Sedangkan saat di pesantren, saya dan teman-teman memang dilarang memasak karena kegiatan yang terlalu padat. Jadi, khawatir nggak imbang dan akhirnya justru merepotkan.

Dulu, disuruh bikin sayur bening saja panik, lho. Sekarang, sambil merem juga bisa *bisa bobok maksudnya…he. Nah, kebetulan hari ini saya membuat nasi kebuli mejikom dan memakai resepnya mbak Nur Sabatiana dari Cookpad. Sebelumnya saya pernah posting juga nasi kebuli dengan resep berbeda. Nah, kali ini lebih simpel tapi rasanya nggak kalah enak. Bahkan kalau dirasa-rasa sih nggak kalah sama yang beli.

Biar gampang, masaknya pakai ricecooker aja. Biasanya sekali tekan tombol cook, ketika sudah kembali, nasinya diaduk dulu. Jika hasilnya belum matang sempurna, boleh tekan cook lagi sampai nasinya matang sempurna. Dan perlu diingat, setiap tombol kembali, aduk dulu nasinya, ya supaya matangnya merata.

Buat dagingnya, boleh pakai daging sapi atau daging kambing. Pakai ayam juga enak apalagi dicampur sama tulang-tulangnya. Asalkan daging ayamnya dipotong kecil-kecil seperti saat akan membuat sup ayam. Supaya nanti matang sempurna dan gurihnya lebih terasa.

Untuk pelengkap, boleh pakai apa saja. Bahkan sama sambal dan taburan bawang goreng saja sudah oke banget. Tapi, kalau ingin lebih lengkap, boleh tambahkan lalapan seperti timun, kol, acar juga enak serta emping.

Berikut resep simpelnya, ya..

Bahan:
4 gelas takar beras
¼ sampai ½ kg daging sapi atau kambing, potong-potong
4 siung bawang putih
6 siung bawang merah
1sdt kunyit bubuk atau  ruas kunyit
1/2sdt lada bubuk
1sdt ketumbar bubuk
1 batang kayu manis (saya pakai ukuran kecil)
3sdm margarin
4sdm minyak goreng
Secukupnya air seperti memasak nasi biasa
2 buah pekak
 Buah kapulaga
5 butir cengkeh
sdt kayu manis bubuk (saya skip)
1 sachet bumbu kari instan (sy ganti 4sdm bubuk kari)
Secukupnya garam

Cara membuat:
1.      Haluskan duo bawang kemudian tumis menggunakan margarin dan minyak sampai wangi. Masukkan bumbu lainnya dan aduk rata. Tunggu sampai bumbu layu dan tidak langu.
2.      Masukkan daging, aduk sampai berubah warna. Kemudian tambahkan air dan masak dengan api kecil sampai daging empuk.
3.      Cuci beras kemudian masukkan tumisan daging berbumbu ke dalamnya. Tambahkan air secukupnya. Nasi kebuli itu bentuknya agak ambyar, ya. Jadi coba dikira-kira dan dikenali jenis berasnya. Jangan sampai nanti terlalu lembek.
4.      Masak nasi di mejikom atau ricecooker sampai matang. Jika belum matang, tekan tombol cook lagi sambil diaduk dan biarkan selama 30 menitan.
5.      Sajikan nasi kebuli dengan pelengkap seperti telur dadar, emping serta acar.


Rasanya enak. Yang bikin nasi kebuli ini berasa banget aromanya karena ada bunga pekak sama bubuk karinya itu. Bubuk karinya saya pakai merek koepoe-koepoe. Teman-teman bisa cari yang lainnya juga boleh. Saya pakai yang mudah aja, pas ke supermarket sekalian beli waktu itu.


Selamat mencoba dan happy cooking!

35 comments:

  1. Kayaknya enak tuh dimakan saat ini, hujan-hujan makan nasi kebuli hangat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali mbak, memang nikmat banget ini mah...hehe

      Delete
  2. wallahh mba aku baru tahu ternyata megicom bisa bikin nasi kebuli.
    wajib dicoba nih resep dari mba nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, mejikom bisa dibuat masak apa aja mbak..cobaik yuk..

      Delete
  3. Aduhh pas banget musim hujan bikin nasi kebuli bisa nambah berpiring-piring nih heheheheh. Thanks for sharing mbka ;)

    ReplyDelete
  4. Mba, aku simpen resepnya ya. Aku suka nasi kebuli. Oh ya, pekak sama kapulaga itu harus ya mba? Nggak pernah beli sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya pekak itu harus, kalau kapulaga kayaknya nggak terlalu berasa efeknya. Cuma sebaiknya lengkap saja supaya mantap :)

      Delete
  5. Bookmark langsung mba. Kapan2 mau nyoba ah, resepnya simple semoga bisa berhasil deh nyobain resepnya

    ReplyDelete
  6. Yang paling mantab itu karena ada kata mejikomnya, suka aku kalau gak perlu pakai kukusan. Heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.benar mbak, saya juga nggak mau ribet2, keburu ditarikin bocil..hehe

      Delete
  7. cocok buat anak kontrakan seperti aku yang pingin berhemat tapi bosan makan yang itu itu aja hehe. makasih mbak

    ReplyDelete
  8. Pasti enak itu nasi kebulinya mbak muyas, kepengen nyoba buat tapi ya itu. Mejikomnya punya emak, ntar asal pakai buat masak yang belum pernah di coba bakalan ngamuk emaknya. Ahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, mending diem aja ya daripada diomelin...

      Delete
  9. Mbak , bumbunya komplit ya ternyata..pantes sedap nasi kebuli ini..Thanks sharingnya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mbak, memang rempah2nya yang bikin sedap...sama2 mbak.. :)

      Delete
  10. Ahh, jam segini jadi laper lihat nasi kebuli.
    Aku belom pernah nyobain, ntr kapan2 mau nyoba sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, salah buka ya mbak jam segitu.. :D

      Delete
  11. wiii, nyummii bgt.. endos kayaknya, adik sy paling suka nasi kebuli begini.. sy juga suka tp kalah adik sy, susah cari nasi kebulis di daerah sy, makasih resepnya mba.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak, bisa buat sendiri ya biar puas..hehe

      Delete
  12. Saya pernah coba, kayak naskun ya cuma beda rasa karena kaya bumbu. Btw baru tau Mbak dari Pesantren dan sekarang udah jago masak ;) tfs ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, samalah kayak nasi uduk, nasi kuning ya, cuma ini bumbunya lebih banyak. Hehe, iya saya anak rumahan dan masuk pesantren, tiba2 diajak nikah dan dibawa ke Jakarta, nggak ada pengalaman :D

      Delete
  13. Ibu saya pernah masakin nasi ini dan sejak itu saya gak pernah lagi makan nasi kebuli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kejadiannya tahun berapa, ya? Hehe..

      Delete
  14. Huwaaah bikin ngeces, saya suka banget nasi kebuli tapi belum pernah bikin sendiri. Aku tandain resepnya ya mbak. TFS :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak..bikin sendiri yuk...sama2 mbak..

      Delete
  15. Saya bisanya masak nasi pakai rice cooker doang jadi bisa dicoba nih mba, kalau masak di panci dijamin gosong dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..iya, ribet pula kalau pakai panci.. silakan dicoba...

      Delete
  16. Sepertinya enak bila langsung bisa mencicipi. :(

    ReplyDelete
  17. Omg, makanan favoritku :D. Blm berani bikin sendiri, krn kemungkinan gagal nya lbh besar. Untungnya deket runahku ada restoran arab yg jual nasi kebuli enak :D. Jd tiap kangen nasi ini, lgs beli mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, nggak gagal lah mbak kalau cuma nasi aja..hihi, nggak bakalan bantat kan :D

      Delete
  18. Silmple juga yah kak keliatannya pake mejikom , jd pengen nyoba juga :v, kalo ngga masak nasinya cetek kan lagi sampe masak nasinya

    ReplyDelete