Resep Mexican Coffee Buns

Sunday, March 14, 2021

Resep Mexican Coffee Buns


Udah lamaa banget nggak bikin Mexican Coffee Buns atau Roti Boy kw. Ini roti kesukaan suami. Kebetulan, karena kemarin tanggal merah dan Mas libur kerja, akhirnya bikin roti Boy biar bisa incip pas masih anget setelah keluar dari oven. Nggak nyangka, resep topping yang sekarang sangat pas, adonan topping-nya mulus di atas rotinya dan kres nyees manis nggak lebay. Ampun, gimana cara menjelaskan kalau roti ini enak beneran…kwkwk.


Untuk adonan rotinya saya pakai resep biasanya. Resep andalan dengan 2 kuning telur untuk 500 gram tepung terigu. Hasilnya empuk maksimal asal nguleninnya sampai benar-benar kalis, ya. 


Saya ngulen adonan roti pakai Re-Bread dengan 3x ngulen. Jadi. Klik tombolnya sampai 3x, ya. Hasilnya kalis banget. Untuk memanggang, saya tetap pakai oven listrik. Pengalaman memanggang roti pakai Re-Bread hasilnya kurang maksimal karena waktunya berbeda dengan oven listrik.


Jadi, sejauh ini saya hanya memanfaatkan Re-Bread untuk ngulen. Kemarin sempat memanggang kacang tanah juga pakai Re-Bread. Asik banget nggak harus ngaduk mulu di depan kompor. Itu pun masih ada gosong-gosongnya gitu, kan kalau di kompor. Pakai Re-Bread bisa merata dan terus mengaduk sendiri secara pelan-pelan, dikasih irisan bawang putih pun ikutan krispi maksimal. Rasa kacangnya jadi enak banget. Lebaran mesti ganti kacang yang digoreng dengan dipanggang. Lebih sehat, lebih tenang ngunyahnya *mohon maaf bukan endorse :D


Bikin Roti Pakai Tepung Apa?

Ada yang sering kesulitan membedakan jenis tepung terigu? Yups, tepung terigu itu jenisnya nggak hanya satu. Ada beberapa jenis, termasuk di antaranya tepung terigu protein rendah, protein sedang, dan juga protein tinggi.


Untuk membuat roti, sebaiknya kita pakai tepung terigu protein tinggi seperti merek Cakra yang paling gampang dicari. Sebagian bilang, nambahin tepung protein sedang sekitar 50 gram dalam adonan roti kita bakalan bikin rotinya jadi tambah empuk. Fakta atau mitos? Hehe. Dulu-dulu sering nambahin terigu protein sedang, tapi sekarang jarang banget karena nggak mau repot…kwkwk. Hasilnya kurang lebih sama saja.


Resep Mexican Coffee Buns 

Timbang bahan sesuai takaran dan lakukan prosesnya sesuai panduan yang telah saya tulis. Jika di kemudian hari ada adona bantet atau kurang bener, tentu saja itu bukan salah saya dong *nggak mau banget disalahin….kwkwk. Bercanda, ya :D


Pastikan saja ragi instan yang dipakai masih aktif dan ngulennya sudah benar sampai benar-benar kalis. Kalau ini dikerjakan dengan benar, harusnya rotinya empuk maksimal. BTW, resep topping-nya saya ambil dari resep Mbak Fitri Sasmaya yang di-share di Instagram.


Bahan adonan roti

500 gram terigu protein tinggi

90 gram gula pasir

2 sdt ragi instan

2 butir kuning telur

1 sachet susu bubuk

240 ml air dingin

90 gram butter atau margarin

½ sdt garam


Bahan Topping 

60 gram unsalted butter / margarin

50 gram gula kastor / saya pakai gula halus

1 butir putih telur (51 gram)

1 sdt nescafe, tambahkan 1 sdt air panas

½ sdt pasta moka/ saya pakai pasta vanilla :D

60 gram tepung terigu


Cara membuat:

  • Campur semua bahan roti kecuali margarin dan garam. Setelah dicampur rata, masukkan margarin dan garam, uleni hingga kalis elastis, ya. 
  • Diamkan adonan yang sudah kalis selama 30 menit. Jangan lupa tutup atasnya supaya tidak kering.
  • Bagi adonan menjadi beberapa bagian sesuai selera. Saya bikin roti seberat 50 gram. Bulatkan dan lakukan sampai adonan habis.
  • Beri isian berupa keju prochis spready. Nanti kejunya bakalan leleh  dan enak banget :D
  • Diamkan adonan yang telah diberi isian tadi selama 1 jam. Jangan lupa tutup bagian atasnya, ya.
  • Yuk, kita bikin topping-nya. Mixer gula dan margarin. Masukkan telur. Mixer hingga rata. Tambahkan kopi dan pasta moka. Terakhir, masukkan tepung terigu. Masukkan adonan ini ke dalam plastik segitiga. Ikat dan simpan di dalam lemari pendingin.
  • Setelah adonan mengembang 2x lipat, tambahkan topping di atas adonan rotinya. Bikin melingkar dan jangan terlalu banyak supaya tidak melebar ke mana-mana saat dipanggang.
  • Panaskan oven kurang lebih 10 menit sebelum digunakan. Panggang roti selama 15 menit dengan suhu 190’C atau sesuaikan dengan oven masing-masing, ya.


Resep Mexican Coffee buns


Voila! Hasilnya, sih keren banget, rata topping-nya, yummy, dan seenak itulah pokoknya :D Kalau ada roti yang masih sisa, kamu bisa simpan di dalam plastik supaya tidak kering. Ketika mau dimakan, hangatkan lagi dalam oven selama 10 menitan. Topping-nya bakalan krispi lagi nanti.


Enak banget, kan bisa bikin roti sendiri di rumah? Mau pergi dan jajan di luar juga males karena butuh banyak perisiapan kalau perlu pakai APD saking parnonya…haha. Nggaklah, ya. Nggak akan segitunya memang. Tetapi, was-was dan merasa lebih repot memang iya.


Kalau memang tidak mendesak, saya memilih di rumah aja, sih. Makan aja seadanya dan nggak usah kebanyakan gaya biar 'bahagia'. Karena kebutuhan kita sebenarnya relatif kecil, gayanya yang suka bikin ribet sendiri, gayanya selangit *kenapa jadi ceramah? Kwkwk.


Nggak mau coba resep ini? Bolehlah coba resep donat ekonomis atau bolu kering. Yuk, bisa, yuk dicoba, yuk. Supaya tetap waras meski hanya di rumah :D


Salam hangat,


Comments

  1. Ya, ampun Mba. Cakep banget sih hasilnya. Aku enggak telaten bikin roti seperti ini. Jadi penikmat saja... hehehe

    ReplyDelete
  2. Akhirnya postingan roti datang lagi, saya salah satu pengagum postingan roti-nya mba muyas...hehehe nanti re-cook ah

    ReplyDelete
  3. Pakai Re-Bread sama aja ya dengan BreadMaster, beda merk doaang kalai yaa? jadi pengen buat jugaa ahh, kemarin sempat buat tapi pakai mixer dan berasa berantem amaa mixernya deh, hihih

    ReplyDelete
  4. Itu Re-Bread merek alat buat ngulenin dan manggang roti? *kudet banget kan saya, pliss deh :D
    Saya klo bikin roti males banget nguleninnya, kalau cuma mikserin sih gak papa. *Alesan, padahal biar dikirimin.

    ReplyDelete
  5. Aku berasa cium aroma roti boy. Ini favorit banget nih. Tapi mau bikin gak ada mixer sama oven. Trus aku liat ini jadi pengen. 🙈

    ReplyDelete
  6. Yummy banget mbak. Aku penasaran ama Re-Bread nya mbak. Ntar mau kepo-kepo ah ama Re-Bread ini. Memang seru baking gini ya mbak, anak sulungku juga suka niy.

    ReplyDelete
  7. Mbak, jadi kebayang ini juga roti kesukaan anak-anak di rumah. Tapi aku kepo dengan Re-Bread iki mbak. Kirain ada gambar Re-Bread, kok nggak ada. Kalau pakai oven non listrik, apakah bedda hasilnya mbak?

    ReplyDelete
  8. Mba Muyas, akhirnya ku melihat wajahmu yang jelitaaaa hehehe. Duh cantik banget bunsnya ya Mba. Paling suka kalau mba Muyas share gambar gambar hasil bakingnya. Andai aku punya niat dan usaha pasti anak dan suami happy yaaa

    ReplyDelete