Resep Sandwich Isi Mentimun

Friday, August 13, 2021

Resep sandwich isi mentimun
Sandwich isi mentimun


Sudah masuk level berapa nih PPKM-nya? Nggak terlalu ngeh dan mengerti soal level-level PPKM, yang jelas, kondisi Covid-19, terutama di bulan Juli kemarin rasanya amat mengerikan. Sebaik-baiknya kasus turun di Jakarta saat ini, jumlahnya masih 2x lipat tahun lalu saat baru pandemi. Bagaimana dengan kondisi teman-teman? Sehat-sehat semua, ya *peluk dari jauh.


Kalau soal diminta tetap di rumah, saya juga sangat manut, kok dengan anjuran pemerintah. Bahkan waktu bulan Juli kemarin, sempat 2 minggu benar-benar nggak keluar rumah karena sudah belanja bahan makanan lebih dan nggak ada alasan untuk keluar lagi. Bisa benar-benar sampai 2 mingguan. Bangga banget masyaallah sama diri sendiri…kwkwk *LOL


Namun, ternyata ada saatnya benar-benar merasa bosan dan jenuh. Pokoknya jenuh saja secara tiba-tiba dan nggak tahu mau ngapain. Mungkin itulah yang dirasakan juga oleh si bungsu waktu kakaknya sekolah, sedangkan dia nggak ada teman main lagi.


Kalau sudah jenuh, mau jalan keluar rumah parno, tetap di rumah pun nggak tahu mau ngapain. Ada yang ngalamin juga? Bayangkan, sudah hampir dua tahun kita masih ada dalam kondisi pandemi. Luar biasa, ya? Karena izin Allah, kita masih bertahan sampai sekarang. Benar-benar kondisi yang nggak mudah bagi hampir semua orang.


Bersyukur, punya banyak kegiatan yang bisa saya kerjakan dari rumah. Sangat membantu mengobati rasa jenuh akibat selalu di rumah dan kurang berinteraksi dengan orang lain. Mau nggak mau, jenuh itu pasti ada. Mau sesabar apa pun di rumah, pasti tiba-tiba ada rasa bosan. Diapain kalau sudah begini? Dijalanin sampai hilang :D


Tahun ini, Allah ngasih rezeki kepada saya lewat menggambar. Jadi, kegiatan yang biasanya ngeblog dan menulis saja, sekarang lebih padat karena mesti ngerjain ilustrasi. Dengan banyak kegiatan, kadang bikin happy, tapi kadang bikin jenuh kalau sudah capek. Namanya manusia, ya? Nggak mau sok selalu baik-baik saja…kwkwk.


Kalau sedang longgar, saya sering bikin camilan untuk anak-anak. Paling sering memang bikin roti, karena sudah ngerasa ahli daripada bikin cake…kwkwk. Selama ini, masih merasa kurang mahir setiap kali membuat cake, terutama kalau harus ngaduk pakai teknik aduk balik yang nggak bisa pakai kekuatan otot, tapi mesti pelan, santai. Namun, karena agak deg-degan, malah yang ada sering bantet...huuuaaa. Nggak paham, sering begini walau rasanya tetap enak dan manusiawi, tetap saja sedih kalau hasilnya gagal :(


Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan

Resep Sandwich Isi Mentimun


Ada yang suka makan mentimun untuk lalapan? Saya juga suka karena mudah disantap tanpa perlu dimasak. Kalau Ibu, sering dibuat sayur bening untuk menurunkan tekanan darah. Saya yang nggak punya hipertensi juga senang makan sayur bening mentimun dicampur bayam karena rasanya lebih segar. Atau bisa juga ditumis. Hmm, jadi lapar!


Selain itu, adakah yang tahu manfaat mentimun buat kesehatan? Kita ulas bersama, yuk!


  • Mentimun dapat mengurangi kadar gula sebagaimana disebutkan dari American Diabetes Association karena mentimun tidak mengandung tepung. Selain itu, mentimun juga diketahui dapat mengurangi risiko komplikasi akibat diabetes.
  • Serat yang terdapat di dalam sayuran, termasuk yang terkandung dalam mentimun juga berguna untuk menjaga kesehatan jantung. 
  • Kandungan vitamin K yang ada di dalam mentimun bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang. 
  • Kandungan air serta serat di dalam mentimun bisa membantu melancarkan pencernaan. Makanlah sayuran yang banyak supaya pencernaan kita sehat :)


Ternyata banyak sekali manfaat mentimun bagi kesehatan. Tapi, sebagian besar anak-anak malas sekali makan mentimun karena rasanya memang nggak seenak brokoli atau bayam. Belum lagi teksturnya memang agak lebih keras saat dikonsumsi mentah.


Nah, kali ini saya mau berbagi resep sandwich isi mentimun yang segar sekali. Resep asli saya dapatkan dari Cookpad. Waktu itu saya recook dari resep Akari Papa. Ada bahan-bahan yang saya ubah sesuai stok di rumah. 


Untuk adonan rotinya, saya pakai resep andalan dari NCC. Pakai dua kuning telur akan jauh lebih lembut dan padat rotinya dibanding pakai 1 kuning telur. Nggak pakai pelembut, sudah lembut alami asalkan ngulennya dengan baik dan benar. Ingat, pakai hati, ya bikinnya…kwkwk. 


Resep adonan rotinya bisa teman-teman baca di sini. Sedangkan untuk isiannya, ini resepnya,


Bahan:

Mentimun, secukupnya

Mayonnaise, secukupnya

Yogurt, secukupnya

Sedikit blackpaper bubuk

Sedikit garam


Cara membuat:

  • Iris tipis mentimun. Kalau mau, buang saja bijinya. Saya pakai mentimun kecil yang biasa untuk lalapan. 
  • Campurkan dengan sedikit garam, kemudian remas-remas sampai keluar airnya. Cuci bersih dan tiriskan.
  • Campur dengan bahan sisa. Karena kemarin saya nggak punya yogurt, akhirnya dicampur dengan sedikit susu kental manis. Rasanya tetap enak dan segar. Tapi, lebih segar pakai yogurt, ya. Sedangkan untuk mericanya, kemarin saya ganti dengan merica bubuk biasa karena nggak ada blackpaper.
  • Belah roti dan berikan isian sesuai selera. Sajikan.


Voila! Sandwich rumahan ala Jepang sudah jadi. Asli ini enak banget dan tetap cocok buat anak-anak. Anak-anak di rumah nggak ada yang doyan makan mentimun, tapi waktu dibuatkan sandwich ini, mereka habiskan dong :D


Resepnya sangat simple. Mungkin yang lama bikin rotinya. Tapi, kalau bikjn roti sendiri, benar-benar jadinya puas saja daripada harus beli jadi.


Kalau sudah mulai masuk sekolah, kita bisa bikinin bekal sekolah berisi sandwich isi mentimun ini. Atau pengin juga dong piknik ala-ala…kwkwk. Kapan dong pandeminya berlalu? Gimana, mudah sekali resepnya, kan? Rugi kalau nggak mau nyoba karena asli seger banget *Yes, sales roti :D


Salam hangat, 


Comments