Homemade Matcha Green Tea Bread





Assalamualaikum…

Hujan-hujan begini enaknya makan yang anget-anget, ya. Tapi, kalau lagi hujan, bawaannya juga malas mau mengerjakan sesuatu. Nah, pagi-pagi saya sudah niat banget bikin roti. Pas banget ada Matcha Latte dari Chocolatos juga. Jadilah roti matcha green tea ini.

Kalau teman-teman punya bubuk green tea, boleh banget dimasukin juga supaya rasa green tea-nya lebih nendang, ya! Sayangnya, saya nggak pernah beli bubuk green tea. Lebih sering beli minumannya begini karena memang suka minum juga.



Isiannya bisa diberi apa saja, ya. Saya isi dengan coklat. Resepnya juga nggak jauh beda sih sama sebelumnya. Cuma dimodifikasi sedikit saja dengan jumlah kuning telur dan bubuk matcha latte ini.

Dan, ternyata cuaca dingin kayak gini bikin proofingnya berlangsung sangat salam. Saya mulai proofing dari jam 6 pagi, sampai setengah 9 belum terlalu ngembang. Jadi, proofing ini bukan tergantung 1 jamnya , ya. Tapi sangat tergantung sama suhu ruangan. Kalau cuacanya anget dan panas, roti bakalan cepat sekali ngembang, belum 1 jam juga sudah bisa dibentuk.

Sedangkan kalau hawa dingin sejuk begini, kita sesuaikan saja, kalau sudah terlihat mengembang dua kali lipat, bolehlah segera dibentuk dan diberi isin baru kemudian proses proofing kedua.

Ketika awal ngulen, adonan ini memang lembek, ya. Sangat tidak disarankan menambahkan terigu sampai dia jadi tidak lengket. Jadi, uleni saja terus sampai benar-benar kalis, jika memang setelah ngulen sekitar setengah jam lebih masih lengket banget, boleh tambah terigu itu pun sedikit saja.

Pengalaman, ada teman yang rebake, dan ternyata dari awal ditambahkan terigu banyak sampai akhirnya bantet. Kelembekan ini memang yang pada akhirnya membuat si roti jadi lembut pake banget. Jadi, tidak semua lembek itu nggak baik, ya..he.



Nah, takaran ini sebenarnya sudah pas dan tidak perlu ditambahkan terigu. Kecuali ketika teman-teman mau membentuk, boleh ditepuk sedikit terigu di telapak tangan untuk memudahkan.

Nah, apa sih gunanya mengolesi tangan dengan minyak saat mau proofing pertama? Ini mencegah adonan supaya tidak kering ketika proofing, ya. Dan nanti hasilnya juga tidak akan terlalu lengket.

Bahan:
250gr terigu protein tinggi
2 kuning telur
1sdt ragi instan
40gr gula pasir
1 sachet susu bubuk
2 sachet matcha latte
125ml air hangat
40gr butter atau margarin
Sejumput garam

Cara membuat:

1.      Campur 1 sdm gula pasir bersama 125ml air hangat dan ragi. Aduk rata. Tunggu sampai berbusa. Sambil menunggu, siapkan bahan lainnya.
2.      Campur semua bahan sisa kecuali butter dan garam. Masukkan juga campuran ragi yang sudah berbusa tadi. Uleni sampai kalis atau rata. Masukkan butter dan garam. Uleni sampai kalis elastis.
3.      Olesi tangan dengan sedikit minyak. Bulatkan adonan dan diamkan selama 1 jam atau sampai mengembang 2x lipat. Tutup atasnya dengan plastik wrap atau kain bersih.
4.      Tinju adonan untuk membuang udaranya. Bentuk dan beri isian sesuai selera. Sebelum digunakan, jangan lupa olesi loyang dengan margarin, ya. Tata adonan di loyang dan beri jarak. Diamkan selama 1 jam atau sampai adonan mengembang 2x lipat dan jangan lupa selalu tutup dengan kain bersih saat proofing.
5.      Panaskan oven suhu 180’C selama kurang lebih 10 menit sebelum digunakan. Panggang roti selama 20 menit atau sesuaikan dengan oven masing-masing.
6.      Keluarkan dari oven dan olesi atasnya dengan butter. Sajikan!



Memulai membuat roti itu memang malas segalanya. Saya pribadi sampai bosan karena terlalu sering membuat roti. Jadi, pagi-pagi memang diniatkan sekali supaya nggak keburu terpikir malasnya..hehe. Kalau sudah proses manggang dan ambil gambar, suka dan senang melihat hasilnya. Kalau ada yang rebake dan berhasil, lebih bahagia lagi. Semoga resep-resepnya bermanfaat, ya buat teman-teman. Ketika telah berkeluarga dan memiliki anak, ada rasa puas ketika berhasil membuat suatu hidangan dan disukai orang. Benar begitu? Tapi, usaha kadang nggak cukup sekali. Biarlah saya saja yang tahu berapa kali saya gagal membuat roti, baik karena keras, gosong, nggak mateng dan macam-macam.


Semoga teman-teman yang pengen banget bikin roti bisa berhasil, ya! Happy baking…

24 comments:

  1. Buat makanan terus mbak muyas..
    enak nih kalo jd tettangganya, sering mampir hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..iya, ada anak libur soalnya, dia suka bingung nyamil2 :D

      Delete
  2. Wow ksukaan aku banget nih Matcha Greentea, kapan ya bisa bikin heheh

    ReplyDelete
  3. bisa ditunjukkin istri ini, sekarang ini lagi senang banget buat roti

    ReplyDelete
  4. Roti matcha green tea, jadi lapar.
    paling doyan nih sama roti apalagi isinya cokelat. Enak kali ya kalo dapat bagian roti buatan mbak muyas. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, boleh-boleh asal ambil di tempat yaa.. :D

      Delete
  5. ih pinter suh bikinnya, aku paling suka lihat orang bisa masak, soalnya aku gak bisa masak , masak paling untuk makan sehari2 saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah, makasih mbak. Sebenarnya sy juga bisanya ini2 aja sih..hehe

      Delete
  6. Rotinya menul-menul menggoda mbak.
    Kalau suhu ruang kurang hangat, bisa pakai trik saya nih mbak. Wadah adonan tumpangin atasnya magic com, dijamin cepet deh. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, benar juga yaa mbak, kemarin saya taruh di atas oven yang nyala juga biar anget..pusing klw nggak ngembang euy.. :D

      Delete
  7. wow.. menggoda sekali.. apalagi di tambah dengan segelas teh hangat...
    ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pastinya cocok dinikmati saat hujan seperti sekarang ya..terima kasih sudah berkunjung.. :)

      Delete
  8. Wah sepertinya lezat mbak muyass, boleh ni cicipin? waw

    ReplyDelete
  9. duhh mba itu foto rotinya menggugah selera banget..pagi-pagi gini baca postingan mba jadi laper hehehe.
    saya gak punya oven mba..minta bikinin mba aja lah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..ayu main ke rumah mbak, nggak usah make oven. langsung makan aja yuk.. :D

      Delete
  10. Ini kayak roti manis ya mba.. itu foto roti nya perfect banget deh, ga ada bantet-bantet nya :O enak buat jadi temen minum teh pas musim hujan ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, roti manis isi coklat..cobain yuk :)

      Delete
  11. Kalo bikin roti sendiri blm prnh, krn takut bantetlah, gagal, trs ngerasa sa yang ama bahan2nya hihihi :p. Pdhl papaku pengusaha bakery :D. Tp bakat bikin roti nya blm menurun ke aku sepertinya :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, hebat banget mbak, rugi lho nggak mau coba bikin :D

      Delete
  12. Wajah rotinya menarik sekali.. Apalagi kalau masih sedikit hangat 'fresh from the oven' sore-sore sambil minum teh.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, benar sekali, roti keluar dari oven itu menggoda :D

      Delete