Resep Membuat Kue Lumpur Tanpa Oven

Tuesday, June 15, 2021

Resep Membuat Kue Lumpur Tanpa Oven
Yuk, sajikan kue lumpur tanpa oven di rumah (Photo: Asianfoodnetwork.com)


Saya senang memasak atau membuat kue, terutama selama pandemi. Kemudahan mencari informasi di dunia maya, termasuk mencari resep yang mudah dicoba, menjadikan saya semakin rajin menyajikan makanan di meja makan. Iya, masak sendiri itu lebih nyaman dalam kondisi seperti sekarang. Selain lebih terjamin kebersihan serta bahan-bahannya, aktivitas ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk menghilangkan kebosanan. 


Males di rumah terlalu lama, tapi mau keluar rumah juga parno. Akhirnya, saya melakukan banyak hobi lama, termasuk nge-baking. Sekalian ajak anak-anak juga biar terhibur. Agak riweh memang kalau mau masak bareng mereka, tapi happy banget apalagi kalau mereka ikut senang dan menikmati juga.


Dapur jadi berantakan? Itu salah satu risikonya…hihi. Ajak anak-anak juga untuk membantu membereskan. Mereka akan dengan senang hati membantu, kok asal kita mau ngasih kesempatan. Dan inilah yang saya terapkan kepada anak-anak. 


Salah satu peralatan yang diperlukan bagi yang suka bereksperimen di dapur untuk membuat kue adalah oven. Dengan oven, akan memudahkan kita membuat berbagai macam kue yang bisa dinikmati sendiri maupun dijual. 


Misalnya, saya sering membuat roti sendiri, entah itu roti tawar atau roti manis isi berbagai macam selai. Bikinnya nggak terlalu sulit, kok. Butuh lebih sabar saja karena mesti proofing hingga beberapa kali untuk menghasilkan roti yang lembut.


Biasanya, anak-anak ikut bantu membentuk adonan roti menjadi bentuk yang mereka inginkan. Saya bebaskan mereka dan dengan senang hati saya berikan sebagian adonan supaya mereka senang bisa dapat bagian ‘membantu’ sambil bersenang-senang. 


Selain roti, saya juga senang membuat bolu pakai oven. Pokoknya, oven ini berguna banget karena banyak sekali jenis kue yang bisa kita buat di rumah. Termasuk juga kue kering yang biasa menghiasi meja tamu saat lebaran dan nggak bisa mudik seperti dua tahun terakhir.


Baking Tanpa Oven, Bisa Nggak, ya?

Resep Membuat Kue Lumpur Tanpa Oven
Ada banyak resep kue tanpa oven yang bisa kita coba (Photo by Kristina Tripcovic on Unsplash)


Akan tetapi, bagi pencinta kue yang tidak mempunyai oven di rumah, tidak perlu khawatir. Masih ada banyak varian kue yang bisa dibuat tanpa menggunakan bantuan oven dan cukup menggunakan rice cooker ataupun kompor yang ada di rumah. Terutama untuk ibu-ibu muda yang baru menikah dan belum jago nge-baking. Nggak perlu khawatir nggak bisa bikin kue, karena memasak atau ngebaking nggak harus pakai peralatan mahal dan merepotkan. Cukup dengan perkakas yang ada di rumah saja dan manfaatkan dengan sebaik-baiknya.


Waktu awal menikah, saya juga nggak jago masak, kok. Malah serba nggak bisa apa-apa karena selain masih muda, saya juga nggak ada pengalaman sering masak sendiri selama masa sekolah. Di pesantren, kami tidak diperkenankan memasak sendiri karena khawatir membuat kami kehabisan waktu dan capek. Sedangkan aktivitas belajar padat banget selain sekolah formal.


Pas udah nikah, kayak nggak tahu apa-apa selain masak nasi pakai rice cooker…kwkwk. Sedangkan sosial media nggak semudah sekarang, apa-apa serba susah. Beli buku resep pun sering nggak jelas isinya. Selalu nggak berhasil pokoknya.


Namun, kita nggak boleh menyerah. Semua akan bisa karena terbiasa. Saya pun percaya meski lebih banyak nggak percayanya, terutama ketika melihat hasil masakan nggak ada yang bener…hihi. Sudah capek-capek bikin sesuai resep, kok hasilnya gini? Hiks. Sering banget ngalamin semua itu.


Seiring berjalannya waktu, akhirnya pinter juga, kok. Masih ingat juga pertama kali bikin roti dan berhasil, terharu banget dan bangga banget, lho. Sebelumnya, entah berapa kali gagal bikin roti. Padahal, ngulennya aja sudah sampai tengah malam, tapi ujung-ujungnya bantetlah atau malah nggak matang dengan sempurna.


Setelah berhasil, akhirnya berani nyoba lebih banyak resep lagi. Karena aktivitas lumayan padat, tapi mesti nyiapin sarapan serta bekal sekolah untuk anak, akhirnya lebih banyak nyoba resep-resep simpel yang nggak membutuhkan oven untuk proses memasaknya. Iya, cukup pakai Teflon, cetakan kue cubit, dll.


Resep Kue Tanpa Oven

Resep Membuat Kue Lumpur Tanpa Oven
Senangnya bisa ajak anak-anak membantu di dapur (Photo by Hannah Tasker on Unsplash)


Salah satu kue yang tidak membutuhkan oven untuk membuatnya adalah kue lumpur yang mempunyai rasa enak dan tampilan sederhana. Siapa yang nggak tahu kue lumpur? Biasanya, kue lumpur jadi kue wajib dalam acara hajatan dalam keluarga besar saya. Selain mudah dibuat, rasanya juga enak. lembut dan gurih.

 

Untuk membuat kue lumpur, kita hanya membutuhkan bahan sederhana, yaitu:

  • Gula pasir 250 gram
  • Telur 2 butir
  • Kuning telur 1 butir
  • Santan 500 ml
  • Tepung terigu serbaguna 250 gram
  • Kentang kukus 500 gram, lumatkan hingga halus
  • Margarin blueband 100 gram, cairkan terlebih dahulu
  • Vanili ½ sendok teh
  • Daun pandan 2 lembar, simpulkan
  • Kismis secukupnya untuk topping

 

Cara membuat kue lumpur tanpa oven:

  • Rebus santan terlebih dahulu. Tambahkan garam dan daun pandan. Aduk hingga mendidih dan angkat. Biarkan hingga dingin.
  • Kocok telur. Tambahkan gula, kemudian masukkan vanili.
  • Tuang santan pada adonan yang dibuat sedikit demi sedikit. Masukkan terigu dan kentang.
  • Aduk rata dan campurkan blueband yang telah dicairkan.
  • Panaskan cetakan dan olesi dengan margarin. Tuang adonan yang telah dibuat secukupnya saja.
  • Masak setengah matang, kemudian berikan topping berupa kismis.
  • Tunggu hingga matang dan kue lumpur siap dinikmati.

 

Resep membuat kue lumpur di atas mudah untuk diikuti karena mempunyai bahan dan peralatan yang sederhana. Untuk mendapatkan bahan tersebut juga sangat mudah, salah satunya bisa didapatkan dari TokoWahab yang merupakan distributor bahan kue online, sehingga menawarkan banyak sekali bahan yang bisa dipilih dan didapatkan. Mulai dari coklat lengkap, keju,  tepung, berbagai bahan topping, mentega dan banyak bahan kue lainnya.


Belanja Online Lebih Aman

Resep Membuat Kue Lumpur Tanpa Oven
Belanja online di masa pandemi lebih banyak diminati (Photo by Lucrezia Carnelos on Unsplash)


Teman-teman pasti setuju, jika belanja online sangat membantu terutama dalam kondisi pandemi seperti sekarang. Saya, selama dua tahun ini, benar-benar nggak pernah pergi ke pasar untuk sekadar belanja kebutuhan sehari-hari. Mending beli online jika berupa bahan-bahan kering seperti bahan-bahan kue, dll.


Buat saya, selain hemat waktu, juga hemat tenaga dan tentu saja jauh lebih aman. Jika teman-teman punya toko bahan-bahan kue, bisa banget belanja grosir di TokoWahab. Selain menjual bahan-bahan kue yang kita butuhkan, TokoWahab juga menjual peralatan kue, lho. Kerennya, bisa kirim ke seluruh wilayah di Indonesia.


Selain kue lumpur, ada banyak resep kue-kue tradisional tanpa oven. Misalnya kue cubit, kue cucur, bolu kukus, dll. Yuk, kita mencoba berbagai resep sederhana di rumah. Lumayan banget buat ngisi waktu kosong dan menghibur diri.


Salam hangat,


Comments

  1. ibu aku termasuk cukup sering bikin kue seperti ini, biasanya karena alasan praktis, misal buat dibawa ke pengajian atau pas ada acara disekitar rumah. karena bikinnya terlihat gampang aja

    ReplyDelete