Serunya Liburan ke Jakarta Aquarium Safari

Tuesday, July 2, 2024

Serunya Liburan ke Jakarta Aquarium Safari
Dok pribadi


Liburan sekolah ngapain aja, nih? Karena waktunya cukup panjang, banyak yang memilih mudik ke kampung halaman atau liburan ke luar kota demi menikmati suasana berbeda. Sebagai orang yang sangat senang rebahan alias sukanya di rumah, tapi bosan juga, tapi keluar rumah capek juga, kayaknya jalan-jalan di Jakarta saja sudah cukup, ya. Ada nggak sih manusia seperti saya, yang kalau mau keluar rumah mikirnya seribu kali, bahkan beberapa kali nggak jadi hanya karena merasa capek? Kwkwk. 


Namun, sejak si sulung masuk pesantren, sebisa mungkin saya agendakan liburan di luar meski hanya jalan-jalan dalam kota…kwkwk. Pokoknya harus ganti suasana walau tetap isinya rebahan, ya? Haha.


Kebetulan, kemarin ada yang share tentang Jakarta Aquarium Safari yang letaknya masih di Jakarta. Setelah si sulung melihat beberapa review-nya di Youtube, dia semangat banget nih mau main ke sana. Apalagi letaknya nggak terlalu jauh dari rumah. Perjalanan dari rumah ke Jakarta Aquarium Safari sekitar 40an menit jika tidak macet.


Menariknya lagi, Jakarta Aquarium Safari ini merupakan akuarium indoor. Jadi, kita nggak perlu panas-panasan ketika jalan-jalan. Meski sebenarnya panas-panasan juga nggak masalah, tapi indoor tentu lebih baik buat kami yang malas keluar rumah…huhu. 


Tempatnya ada di dalam Kawasan Neo Soho mall. Jadi, kelau sudah keluar dari Jakarta Aquarium, kita bisa lanjut main ke mall dan makan es krim. Benar-benar liburan ala orang yang malas keluar rumah, kan? Haha.


BTW, Jakarta Aquarium Safari ini termasuk akuarium indoor terbesar di Indonesia yang berada di bawah naungan Taman Safari Indonesia bekerja sama dengan Aquaria KLCC, Malaysia. Di Kawasan seluar satu hektar ini, kita bisa melihat lebih dari 3.500 spesies hewan akuatik dan non-akuatik. Menarik dong, ya?


Kalau dibanding main ke kebun binatang, rasanya Jakarta Aquarium ini nggak luas, tapi ternyata nyaman banget terutama ketika kita bawa anak kecil. Apalagi buat mereka yang suka hewan laut. Selain jadi tempat liburan, bisa juga sekaligus tempat edukasi buat anak-anak untuk mengenal hewan laut lebih dekat.


Harga Tiket Jakarta Aquarium Safari

Serunya Liburan ke Jakarta Aquarium Safari


Harga tiket Jakarta Aquarium Safari Weekend

  • Adult Reguler Rp. 185.000
  • Child Reguler Rp. 150.000
  • Adult Premium Rp. 225.000
  • Child Premium Rp. 175.000
  • Gratis untuk anak di bawah dua tahun


Untuk tiket di hari kerja, teman-teman bisa cek sendiri harganya biasanya lebih murah. Dan ada diskon jika kita beli tiketnya lewat Tiket.com. Lumayan, kan?


Untuk pergi ke Jakarta Aquarium, kita bisa pilih tiket reguler atau premium. Keduanya memiliki sedikit perbedaan, tapi menurut saya, mending pakai reguler saja, deh…haha. Kelebihan tiket premium salah satunya diberi snack ketika baru datang. Snack-nya nggak worth it sih. Untuk empat tiket premium, kami mendapat 2 pcs snack cokelat seperti Momogi, biskuit seperti Tini Wini Biti berbentuk hewan laut yang berukuran sangat mungil, plus es teh tawar. 


Kelebihan lainnya terdapat pada pertunjukan yang waktunya sangat sebentar. Waktu itu kami ketinggalan pertunjukan Pinguin yang dijadwalkan mulai pukul 12 siang, tapi ketika jam 12 lewat 10, orang-orang sudah keluar semua alias sudah habis waktunya. pertunjukannya hanya berlangsung beberapa menit. Kalau kami cek di Youtube, Pinguinnya hanya keluar dari kandangnya dan berjalan di depan pengunjung. Pertunjukan lainnya juga nggak berbeda, hanya berlangsung sebentar dan tidak berbeda seperti kita melihatnya langsung di luar jam pertunjukan.


Jadi, mending pilih tiket reguler, sih. Apalagi kalau anak-anaknya sama seperti anak-anak kami yang sukanya keluar rumahnya nggak lama, melihat-lihat sebentar kemudian pengin cepat pulang ke rumah…haha. Kita antre dan masuk sekitar jam 10.30, tapi jam 12an kita sudah pulang, lho…kwkwk. Padahal kita belum menikmati ngasih makan hewan, lihat mermaid, dll. Mestinya kan bisalah ya sampai agak sorean, tapi ngapain juga dipaksa kalau memang nggak suka? Jadi, ya sudahlah memang tipe anaknya seperti itu. Diajak foto pun sudah lesu semua nggak ada semangatnya…kwkwk. Akhirnya kita pulang dan main ke Gramedia Matraman biar nggak rugi karena sudah ganti baju pergi…haha.


Ada Apa Saja di Jakarta Aquarium Safari?

Serunya Liburan ke Jakarta Aquarium Safari


Dengan harga tiket sekitar 180 hingga 200an ribu per orang, sebenarnya sangat worth it jika melihat kondisi tempatnya yang bersih dan nyaman. Ketika saya datang di hari Sabtu, suasana sangat ramai meski baru buka mulai pukul 10 pagi, tapi jam segitu sudah penuh dengan orang antre membeli dan menukar tiket. 


Setelah masuk, kita bakalan disuguhi dengan akuarium berbagai ukuran dengan hewan-hewan yang menurut saya lucu-lucu, sih, kecuali ular, ya…kwkwk. Kalau kita mau memperhatikan dengan baik, hewan-hewan lautnya punya detail yang sangat menarik. Bulu babi punya an*s yang sama seperti manik-manik dan bergerak, ubur-ubur bergerak lincah dan menakjubkan, ikan-ikan dan terumbu karangnya gemas, berang-berang berenang dan berlarian, belum lagi hewan daratnya nggak kalah lucu! Saya pribadi sih suka banget sampai pengin menginap *lha…kwkwk.


Di sini juga ada tempat panen mutiara, lho. Bisa dijadikan gelang atau kalung, dan yang lainnya. Harga panen mutiaranya di luar harga tiket masuk, ya. Buat yang punya anak cewek kayaknya bisa deh coba aktivitas satu ini.


Serunya Liburan ke Jakarta Aquarium Safari
Kaget banget ada kodok varian matcha gini...huhu.


Tempatnya juga cantik banget buat foto-foto. Hasilnya gemas, sih. Apalagi yang datang nggak hanya anak-anak, kayaknya pasangan muda mudi juga suka ke sini, bahkan kemarin sempat ada yang melamar pasangannya...hoho.


Di pintu keluar, kita akan disambut dengan toko souvenir yang gemas-gemas isinya, tapi anak-anak segera menarik saya keluar dan mengatakan, ‘Bahaya, bahaya!’ kwkwk. Emaknya nggak bisaan lihat boneka. Auto mau borong…huhu.


Meski kondisinya cukup ramai, saya merasa tetap bisa melihat dan menikmati tempatnya dengan leluasa. Buat foto-foto pun masih nyaman, kok. Tempatnya memang nggak terlalu luas, ya. Tapi kita bisa bergantian dengan pengunjung lain untuk berfoto dan mengabadikan momen. 


Oiya, di lokasi juga banyak penjual makanan, seperti sosis bakar, popcorn, dan lainnya, tapi di sini tidak menerima pembayaran cash alias hanya bisa pakai debit atau Qris. Kalau tidak mau jajan di sini, kita bisa jajan di luar lokasi. Karena ketika keluar dari toko souvenir, kita bisa langsung memilih tempat makan yang ada di dalam mall.


Akhir kata, coba deh main ke Jakarta Aquarium Safari. Insya Allah nggak bakalan nyesel terutama untuk memberikan pengalaman baru buat anak-anak. Pertimbangkan membeli tiket reguler atau premium. Jika merasa waktu kita longgar dan santai, mau main sampai sore, bisa pakai tiket premium karena setiap pertunjukan waktunya berbeda dari pagi sampai sore. Andai ketinggalan di siang harinya, kita masih bisa menyusul di waktu berikutnya, tapi kalau kita hanya mau sekadar datang dan pengin tahu aja, nggak terlalu menikmati atau buru-buru mau pulang, lebih baik beli tiket reguler, ya.


Salam hangat,


Comments