Sup Udang Brokoli, Cocok Untuk Anak Batuk Pilek

Monday, November 14, 2022

Sup Udang Brokoli, Cocok Untuk Anak Batuk Pilek
Sup boleh ditambahkan sayuran lain (Photo by Elena Leya on Unsplash)


Drama batuk pilek belum juga usai. Lebih sering memang dialami oleh si bungsu yang masih 7 tahun. Masih beradaptasi dengan virus setelah sekian lama ada di rumah selama pandemi. Apalagi anak-anak memang jarang main ke luar, jadilah interaksi dengan anak-anak lain memang sebatas hanya di sekolah.


Setelah minggu lalu muntah-muntah hebat seharian dan demam tinggi sampai 39,9 C. Nggak sampai seminggu sudah kena common cold lagi. Alhamdulillah nggak sampai demam dan semoga nggak demam lagi. Rasanya kayak pengin bilang capek banget, tapi takut sama Allah :(


Soal obat-obatan dalam bentuk sirup yang dilarang, nggak terlalu berpengaruh besar bagi saya dan anak-anak. Alhamdulillah, mereka bisa beradaptasi cepat dengan minum tablet paracetamol ketika demam. Tinggal dipotek aja ketika mau diminum disesuaikan dengan berat badan. Untuk anak dengan berat badan 10kg bisa pakai ¼ tablet paracetamol 500 mg. Untuk anak 20kg bisa pakai ½ tablet. Untuk aturan di kemasan obat biasanya disesuaikan dengan usia, tapi setiap anak dengan usia yang sama pasti punya berat badan berbeda. Jadi, memang sudah semestinya takaran obat disesuaikan dengan berat badan.


Informasi dosis paracetamol tablet ini saya dapatkan dari Instagram dr. Piprim Basaroh. Sebelumnya, saya sudah memberikan anak-anak obat penurun panas dalam jumlah yang sama pada si bungsu dan sulung. Alhamdulillah, nggak keliru :D


Soal obat batuk dan pilek, sejujurnya sampai sekarang saya nggak percaya dengan obat-obatan tersebut. Karena yang benar-benar bisa menolong mengencerkan dahak ya cairan. Bukan karena saya anti obat, tapi memang sudah disampaikan juga oleh beberapa dokter yang RUM soal ini. Obat-obatan yang berlebihan meski aman, tetap saja ada efek sampingnya. Kalau diperlukan dan memang jelas bermanfaat, nggak apa-apa, tapi kalau sudah overtreatment demi menenangkan orang tuanya sendiri, gimana dong?


Resep Sup Udang Brokoli

Sup Udang Brokoli, Cocok Untuk Anak Batuk Pilek
Photo by Louis Hansel on Unsplash

Karena nggak tahu mau masak apa, jadilah kepikiran buat masak sup udang ini. Supnya bening, gurih dari udang tanpa MSG, juga menyehatkan karena ditambahkan brokoli. Jika teman-teman punya udang segar, jangan terlalu lama disebus supaya nggak alot. Namun, jika udang yang dipakai nggak segar, boleh direbus bersamaan dengan brokolinya. Sekalian biar keluar kaldu gurihnya juga.


Bahan-bahannya mudah dan ini asli enak seger gitu, lho :D *jadi ngiler sendiri…kwkwk. Kebetulan si adek memang suka udang, jadi nggak masalah makan sup ini dengan nasi hangat. Lahap!


Bahan:

¼ udang segar, kupas bersih

Secukupnya brokoli

1 siung bawang putih ukuran besar, geprek

1 batang selederi, simpulkan

Secukupnya merica, gula, dan garam


Cara membuat:

1. Bersihkan udang, cuci sampai bersih. Jika udangnya berukuran besar, boleh dipotong-potong.

2. Bersihkan brokoli dan rendam dalam air garam. Kemudian cuci bersih.

3. Panaskan panci, tumis bawang putih geprek sampai harum.

4. Tambahkan air. Tunggu sampai mendidih. Boleh juga dimasukkan udangnya di tahap ini, ya.

5. Masukkan udang dan brokoli. Tambahkan daun seledri.

6. Bumbui dengan merica, gula, dan garam.

7. Rebus sebentar sampai semua matang.

8. Sajikan sup udang brokoli dengan nasi hangat. Yummy!


Kebetulan nggak ambil fotonya langsung karena malas foto-foto…kwkwk. Si bungsu lahap banget makannya. Karena dia memang suka dengan udang dan brokoli. Tapi, kalau kakaknya nggak suka udang, jadilah nggak akan disentuh walau kita sebut enaak. Ada yang begini juga anaknya?


Ketika sedang common cold begini, makannya butuh yang hangat-hangat, berkuah biar enak di tenggorokan, dan minim minyak. Jadi, makan sup udah yang paling tepat menurut saya. Jika tidak suka udang, coba bikin sup ayam. Gunakan ayam kampung atau pejantan supaya kaldunya gurih sedap. 


Jika anak tidak mau makan nasi, coba ganti dengan jenis karbohidrat lain seperti kentang, pasta, dan sebagainya. Jangan berharap anak banyak makan ketika sakit, asal masuk cairan yang cukup dan makan cukup, insya Allah aman. Nanti, setelah sehat, dia akan lahap sendiri, kok.


Salam hangat,


Comments

  1. saya suka sekali sengan sup dan brokoli wah ini sih enak banget buat orang dewasa juga sehat pula hehe. kebetulan keponakan suka sekali dengan brokoli niy mba Muyas, kalau bapil memang sama mamanya suka dikasih sop seperti ini campuran sayur-sayuran

    ReplyDelete
  2. suka banget kalau dapat menu simpel kayak ginii.. auto catet di buku resepku nih mba.. pas banget, anakku suka sayur pohon ( brokoli, hehe ) dan udang...

    ReplyDelete
  3. Makasih ya resep menunya. Mau cobain ah,soalnya musimnya lagi pancaroba gini ya,sebentar hujan,sebentar panas ya.

    ReplyDelete
  4. hyaaa anak-anakku ogah makan udang, padahal emaknya suka banget sih.. jadi pengen coba buat juga nih sup udang brokolinya, apalagi pas dimakan hujan-hujan dan saat flu ya, duuh jadi nafsu makan pasti ini ;)

    ReplyDelete
  5. Anakku batuknya gak sembuh-sembuh. Masalahnya gak suka sayur. Huhu... Tapi coba deh bikin sup brokoli ayam, minimal mau makan sama supnya biar tenggorokan selalu hangat. Suka kasihan kalau malah batuk-batuk dan hidungnya mampet. Apalagi anaknya susah banget kalau suruh ingusnya di keluarin.

    ReplyDelete
  6. Ya ampun, aku suka udang, tapi alergi. Gimana dong, Mbak Muy? Tanggung jawab, hayooo.. kwkwkwkw.. *dijitak nih
    Btw, cepet sembuh ya, Bungsu sayang. Kamu harus cepet sehat, Nak, biar Bunda Muyas ceria dan bisa fokus berkarya lagi. Aamiin.

    ReplyDelete
  7. Cocok nih buat Hillyah yang langganan batuk pilek. Kebetulannya lagi, Hilyah suka banget dengan udang meski kalau brokoli kadang-kadang aja sukanya. Next, resep ini bakal dieksekusi, deh.

    ReplyDelete
  8. Simple ya menunya, Mbak. Boleh nih dicoba buat anak2 yang juga lagi kena common cold. Setelah tahu tentang RUM jadi gak dikit2 kasih anak obat, apalagi kalau sakitnya batuk pilek emang gak butuh obat ya? Eh kalau kata dokter Apin obatnya cukup Sabar dan gendong aja, jehe

    ReplyDelete
  9. Enak banget ini pastinya. Dan simpel banget buatnya. Yang pasti bikin tambah sehat dong yaa. Semoga kita semua sehat sehattt

    ReplyDelete
  10. Wah sama dengan si kecil nih kak, kalau demam sukanya yang hangat hangat. Btw, info ini sangat membantu kak, suka bingung kasih apa kalau anak demam. Semenjak pemberitaan obat sirop dilarang. Paracetamol tablet aja ya kk

    ReplyDelete
  11. Ah, iya ya brokoli bakalan cocok ama udang. Dijadikan sup brokoli udang. Pasti enak banget ini. Bagus juga ya buat ngatasin bapil anak. Berhubung agak takut ngasih obat sirup karena kasus gagal ginjal kemarin better kasih makanan sehat sih. Trims idenya Mba

    ReplyDelete
  12. Wahh resepnya bisa disimpen nih karena saya suka banget olahan udah, terutama jika udang digoreng.
    Tapi bujang saya nggak suka udang, sering gatal-gatal setelah makan udang katanya.

    ReplyDelete
  13. Resepnya simpel sekali nih, auto noted dan next time mau bikinin juga untuk anakku, thank u resepnya mba

    ReplyDelete