Top Social

Sering Seks Oral Rentan Sakit Radang Tenggorokan?

sakit tenggorokan
Sakit tenggorokan disebabkan oleh banyak faktor (Foto: honestdocs)


Radang tenggorokan dapat disebabkan banyak faktor, tak terkecuali kebiasaan melakukan seks oral. Tapi, bagaimana bisa, ya?

Ketika bicara soal seks dan penyakit menular yang bisa mengintai, pasti HIV, sifilis, dan gonore tak akan pernah absen. Meski begitu, penyakit seperti radang tenggorokan pun ternyata bisa juga disebabkan oleh kebiasaan melakukan seks oral.

Hal itu pun dibenarkan oleh dr. Nadia Octavia dari KlikDokter. Menurutnya, terlalu sering melakukan seks oral dapat menularkan bakteri ke tenggorokan sehingga memicu peradangan!

Infeksi tenggorokan akibat kebiasaan seks oral paling sering disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae (penyebab infeksi gonore). Infeksi tenggorokan yang disebut faringitis gonore ini bisa terjadi melalui kontak langsung dengan cairan kelamin yang mengandung bakteri tersebut. Bakteri itu kemudian menyebabkan peradangan di jaringan tenggorokan dan menimbulkan gejala radang tenggorokan.

“Gejala faringitis gonore hampir mirip dengan peradangan tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri lainnya, yaitu nyeri saat menelan, demam, dan batuk,” jelas dr. Nadia.

Apabila diperiksa, tenggorokan yang kena bakteri gonore itu akan terlihat memerah dan terkadang ada cairan berwarna putih kekuningan. Pada pria dan wanita, gejalanya akan timbul setelah 7-21 hari dari hari bercinta.

Sementara itu, aktivitas seks oral dengan penis akan lebih berisiko tinggi untuk mengalami infeksi faringitis gonore ketimbang dengan vagina atau klitoris. Adapun pria yang berhubungan seks dengan sesama pria, juga berisiko tinggi untuk mengalami faringitis gonore dengan persentase sebanyak 10-25 persen.

Pada kasus tertentu, bakteri di tenggorokan dapat berpindah ke objek lain melalui kontak langsung. Misalnya penis, jari, atau seks toys.

Saat ditanya tentang bisa atau tidaknya faringitis gonore ini disembuhkan, dr. Nadia mengatakan bahwa kondisi radang tenggorokan tersebut dapat sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu 1 minggu hingga 3 bulan. Sayangnya, pada sebagian orang, infeksi ini dapat menyebar ke area tubuh lain apabila tidak segera diatasi.

Oleh sebab itu, radang tenggorokan yang dipicu oleh keseringan seks oral ini mesti diobati oleh antibiotik sampai sembuh. Dan untuk mencegah terkena radang tenggorokan akibat seks oral, langkah yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan kondom, meski tak bisa 100 persen melindungi.

Salam,

Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature