Top Social

- Bermimpi, Menulis, Berbagi -

9 Trik Membuat Judul Artikel yang Menarik dan Memikat Hati Pembaca


Pernahkah kamu merasa jika membuat judul rupanya jauh lebih sulit ketimbang membuat isi artikel itu sendiri? Ternyata bikin judul yang menarik itu bukan perkara gampang, ya? Kita harus pintar-pintar membuat judul yang dapat memikat hati pembaca, nggak sekadar menarik saja, tetapi juga harus benar caranya.


Supaya kamu nggak bingung, terutama bagi yang baru saja belajar menulis artikel, beberapa trik ini bisa kamu coba sambil terus berlatih.

Bedakan Antara Topik dan Judul
Topik itu bukan judul, dan judul juga tidak akan menarik jika dibuat dari topik sebuah artikel. Keduanya adalah sesuatu yang berbeda. Tapi, ternyata banyak yang melakukan kesalahan pada poin pertama ini, lho.

Contoh:
a. Cara Meredakan Demam
b. Cara Memutihkan Kulit
c. Panduan Menulis Artikel

Beberapa contoh di atas merupakan sebuah topik dari beberapa artikel. Topik itu tidak layak dijadikan judul. Judul itu cenderung lebih menarik, mengandung perbedaan antara satu artikel dengan artikel lain yang memiliki topik yang sama. Judul biasanya menjabarkan isi, nggak bikin pembaca merasa samar ketika membaca judul artikelmu.

Kemudian perhatikan contoh berikut ini, ya.
a. 5 Bahan Alami yang Ampuh Redakan Demam pada Si Kecil
b. Ternyata 7 Bahan Alami Ini Efektif Putihkan Kulit dalam Waktu Singkat
c. 10 Trik Jago Menulis Artikel, Nomor 2 Sering Kamu Abaikan

Adakah perbedaan antara contoh pertama dan kedua? Sangat berbeda, ya? Pertama itu memuat topik, sedangkan pada contoh kedua memuat judul artikel yang kenyataannya memang lebih menarik.

Perbedaan keduanya bukan karena pendek dan panjangnya, ya. Tapi memang judul memuat nilai lebih ketimbang topic yang dijadikan judul. Gimana, masih bingung? Semoga nggak, ya. Kita lanjut poin berikutnya.

Berikan Manfaat dan Detail Lebih Banyak
Semua orang tentu ingin mendapatkan sesuatu ketika berniat membaca artikel. Misalnya manfaat apa sih yang didapat setelah membaca artikel itu? Kalau nggak ada gunanya mending nggak dibaca dong. Selain itu, orang juga butuh hiburan, inspirasi, solusi ataupun yang lainnya.

Nah, supaya judul kita menarik, sebaiknya kita sertakan poin lebih di dalamnya.
a. Tips dan Trik Menulis Buku, Mudah dan Cepat!
b. Tips dan Trik Menulis Buku Supaya Best Seller, Mudah dan Cepat!

Orang pasti akan mencari tips dan trik menulis buku supaya best seller dong ketimbang hanya sekadar bisa menulis buku saja. Selain itu, kamu juga bisa membuat nilai lebih dengan memuat detail atau poin-poin yang jauh lebih banyak daripada artikel yang sudah ada.

a. 11 Destinasi Wisata Paling Hits di Bandung, Nomor 2 Asli Bikin Mupeng
b. 21 Destinasi Wisata Paling Hits di Bandung, Nomor 2 Asli Bikin Mupeng

Yakin orang akan memilih judul nomor dua karena memuat lebih banyak destinasi ketimbang yang pertama. Sekali membaca, mereka akan mendapatkan informasi yang jauh lebih lengkap. Karena itu, coba kamu penuhi poin kedua ini ketika hendak membuat judul.



Baca Juga:


Judul yang memuat angka akan sangat menarik pembaca, lho. Terutama jika kita menggunakan angka ganjil. Angka ganjil menurut sebuah sumber dipercaya bisa menarik perhatian mata pembaca secara psikologis. Dan nyatanya sih memang sangat menarik, ‘kan?
Menuliskan angka dan daftar pada sebuah judul juga bisa membuat pembaca percaya bahwa artikel kita memuat deretan informasi yang mudah dipahami. Selain angka, kamu bisa menambahkan kata-kata ajaib setelahnya. Misalnya saja tips, alasan, fakta, rahasia, trik, inspirasi, ide, ataupun cara. 



Memiliki Keterikatan dengan Perasaan
Kenapa bawa-bawa perasaan? Ini ‘kan hanya menulis judul artikel? Nggak perlulah dibuat baper, ‘kan? Yess! Kamu memang benar, tapi pembaca juga akan membuka artikel kamu ketika kamu menuliskan sebuah judul yang mampu menarik perhatian, memiliki keterikatan dengan perasaan mereka, tetapi perasaan itu muncul alami, bikin takjub, bertanya-tanya, simpati atau empati, bukan malah merasa aneh.

a. 21 Deretan Film Terbaru 2018, Paling Keren!
b. 9 Cara Turunkan Berat Badan Tanpa Diet dalam Waktu 3 Minggu

Contoh pertama itu menimbulkan perasaan aneh. Seperti tidak penting, nggak ada gunanya banget pakai kata paling keren. Sedangkan contoh kedua benar-benar bikin penasaran, apalagi banyak banget perempuan pengen kurus tanpa diet..hehe. Karena itu kenali perasaan apa yang kamu inginkan muncul dari pembacamu.

a. Apakah rasa tidak percaya?
b. Apakah penasaran, bertanya-tanya sehingga pengen tahu banget?
c. Bisa jadi empati
d. Mungkin saja yakin atau kepastian
e. Dan khawatir sehingga mereka mau membaca artikelmu

Semua itu bisa kamu ciptakan dan buat sesuai dengan keinginan kamu. Gimana, masih pusing memikirkan judul? Kita lanjut poin berikutnya, ya!

Bikin Judul yang Enak Dibaca Mata dan Unik
Jangan takut bikin judul-judul yang unik, tetapi pikirkan itu haruslah enak dibaca, ya. Salah satu contoh mudah selalu saya dapatkan ketika membaca artikel-artikel di Hipwee. Kamu bisa menemukan judul-judul yang mereka buat nyatanya selalu unik, tapi enak banget dibaca. Mereka nggak takut bikin judul berbeda dari yang lainnya, tapi justru itu jadi ciri khas tersendiri bagi platform satu ini.

Buatlah Judul Berupa Pertanyaan yang Bisa Membangun Rasa Penasaran
Jangan takut ketika ingin membuat sebuah judul yang diawali dengan sebuah pertanyaan, justru itu bikin pembaca menjadi tertarik, penasaran dan bertanya-tanya, lho. Contoh mudah yang bisa kamu ambil seperti ini.

a. Kulit Kamu Masih Kusam dan Berjerawat? Mungkin 5 Hal Inilah Penyebabnya
b. Sudah Diet Ketat Tapi Berat Badan Nggak Turun-turun? Bisa Jadi 7 Kesalahan Ini Kamu Lakukan Tanpa Disadari

Kira-kira seperti itulah yang bisa kamu buat nanti, ya. Semoga kamu nggak semakin pusing memikirkan judul yang tepat untuk artikelmu nanti. Next!

Modifikasi Ide dari Judul-judul yang Sudah Populer
Selain harus terus berlatih, kamu juga bisa belajar membuat judul dari beberapa artikel yang sudah populer, yang terbukti menarik, yang klik di hati kamu, dan tentu saja yang wajar dan tidak aneh, ya?
Kamu bisa mengambil ide dari judul artikel lain, tapi pliss, kreatiflah sedikit, jangan sampai kamu ambil semua bagian judul yang telah dibuat orang lain, itu bukan gaya penulis, itu plagiat, dan itu dilarang.

Kamu bisa menirukan misalnya hanya pada kata ‘Tersembunyi’ yang kemudian kamu buat menjadi sebuah judul menarik seperti ‘Pulau Padar, Surga Tersembunyi di Labuan Bajo yang Bikin Traveler Betah’. Ya, cukup ambil satu kata saja, ya.

Bikin Judul yang Lebih Spesifik
Kita harus menentukan judul sesuai dengan target pembaca. Bikin judul yang lebih spesifik itu jauh lebih menarik daripada yang umum. Kamu bisa melihat contohnya seperti ini.

a. Panduan Traveling ke Bali dengan Budget di Bawah 2 Juta
b. Deretan Smartphone Keren Buat Kamu yang Suka Selfie

Nah, kira-kira sudah semakin jelas dan mudah, ‘kan membayangkan bagaimana meramu judul yang menarik dan benar?

Memberikan Sebuah Kepastian
Nah, poin terakhir yang perlu kamu buat ketika hendak menuliskan judul yang menarik adalah memberikan sebuah kepastian yang mana memang selalu pembaca harapkan ketika membaca sebuah artikel. Yap! Setiap pembaca, terutama yang tidak kamu kenal pasti ingin mendapatkan sesuatu yang mereka harapkan, misalnya saja mereka mencari artikel dengan topik menurunkan berat badan tanpa diet, itu mereka lakukan karena memang mereka butuh itu, mereka akan mencoba mempelajari dari artikel yang mereka harapkan bisa memberikan solusi.

Pembaca akan membaca artikel kamu bukan karena mereka ngefans, apalagi ingin jadi teman kamu, lho. Jangan GR, ya? Hehe. Karena itu, penting kamu membuat judul yang nggak menipu, bisa berupa judul yang memberikan durasi spesifik dan hasil spesifik.

a. Putihkan Kulit dengan Bahan Alami Ini Hanya dalam Waktu 7 Hari
b. Cara Meningkatkan Penghasilan Hingga 90% Tanpa Keluar Rumah

Dan yang perlu kamu ingat, berlatihlah terus sampai kamu merasa mudah melakukannya. Meskipun kamu tahu teori, jika kamu enggan berlatih, itu sama saja bohong. Bahkan penulis artikel profesional rela bikin judul lebih dari lima hanya untuk sebuah artikel yang mereka rampungkan. Bagaimana dengan kita yang katanya pengen belajar tapi mencoba saja enggan?

18 comments on "9 Trik Membuat Judul Artikel yang Menarik dan Memikat Hati Pembaca"
  1. wah ini kekurangan saya mbak, gak bisa buat judul post yang menarik, kadang malahan judul postingnya gak nyambung dengan artikel nya :D

    ReplyDelete
  2. Awal mula seseorang tertarik membaca suatu artikel krn membaca judulnya yg dianggap bisa memberikan solusi bagi permasalahan yg sdg dihadapi. Dan membuat judul yg menarik merupakan salah satu skill menulis yg hrs selalu dilatih agar semakin mahir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, Mas. Kalau judulnya aja udah gak menarik mana ada yang mau lanjut baca

      Delete
  3. Bener banget mba sebagai newbie saya seneng banget dapet ilmu baru ini, makasih mba🤗

    ReplyDelete
  4. artikel ringan tapi bobotnya kerasa,..ok deh salam kenal mbak

    ReplyDelete
  5. Aih, terima kasih banyak tipsnya mba.

    Aku save link artikel ini untuk bahan pembelajaran aku.

    ReplyDelete
  6. Tengkiu mba Muyas :)
    Keren nih artikelnya, emang lebih klik bait hehehe.
    Tapi kadang orang lebih suka tema ditaruh di Judul ya, biar keindeks SEO? CMIIW

    ReplyDelete
  7. he..he..
    saya malah kalau buat judul aneh..aneh..

    ReplyDelete
  8. Wah.. pantesan saja judul artikel sy berantakan bgt. Makasih mba, next dipraktekin langsung deh..

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature