Top Social

Roti Sobek Pandan, Super Lembut dan Gampang Bikinnya!



Hari ini niat banget mau bikin roti pandan. Sudah berapa minggu seisi rumah sakit, jangankan bikin roti, mau masak aja malas…hehe. Alhamdulillah, hari ini semua sudah membaik. Bosan nggak ada kerjaan *sok ganggur, akhirnya keluarin mixer dan takar-takar bahan.

Kali ini bikin roti pakai resep ci Xanders. Ini saya buat versi pandan. Bahan yang nggak ada saya ganti seperti susu cair diganti dengan air, tetapi pada susu bubuk ditambahkan lebih banyak. Selain itu, saya tambahkan juga pasta pandan supaya lebih wangi.

Sebenarnya, awalnya saya ngiler berat melihat salah satu postingan di Instagram. Postingan itu berisi video penjual roti pandan kukus. Roti pandannya diisi mesis cokelat dan parutan keju super banyak, kemudian dikukus. Kebayang aromanya sampai ke rumah…kwkwk. Dan, akhirnya hari ini pun memberanikan diri bikin roti pandan supaya bisa ngerasain seperti apa yang sudah saya lihat sebelumnya. Hasilnya? Lembut dan enak banget!


Sayangnya, entah karena nggak fokus atau gimana, pas ngeluarin kaki mixer malah salah ambil kaki mixer buat ngaduk telur atau adonan cake. Tepung dalam baskom jadi berantakan. Adonan jadi naik. Hiks. Sampai di situ belum sadar juga kalau saya salah ambil kaki mixer. Hingga terbesit pikiran kayaknya mixer rusak deh…kwkwk. Dasar emak-emak, ya. Dirinya yang salah, malah nyalahin mixernya…haha.

Buat kamu yang penasaran dengan resepnya, silakan dicoba di rumah, ya!


Bahan:
450 gram terigu protein tinggi
50 gram terigu protein rendah (bisa pakai protein tinggi seluruhnya)
75 gram margarin
1 butir kuning telur
1 butir telur
225 ml susu cair (saya ganti air)
7 gram fermipan
110 gram gula pasir
15 gram susu bubuk (saya pakai satu sachet kecil)
Sejumput garam
Sedikit pasta pandan


Cara membuat:
1. Campur semua bahan kecuali margarin, garam, dan pasta pandan. Aduk sampai semua tepung tercampur rata.

2. Masukkan margarin dan garam. Mixer sampai rata baru kemudian masukkan pasta pandan.

3. Uleni sampai kalis elastis. Biasanya ditandai dengan adonan mengilap, tidak lengket, dan tidak mudah sobek ketika dibentangkan hingga tipis.

4. Diamkan adonan selama satu jam dan jangan lupa ditutup.

5. Kempeskan adonan dan bentuk sesuai selera. Boleh langsung kasih isian atau bisa diberi isian ketika sudah dipanggang.

6. Panaskan oven 10 menit sebelum digunakan. Panggang selama 15 menit atau sesuaikan dengan suhu oven masing-masing.

7. Keluarkan dari oven dan olesi permukaannya dengan margarin.

8. Sajikan bersama selai kesukaanmu!

Empuk banget...

Jangan lupa kasih selai cokelat atau selai favorit kamu

Voila! Roti sobek pandan buatanmu siap disantap bersama keluarga tercinta. Gimana, gampang banget sebenarnya bikin roti itu. Tapi, kadang persiapan dan prosesnya yang agak lama jadi bikin malas. Padahal, ketika baru keluar dari oven, aroma dan rasanya susah banget ditolak.

Yuk, ah bikin sendiri di rumah. Selamat mencoba semoga berhasil, ya!

Salam,
12 comments on "Roti Sobek Pandan, Super Lembut dan Gampang Bikinnya!"
  1. Waduh, pakai selai pula enaknyaaa T.T

    Karena dirumah ga ada oven, urusan perotian gini saya serahkan pada toko bakery mbak.. wahahahaha

    ReplyDelete
  2. Maaak nyoss... asli saya ngences.. alias perut langsung demo...., melihat lezat nya....kue ini

    ReplyDelete
  3. wah mba Muy ini emg perempuan hebat, selain aktif nulis gapeh jg buat makanan, seumur2 sy tuh blom pernah buat roti, tauknya beli jadi, moga2 bisa buat lah kan dh ada resepnya, cemunguttt eaaak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah...aamiin, semoga berhasil ya mbak..

      Delete
  4. Kyaaa keren mba Muyas. Kebetulan aku suka baking dan suka pandan :a

    ReplyDelete
  5. Huaa rotinya cantik .. contek resep ah kapan kapan bikin heheh

    ReplyDelete
  6. huaaa Mbak, saya juga pecinta roti, duuh lihat rotinya jadi ngences deeh.
    udah lama juga nih gak buat roti, lama gak ngebaking juga, mana sekarang mixernya rusak pula, huhuh *ehh malah curhat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu awal2 belajar saya ngulen pakai tangan, lumayan bikin kekar..haha

      Delete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature