Top Social

Schotel Pasta Saus Keju yang Ngeju Banget!

Resep skotel makaroni
Akibat malas memarut kejunya, jadinya blentong-blentong...haha


Pernah bikin schotel tapi dari pasta yang biasa dimasak untuk spageti? Awalnya saya bikin schotel semacam ini karena tidak ada makaroni di rumah. Jadi, pakai seadanya. Yang ada malah ketagihan dan enak, lho.

Sebelumnya, saya pribadi sering salah sebut aneka jenis pasta. Kalau yang biasa dipakai untuk shcotel saya sebut makaroni. Selain jenis pasta untuk spageti, saya pun menyebutnya dengan nama yang sama, lho. Tapi, apakah kamu tahu sebenarnya beberapa pasta tersebut punya  nama sendiri?


Karena sejak kecil sudah menyebutnya demikian, jadi sampai sekarang pun tidak ada yang berubah meskipun sudah mengenali nama-nama pasta sesuai dengan jenisnya. Kembali lagi pada jenis pasta yang saya pakai untuk shcotel ini, meski agak kurang umum, tetapi nyatanya enak banget. Selain pakai pasta, saya juga sering menggunakan kentang yang sebelumnya sudah dikukus dan dihancurkan kasar sebagai pengganti makaroni.

Yang bikin lezat itu rasa ngejunya yang kebangetan serta saus putih (keju) yang saya buat sendiri untuk topping-nya. Resep ini awalnya saya buat karena kecewa dengan schotel yang pernah saya beli. Kok kayaknya kurang ngeju, kok kayaknya kurang lembab dan terlalu kering. Akhirnya mencari cara sendiri untuk membuat schotel. Sok tahu banget, ‘kan? Haha.

Ini adalah resep yang pernah saya unggah pertama kali di Cookpad. Pertama kali punya akun Cookpad, saya menulis resep ini, lho. Fotonya masih jadul gitu dan masih seadanya. Meski sekarang pun tetap seadanya, sih. Paling hanya menambahkan aksesori yang saya punya di rumah sebagai pemanis.

Untuk kejunya kemarin saya pakai dua jenis keju, ya. Satu keju cheddar dan satunya keju Kraft Quick Melt. Keju leleh dari Kraft ini memang menolong banget bagi kita yang nggak punya stok keju mozzarella. Harganya pun lebih terjangkau ketimbang keju mozzarella. Siapa di sini yang suka mengonsumsi dan memakai keju Kraft Quick Melt untuk aneka jenis masakan di rumah?


Keju ini cocok banget dipakai untuk topping pizza homemade, shcotel seperti yang saya buat ini, atau aneka jenis makanan lain yang tak kalah enaknya jika ditambahkan keju leleh.

Daripada kamu penasaran, langsung yuk kita buat saja shcotel pastanya!

Bahan:

Secukupnya pasta atau aneka jenis pasta sesuai selera
Secukupnya keju cheddar, parut. Semakin banyak semakin enak
Secukupnya kornet atau potongan sosis
Secukupnya keju Kraft Quick Melt
1 butir telur (Sesuaikan jumlahnya dengan jumlah pasta)
Secukupnya susu cair (Jangan terlalu banyak)
Sedikit merica bubuk dan kaldu bubuk jika suka
Sejumput garam

Bahan untuk Saus Keju

2 sdm margarin
Secukupnya bawang bombay cincang
2 sdm tepung terigu
Secukupnya susu cair
Secukupnya keju Kraft Quick Melt
Sedikit garam dan kaldu bubuk

Cara Membuat:

1. Rebus pasta sampai matang atau sesuai selera.
2. Campur pasta yang telah direbus dengan semua bahan kecuali saus keju.
3. Buat saus kejunya dengan memanaskan margarin, masukkan cincangan bawang bombay,
masukkan juga merica bubuk dan kaldu bubuk. Aduk rata dan tunggu sampai bawang bombay layu.
4. Segera masukkan terigu dan aduk cepat. Tuang susu cair secukupnya sampai kekentalan yang diinginkan. Jangan terlalu cair, ya. Teksturnya harus kental.
5. Masukkan keju ke dalamnya dan aduk sampai keju meleleh dan rata.
6. Tes rasa, jika sudah pas siramkan ke atas adonan pasta dan tadi dan panggang hingga keemasan dan bagian dalam (telur) matang.
7. Sajikan selagi panas dengan saus favorit kamu!

resep skotel makaroni
Sebelum dipanggang. Sebaiknya keju lelehnya diparut
untuk toppingnya supaya tidak seburuk shcotel minik saya, ya...hehe.
Voila! Schotel pasta kamu pun siap dihidangkan! Anak-anak doyan banget menu satu ini. Tapi, mohon maaf banget meskipun sudah beberapa kali membuat, saya tetap nggak hapal takarannya alias selalu menakarnya dengan hati yang bersih…kwkwk. Saking malasnya mau menakar ya, Allah. Schotel satu ini lembab karena adonan pastanya nggak hanya menggunakan telur, tetapi juga ditambah sedikit susu cair di dalamnya. Saus keju karena bikin sendiri, jadi bisa melimpah! Kan sedap banget…hihi.

Yuk, ah bikin sendiri di rumah. Ketimbang beli, jujur saja ini jauh lebih enak. Kamu bisa menambahkan aneka isian di dalamnya seperti daging ayam, daging asap, kornet, ataupun sosis. Bahkan tanpa isian itu pun, rasanya tetap nendang karena tertolong banget sama saus kejunya yang gurih itu.

Semoga resepnya bisa dicoba di rumah dan bermanfaat buat kamu yang baru belajar memasak. Happy cooking!

Salam,
3 comments on "Schotel Pasta Saus Keju yang Ngeju Banget!"
  1. Oemjiii laper, biasanya mama saya yang suka bikin ginian mba makasih ya infonya jadi tau nanti beli juga ah kejunyaaa

    ReplyDelete
  2. Hihi...sama-sama, Mbak.. Selamat mencoba :)

    ReplyDelete
  3. Waduh, ini salah satu makanan favorit saya. Saya penyuka keju, apapun jenis olahannya, pasti lahap banget, hahahaha, mulai dari pizza, pasta, carbonara, makaroni saus kaju, cheese burger dan lainnya.... Hmmmm, jadi lafar saya tuh

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature