Resep Donat Empuk NCC

Monday, September 11, 2017

Resep Donat Empuk NCC


Assalamualaikum…Alhamdulillah bertemu lagi dalam resep saya ya, he. Kali ini saya mau berbagi resep donat empuk tanpa kentang yang milky, lembut, enak, mudah dan kalau saya bilang sih ini udah anti gagal lho.

Yakin anti gagal? Iya, jadi dulu sebelum kenal resep ini, saya sering banget gagal buat donat. Kadang donatnya keras, mentah di tangah, nggak mengembang bagus dan bantat. Setelah mencoba pertama kali, saya sudah langsung…..salah takaran. Hehe. Iya, awalnya saya mau buat setengah resep saja, semua bahan ditimbang dengan setengah resep. Saat masukin susu, ternyata saya justru memasukkan satu resep. Kebanyangkan lembeknya.


Jadi, saya galau antara mau melanjutkan atau dibuang saja. Soalnya yang dulu-dulu, takaran benar aja masih salah (bukan salah resepnya ya). Apalagi yang jelas salah takarannya. Tapi, karena sayang, akhirnya saya tambahkan terigu. Dibuat dengan takaran tidak jelas, tapi alhamdulillah berhasil. Yess! Senang sekali rasanya.


Setelah kejadian itu, saya selalu berhasil membuat donat dengan resep ini. Kuncinya takaran harus pas, uleni sampai kalis elastis, kalau tidak biasanya hasilnya nggak bagus.


Bahan:

250gr terigu protein tinggi seperti cakra

2 kuning telur

1 sdt ragi instan

50rg gula pasir

120ml susu dingin (aslinya mix air es dan susu)

1 sachet susu bubuk (aslinya 15gr)

50gr margarin atau butter

Sejumput garam


Cara membuat:


  • Campur semua bahan kecuali margarin dan garam. Uleni sampai rata. Lalu masukkan margarin dan garam, uleni sampai kalis elastis.

  •  Diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit. Jangan lupa tutup atasnya dengan lap bersih.

  • Tinju adonan untuk membuang udara. Lalu bagi-bagi sesuai selera. Bulatkan dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Kemarin saya buat ukuran kecil 15gr dan separuhnya ukuran besar.

  • Goreng donat dengan api kecil saja, ya. Goreng dengan sekali balik supaya tidak banyak menyerap minyak. Nanti bakalan keluar cincin putihnya yang cantik.

  • Tiriskan dan sajikan dengan taburan gula halus, selai di tengah atau mesis.

Resep Donat Empuk NCC



O ya, kemarin saya goreng separuhanya saja. Karena terburu-buru, akhirnya saya masukkan adonan siap goreng dalam kedaan ditutup lap bersih ke dalam kulkas. Besoknya baru saya goreng lagi setelah sebelumnya saya diamkan sampai suhu ruang. Alhamdulillah, hasilnya tetap cantik dan empuk.


Wajib coba nih bagi yang kemarin bilang nggak bisa bikin roti karena nggak ada oven. Nggak ada roti, donat pun jadi. Bisa bayangin kerjaannya bikin roti dan donat hampir setiap hari? Kalau nggak dikira jualan ya dikira roti. Iya, saking seringnya bikin,  wajah jadi mirip roti yang menul-menul itu..hehe. Happy baking ya, mom!


Pakai Satu Telur Tetap Oke


Setelah beberapa kali membuat, saya mencoba mengurangi jumlah kuning telur yang dipakai. Hasilnya tetap bagus dan lebih mudah dibentuk. Bagi yang ingin mengurangi jumlah kuning telur dalam resep donat empuk NCC, sangat bisa dicoba, kok tanpa perlu takut gagal.

Untuk susu cair juga bisa diganti dengan air dingin. Hanya saja jadi kurang milky jika pakai air saja. Soal empuknya, iyess, tetap empuk dan enak. Yang penting kita uleni sampai benar-benar kalis supaya donat mengembang sempurna.

Saya lebih suka membuat atau mengulen dengan mixer karena hasilnya lebih maksimal meskipun harus sabar sering mematikan mesin jika dirasa sudah cukup panas. Harus sabar juga nungguin sampai mixer-nya adem barulah digunakan kembali.

Perjuangan banget bikin roti dan donat begini...hehe. Butuh sabar, atau kalau nggak sabar ya sekalian beli aja biar praktis :D
Salam hangat,

Comments

  1. Adonan ini kl di baking jg bisa jd roti y?

    ReplyDelete
  2. Insya Allah bisa mbak. soalnya saya kalau buat roti juga resepnya mirip. Cuma nanti proofingnya satu jaman setiap proofing..

    ReplyDelete
  3. Saya juga sukaa bikin donat..

    kadang kalau telur gak ada ya gak pakai telur, hanya pakai airnya yg hangat. Hasilnya juga enak dan lembut��

    ReplyDelete
  4. Mbak thanks resepnya ya. Oiya NCC artinya apa? Apa bisa kalau susu dingin diganti susu kental manis? Trims mbak

    ReplyDelete
  5. Iya mbak, sebenarnya kuncinya pas ngulennya harus sampai kalis elastis, kalau kata yang lain begitu. Roti tanpa telur juga bisa empuk... :)

    ReplyDelete
  6. Natural cooking club, mbak. Insya Allah bisa, campur saja susu kental manisnya dengan air sampai takarannya sama. pakai air saja juga bisa...kan sudah ada susu bubuknya juga..

    ReplyDelete