Resep Roti Sosis Kepang

Thursday, November 19, 2020

Roti sosis kepang



Rasanya sudah lama sekali nggak nulis resep di blog. Karena agak rempong dan repot sendiri, habis masak atau baking biasanya hanya disimpan aja fotonya sampai menumpuk…hihi. Tapi, kali ini pengen berbagi resep roti sosis kepang yang baru saya buat tadi pagi.

Resep adonan dasarnya sebenarnya hampir mirip semua, sih. Bahannya hanya terigu protein tinggi seperti Cakra, gula pasir, ragi instan, kuning telur, air, susu bubuk, dan mentega atau margarin. Ada juga resep yang menambahkan pelembut roti. Namun, saya sudah nggak pernah pakai lagi.

Kuncinya, selain dari takaran bahan yang pas, juga terletak pada berapa lama kita mengulen adonan. Dulu, waktu masih ngulen pakai tangan atau hand mixer, saya butuh waktu hingga satu setengah jam. Iya, selama itu untuk mendapatkan roti yang lembut ala saya.

Sekarang, saya pakai mesin pembuat roti. Ngulennya sekitar satu jam-an. Hasilnya kalis banget dan benar-benar bisa menghemat waktu karena bisa disambi mengerjakan pekerjaan yang lain. Satu jam bisa sambil masak dan menyiram tanaman, kan? Kwkwk. Banyak banget soalnya yang mesti diurus. Masya Allah. Alhamdulillah masih sibuk dan sok sibuk yaa :D

Saya bikin resep roti sosis kepang, tapi lupa nggak foto step by step-nya. Jadi, teman-teman bisa cari sendiri di Google, ya…hehe. Untuk roti dengan topping atau isian yang gurih, bisa kurangi sedikit gulanya. Di sini saya pakai satu adonan untuk beberapa jenis roti. Salah satunya roti sobek isi cokelat dan keju. Jadi, tadi saya nggak ngurangi takaran gulanya sama sekali.

Resep Roti Sosis Kepang


500 gram terigu protein tinggi

100 gram gula pasir

4 sdm susu bubuk

2 sdt penuh ragi instan

240 ml air dingin

3 butir kuning telur

90 gram margarin

1/2 sdt garam

Cara membuat:



  • Campur semua bahan kecuali margarin dan garam. Uleni sampai tercampur rata. Setelah tercampur, tambahkan margarin dan garam. Uleni sampai kalis elastis.

  • Diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit. Jangan lupa, tutup bagian atasnya dengan kain bersih supaya tidak kering.

  • Siapkan sosis secukupnya. Jangan lupa olesi loyang dengan margarin.

  • Tinju adonan dan buang udara di dalamnya. Ambil adonan seberat 40 gram. Bulatkan dan gilas sampai agak tipis. Tambahkan sosis di atasnya. Gulung sampai semua permukaan sosis tertutup.

  • Potong-potong bagian atas dan jangan sampai mengenai bagian bawah adonan. Lipat setiap bagian yang telah dipotong berlawanan arah. Lakukan hal yang sama sampai adonan habis.

  • Kalau mau membuat roti varian lain seperti roti sobek, siapkan adonan per 30 gram dan bulatkan. Beri isian berupa keju atau cokelat mesis.

  • Diamkan adonan sampai mengembang dua kali lipat. Biasanya sekitar satu jam. Jangan lupa, tutup bagian atasnya selama proofing. Jangan sampai kelamaan yaa.

  • Panaskan oven suhu 180’ atau sesuaikan sendiri dengan oven masing-masing. Saya pakai api atas bawah.

  • Oven roti selama maksimal 15 menit saja. Biasanya, 10 menit saya letakkan di rak bawah, 5 menit saya pindah ke rak atas. Angkat dan olesi permukaannya dengan margarin.

  • Untuk roti sosi kepang, kita bisa tambahkan saus tomat, mayonnaise, keju parut juga di atasnya. Sebaiknya diberi saat akan disantap supaya ketika disimpan nggak lengket ke mana-mana.

Voila! Roti sosis kepang sudah siap disajikan. Hasilnya, super lembut meskipun tanpa tambahan pelembut. Dapat beberapa loyang sekaligus. Kalau ada sisa, bisa kita simpan di dalam plastik, ya supaya roti nggak kering.

Seperti kata Ibu Sisca Soewitomo, ‘Gimana, mudah bukan untuk membuatnya?’ hihi. Segampang itu kalau menjelaskan dan menceritakan. Tapi, pas bikin butuh waktu hampir setengah hari :D

Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya! Pastikan raginya aktif dan semua tahapan dilakukan dengan benar.

Salam hangat,

Comments