Resep Sosis Solo

Sunday, September 17, 2017

Assalamualaikum. Gimana kabarnya hari ini, Teman-teman? Semoha harimu menyenangkan, ya. Alhamdulillah, setiap hari Ahad, ada posting rame-rame di cookpad dengan tema yang telah ditentukan. Nah, tema hari ini adalah risoles dan kawan-kawannya. Bisa lumpia, sosis solo dan apa pun teman serta sahabat dan kerabatnya Si Risoles…he.

Kali ini saya buat sosi solo. Ada yang kurang familiar dengan sosis solo. Dikiranya risoles. Atau kalau dengar kata sosis, bayangannya pasti kabur ke sosis yang sering disantap dan disukai anak-anak.

Hmm, tapi ini bukan risoles atau sosis yang itu. Ini salah satu jenis makanan tradisional yang mirip banget sama risoles. Tapi, isinya bukan kentang dan wortel yang ditumis, melainkan daging ayam yang dihaluskan ditambahkan bumbu dan rempah sehingga hasilnya enak, legit karena agak manis juga, dan pastinya bikin nagih karena gurih disantap sama cabai hijau yang pedas. Ah, siapa mau nolak makan gorengan kayak gini, sih?


Biasanya saya beli jadi, tapi sekarang coba buat sendiri dan alhamdulillah bahkan lebih enak ini daripada biasa saya beli (muji diri sendiri...he). Isian yang saya suka manis tapi tidak terlalu manis dan gurih. Kalau terlalu manis jadi eneg. Dan saat membuat sendiri kita bisa sesuaikan dengan selera kita. Enaknya bikin sendiri, bisa lebih hemat, tapi dapat porsi banyak. Bisa memilih juga bahan yang sesuai sama selera dan pastinya berkualitas. Terjaga kebersihannya, dan yang pasti bisalah sekalian ngajak anak-anak membantu supaya mereka juga tahu cara membuatnya :)


Isian ayam dalam sosis solo itu bisa dicincang halus atau bisa juga dihaluskan. Nah, kalau saya karena yang makan anak-anak juga, maka saya lebih suka menghaluskan isiannya supaya anak-anak juga nggak kesulitan saat mengunyah. Maklum ada bayinya..he.


Bahan kulitnya saya pakai resepnya mba Diyah Kuntari di cookpad. Lumayan mulus dan minim robek. Sebisa mungkin kulitnya dibuat tipis ya supaya tidak gampang pecah saat kita beri isian.


Langsung aja yuk kita coba buat,


Bahan kulit:

130gr terigu serbaguna

325ml air

2 butir telur

Sejumput garam

2sdm minyak goreng


Bahan Isian:

1 pasang dada ayam, ambil dagingnya

5 siung bawang merah

2 siung bawang putih

1/4sdt ketumbar

Sedikit merica bubuk

½ bulatan kecil gula merah

Secukupnya gula pasir

Secukupnya garam

1 bungkus kecil santan kara

50ml air


Bahan pelapis:

1-2 butir telur, kocok lepas atau boleh pakai putih telur saja

Cara Membuat:

·         Bahan kulit; campur semua bahan kecuali minyak. Aduk rata sampai tidak bergerindil. Kalau perlu disaring.

·         Masukkan minyak dan aduk sampai licin.

·    Panaskan teflon, tuang satu sendok sayur ke dalam teflon dan putar teflon sampai rata dan tipis. Diamkan sampai pinggirannya mongering. Angkat. Lakukan sampai adonan habis.

·       Bahan isian; rebus daging ayam, haluskan dengan chopper boleh juga disuwir. Sisihkan.

·     Haluskan bumbu, tumis dengan api kecil supaya bumbu matang. Masukkan air dan santan. Bumbui dengan garam, merica bubuk, gula pasir dan gula merah. Tes rasa.

·      Masukkan ayam yang telah dihaluskan. Aduk sampai mengering dengan api kecil supaya tidak gosong.Angkat dan sisihkan.

·       Ambil satu kulit risol. Beri isian 1-2sdm ayam. Gulung rapi. Lakukan sampai adonan selesai.

·       Ambil 1 butir telur dan kocok lepas. Celupkan risoles dan goreng sampai keemasan.



Gampang ya ternyata membuatnya…yuk ah, kita coba buat sebagai camilan bergizi untuk anak-anak di rumah. Selamat mencoba J


Comments

  1. khasnya ada di isisan itu ya mbak? Kalau diganti isi seperti sayur bisa? Maksudnya apakah masih khas sosis solo kalau isinya menggunakan ragout sayur?

    ReplyDelete
  2. Mbak, bisa pakai ayam giling aja nggak..?

    ReplyDelete
  3. Mungkin akan jadi risoles biasa ya mba kalau isiannya sayur...tapi keduanya sama enaknya.. :)

    ReplyDelete
  4. Bisa aja mbak pakai ayam giling...insya Allla hasilnya tetap sama kok. Kadang isiannya tidak harus ayam halus bisa juga dicincang sesuai selera saja mbak Dian... :)

    ReplyDelete