Top Social

Yuk, Kenalan dengan LRT Jakarta, Moda Transportasi Publik yang Ramah Lingkungan, Gesit, dan Cocok untuk Wilayah Perkotaan


Foto: merdeka.com

LRT atau Light Rail Transit merupakan moda transportasi publik yang sebentar lagi bisa dinikmati oleh kamu yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya. Bagi kita yang tinggal di ibu kota, punya transportasi ramah lingkungan merupakan impian yang tak terbantahkan lagi. Di satu sisi, Jakarta sudah sangat maju dengan munculnya gedung-gedung pencakar langit di sana sini, tetapi di sisi lain, kemajuan itu mengikis lahan-lahan hijau yang semakin hari semakin sedikit jumlahnya.

Meski sangat bersyukur Jakarta bisa tumbuh semegah ini, tetapi kita pun menyadari, bahwa kebutuhan udara bersih di Jakarta semakin berkurang saja jumlahnya. Selain lahan hijau yang mulai sedikit, asap kendaraan pun menjadi salah satu faktor yang dapat memperburuk kualitas udara di ibu kota.

Di mana-mana macet, udara panas, asap pun membubung tinggi hingga tak sadar sering membuat sebagian pengendara merasa tak nyaman dan akhirnya mengumpat dan memaki keadaan bahkan pengendara lainnya. Itu adalah pemandangan umum yang sering sekali terjadi. Kamu sendiri pasti pernah merasakan betapa mengerikannya ketika terjebak macet di jalan, terlebih ketika kamu naik motor.

Kita tak bisa menyalahkan siapa pun, tetapi setidaknya kita bisa mencoba cara terbaik untuk mengurangi kemacetan, meminimlisir polusi udara yang ternyata banyak disumbangkan dari kendaraan bermotor baik roda empat maupun roda dua, serta mulai mencoba transportasi publik yang ramah lingkungan.

Kehadiran LRT Jakarta seperti membawa harapan baru bagi warga Jakarta, tak terkecuali bagi saya sendiri. Pasalnya, LRT Jakarta disebut-sebut ramah lingkungan, lho. Rasanya tidak sabar ingin segera mencoba moda transportasi publik satu ini. Tidak hanya hadir di Indonesia, LRT sendiri sebenarnya sudah digunakan di negara-negara lainnya, seperti di Malaysia, Filipina, atau Singapura. Dan sebentar lagi, LRT akan hadir di negeri kita tercinta.

Sambil menanti LRT siap beroperasi, kita kenalan dulu, yuk dengan moda transportasi publik satu ini yang diperuntukkan bagi masyarakat menuju era mobilitas ramah lingkungan!

Tentang Light Rail Transit (LRT)

Foto: economy.okezone.com
Terdengar masih asing di telinga. Bahkan tidak semua warga Jakarta tahu apa itu LRT. LRT atau Light Rail Transit merupakan kereta api ringan yang bisa mengangkut hingga 270 penumpang dalam setiap rangkaian kereta LRT. Dalam satu rangkaian kereta LRT terdiri dari dua kereta. Memiliki spesifikasi yang lebih kecil dibanding MRT dan KRL, namun pergerakannya yang gesit sangat cocok digunakan di wilayah perkotaan seperti Jakarta.

LRT Jakarta fase 1 akan menghubungkan Kelapa Gading dengan Velodrome (Rawamangun). Sedangkan pembangunan LRT fase 2 akan ditargetkan hingga ke Jakarta Utara tepatnya di Jakarta International Stadium. Rencananya, LRT tidak hanya akan menghubungkan beberapa wilayah di Jakarta saja, tetapi juga kota-kota lain di sekitarnya seperti Bekasi dan Bogor.

LRT Jakarta sudah melakukan uji coba untuk umum selama dua pekan tepatnya pada Maret lalu. Hampir semua orang antusias mencoba. Dan tidak sedikit juga yang merasa puas dengan adanya LRT Jakarta ini. Kamu sudah pernah ikut uji cobanya belum, nih? Kalau belum, sabar dulu, ya. Kita doakan semoga LRT Jakarta segera beroperasi dalam waktu dekat dan bisa memudahkan semua orang di ibu kota untuk mencapai tujuannya masing-masing.

Sama Seperti KRL dan MRT, LRT juga Memanfaatkan Tenaga Listrik

Foto: pegipegi.com
LRT Jakarta ini sebenarnya tak berbeda jauh dari KRL dan MRT, lho.  Ketiganya sama-sama digerakkan oleh tenaga listrik. Meskipun punya kemiripan dan nyaris sama karena mampu mengangkut orang banyak di atas rel, namun ketiganya punya perbedaan yang menjadi keunggulan masing-masing.

KRL punya kapasitan lebih besar dibandingkan MRT dan LRT. Bahkan LRT sendiri termasuk kereta listrik yang memiliki kapasitas paling kecil di antara ketiganya. Tapi, perlu kamu tahu, LRT punya keunggulan mengangkut sejumlah penumpang dari segi frekuensi perjalanan yang ditempuhnya dalam sehari.

Berbeda dari KRL dan MRT yang menggunakan listrik aliran atas (LAA), LRT sendiri akan menggunakan listrik aliran bawah (LAB). Nantinya, rel yang dipakai untuk LRT Jakarta akan memiliki rel ketiga yang mempunyai aliran listrik dan dapat membantu menggerakkan LRT tersebut sebagaimana mestinya.

LRT Jakarta akan beroperasi di atas rel ringan dan pastinya dengan kecepatan yang lumayan tinggi. Tidak mengacu pada berat fisik, LRT yang diharapkan bisa segera beroperasi di Jakarta ini dapat berjalan bersamaan dengan kendaraan lain atau berada di lintasan khusus. Pastinya, LRT akan lebih maksimal beroperasi jika dijalankan di lintasan khusus (trem), ya.

LRT Jakarta Punya Fasilitas Berstandar Internasional

Foto: economy.okezone.com
Betapa bangganya kita sebagai warga ibu kota karena sebentar lagi bisa menikmati transportasi publik ramah lingkungan yang berstandar internasional. PT LRT Jakarta sudah sejak lama mempersiapkan fasilitas LRT Jakarta dengan standar kelas dunia, lho.

Apa saja yang bisa kamu temukan di LRT Jakarta ini? Kamu bisa menggunakan eskalator, lift, ada juga CCTV, mushalla, ruang menyusui, hingga klinik. Tidak hanya itu, di dalam kereta kamu bisa menemukan tombol passenger Emergency Intercom, alat pemadam kebakaran, hingga area khusus difabel.

Yuk, ke Stasiun LRT Jakarta dengan JAK-24

Foto: lrtjakarta.co.id
Masih bingung bagaimana cara supaya kamu bisa sampai ke stasiun LRT Jakarta dengan lebih mudah? Salah satu solusi yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan JAK Lingko dengan nomor trayek JAK-24.

Tapi, apa kamu tahu apa itu JAK Lingko? JAK Lingko sebelumnya disebut OK Trip yang merupakan program transportasi satu harga untuk satu kali perjalanan. JAK Lingko diluncurkan oleh Pemprov DKI Jakarta pada masa pemerintahan Anies Baswedan serta Sandiaga Uno.

Dengan JAK Lingko, kamu bisa melakukan perjalanan menggunakan berbagai macam layanan transportasi publik mulai dari mini bus hingga Transjakarta dengan hanya satu kali pembayaran saja. Harganya pun sangat terjangkau, yakni sebesar Rp. 5000 saja, lho.

Nah, untuk menjangkau stasiun LRT Jakarta, kamu bisa menggunakan fasilitas JAK Lingko. Pastikan kamu memilih nomor trayek JAK-24 untuk sampai di stasiun LRT Jakarta. JAK Lingko dengan nomor trayek JAK-24 ini rupanya sudah melayani integrasi dengan stasiun LRT Jakarta Boulevard Utara.

Seribu Beton Sejuta Pohon

Foto: lrtjakarta.co.id
Seperti kita tahu, Jakarta melakukan pembangunan yang begitu pesat dari waktu ke waktu. Lahan terbuka hijau yang dulunya masih mudah dijumpai kini sudah berubah menjadi barisan gedung-gedung pencakar langit. Sadar akan hal itu, PT LRT Jakarta menggelar acara bersama Komunitas Wartawan dengan mengangkat tema Seribu Beton Sejuta Pohon.

PT LRT Jakarta ingin adanya keselarasan antara berdirinya beton dan penanaman pohon dengan jumlah yang lebih banyak. Moda transportasi publik seperti LRT ini dibuat ramah lingkungan dengan harapan mampu mengurangi produksi karbon emisi banyak kendaraan pribadi di ibu kota.

Sejalan dengan tujuan itulah, PT LRT Jakarta ingin supaya area Depo (tempat penyimpanan dan perawatan kereta) memiliki lebih banyak ruang terbuka hijau. Ini merupakan langkah awal yang baik mengingat Jakarta sangat minim lahan terbuka hijau.

Semua orang pastinya ingin supaya LRT Jakarta bisa segera beroperasi sebagaimana mestinya dan dapat memudahkan warga ibu kota mencapai tujuan dengan nyaman dan menyenangkan. Perjalanan menuju tempat kerja akan jauh lebih mudah dengan adanya moda transportasi publik seperti LRT ini. Yuk, kita gunakan fasilitas ini dengan sebaik-baiknya dan jangan lupa, patuhi aturan selama menggunakan LRT Jakarta demi kenyamanan dan keselamatan bersama.

Salam,
8 comments on "Yuk, Kenalan dengan LRT Jakarta, Moda Transportasi Publik yang Ramah Lingkungan, Gesit, dan Cocok untuk Wilayah Perkotaan"
  1. Wah aku belum nyobain yang LRT lebak bulus HI mbak, di Bekasi juga ada tapi belum jadi, pingin bikin reviewnya

    ReplyDelete
  2. Wah keren ya ada LRT, berasa di luar negeri nggak sih? 🤭 Bahagianya warga Jakarta... 😊, semoga bisa menjadi alternatif moda transfortasi umum, dan bisa sedikit banyak "mengurai" kemacetan di Jakarta ya... 😊

    ReplyDelete
  3. Kemarin pas ikutan FGD nya, LRT ini kyk masih lama jadinya. Eh skrg udah terlihat k permukaan, sama hal nya dengan MRT, ak kepengen nyobain mba

    ReplyDelete
  4. makin mantap ibukota NKRI kita..semoga kedepan pembangunan infrastruktur semakin merata di semua daerah..aamiin. Duh, makin pengen bawa duo fajar junior nyobain naik MRT euy..ke jekardah kuy hehehe

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah, ibu kota berbenah hingga semakin cantik.
    Semoga masyarakatnya juga bisa memanfaatkan fasilitas tersebut dengan lebih bijak, dengan cara ikut menjaga kenyamanan dan keamanan saat menggunakannya.
    Sering merasa sedih kalau lihat fasilitas umum yang tadinya keren dan canggih berubah jadi dekil dan banyak yang tidak berfungsi setelah beberapa lama beroperasi, semua akibat tangan2 jahil yang tidak bertanggung jawab.
    Semoga saat LRT sudah beroperasi nanti tetap terjaga semua fasilitas dan fungsinya, tetap nyaman dan aman.
    Aamiin...

    ReplyDelete
  6. Aku belum coba LRT juga MRT, seru keliatannya bisa naik LRT mba

    ReplyDelete
  7. Wah LRT ya, pasti anak saya seneng banget kalo naik ini heheu tfs mba saya baru tau soalnya jarang loat tv

    ReplyDelete
  8. Sudah ga sabar nunggu MRT nih kak,

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature