Top Social

Short Coacing#5 Bersama Indscript Creative: Mengembangkan Passion Menjadi Profesi

Foto: Pexels.com

Hai...Hai! Iya, kamu yang suka menulis dan sedang rajin-rajinnya belajar konsisten mengisi blog, atau kamu yang ngakunya senang menulis, tetapi nggak tahu mau mulai dari mana, atau kamu juga yang sudah memilih menulis sebagai passion. Kali ini saya mau berbagi tentang passion yang dapat dikembangkan menjadi sebuah profesi.

Tapi, kali ini berbagi atau sharingnya bukan di blog, melainkan di grup wa. Kamu bisa join di sini. Short coacing#5 bersama Indscript Creative ini memang rutin diadakan. Dan kabar baiknya, kamu bisa bergabung gratis, lho.

Masalahnya, sharing kali ini bakalan diisi oleh saya sendiri…kwkwk. Duh, malu dan deg-degan sebenarnya. Mau menolak takut kwalat. Apalagi janji bikin kelas berbagi bersama Sekolah Perempuan juga belum ketemu waktunya…hiks.


Dalam sharing kali ini, nggak akan jauh-jauh dari topik menulis, pengalaman saya selama menulis dan menghasilkan. Kayaknya nggak bakalan juga dong menyinggung soal resep…kwkwk.
Sebenarnya apa sih passion itu? Passion itu berbeda dengan hobi. Meskipun kayaknya sering disebut kembaran, tetapi keduanya sangat berbeda. Hobi itu lebih identik dengan kesenangan yang tidak kamu anggap serius. Sekadar suka menyanyi di kamar mandi, tapi nggak pernah ingin mendalami sampai ikut les. Sekadarnya saja. Sedangkan passion adalah kebalikannya.


Setelah kamu menemukan apa passion-mu, kamu bisa menekuninya lebih jauh. Misalnya saya yang suka menulis dan baru menyadari beberapa tahun terakhir kalau itulah passion saya. Ketika saya mulai menikmati, menyukai, berkorban banyak hal demi mendalaminya, maka saya nggak mau passion itu hanya sekadarnya saja, tapi saya mau passion ini juga bisa menghasilkan baik berupa karya nyata seperti buku ataupun mendapatkan penghasilan tambahan berupa materi.

Masalahnya, meski zaman sekarang sudah sangat canggih, semua informasi mudah didapatkan, tetapi rupanya masih banyak yang bingung memulainya. Gimana mengubah passion menjadi profesi dan menghasilkan? Gimana caranya? Apakah dengan menulis buku? Hmm, tapi nggak semua orang mampu menulis buku, itu terlalu sulit terutama buat pemula. Lalu apa dong?

Buat saya, jalan untuk mendapatkan penghasilan dari menulis bisa dengan banyak cara. Tapi, yang paling penting dan perlu kamu persiapkan adalah mental kamu dulu. Jangan sampai tumbang di tengah jalan seperti kebanyakan penulis pemula yang saya temui. Bikin blog gampang, tapi mengisinya dengan konsisten itu susah! Bahkan buat yang biasa menulis sekalipun, ternyata itu nggak mudah.

Kebanyakan orang yang saya temui begitu mudah memberikan alasan untuk gagal ketimbang berusaha untuk menang. Masa sih kamu selemah itu? Jujur saja, suka sedih melihat ada orang yang ingin belajar menulis, tetapi pada akhirnya justru diam-diam menyerah. Apakah sesulit itu membangun niat kuat untuk mengembangkan hobi atau passion kamu? Jangan terlalu diambil pusing soal teori menulis. Saya berani katakan bahwa semua itu bisa banget kamu pelajari sambil berjalan, kok. Dan masalahnya lagi-lagi semangatmu itu, lho.

Karena alasan itu juga, dalam buku ‘Berani Nulis Artikel, Ubah Hobi jadi Profesi’ yang baru terbit kemarin, saya tidak panjang lebar menulis tentang teori, melainkan lebih banyak memberikan motivasi. Sampai-sampai salah satu teman saya mengatakan bahwa buku ini lebih cocok disebut buku motivasi…haha.



Ada yang penasaran dan pengen punya bukunya? Kamu bisa cek di Shopee. Klik link ini. Nggak lupa promosi, ya. Pokoknya nggak mau rugi…haha.

Bagi kamu yang ingin mengikuti sharing saya bersama Indscript Creative, bisa join pada link yang sudah disebutkan di atas. Insya Allah, kita akan ngobrol lebih jauh, tidak hanya tentang semangatmu yang suka kendor, tetapi juga tentang banyak hal seputar dunia kepenulisan.

Kuy, semangat dan jangan lupa bersyukur.

Salam,
6 comments on "Short Coacing#5 Bersama Indscript Creative: Mengembangkan Passion Menjadi Profesi"
  1. Sedikit kata tapi banyak motivasinya, kesan yang selalu muncul pas baca tulisannya kak muyass, jadi pengen itu bukunya.....😍
    Aku juga udah join grupnya, dan nggak sabar nunggu pelajarannya....

    ReplyDelete
  2. Wah pasti keren banget ini pembahasannya ya mbak, siapa sih yg nggak pengen mengembangkan passion jadi profesi

    ReplyDelete
  3. ada di shopee? cb cek lah yaa must have nih buku biar makin semangat nge blognya

    ReplyDelete
  4. kereen deh mbak yang satu ini, gak pernah lelah berbagi ilmu,saluuut deh..

    ReplyDelete
  5. Labcar lancat selalu ya Mbak, seneng ada yang mau berbagi ilmu menulis.

    ReplyDelete
  6. wuaahh ternyata hobi n passion itu berbeda hihi,,, kalau gitu menulis berarti hobi saya dong mbak, bukan passion, saya nulis sekedarnya aja. tapi ga di dalami. kalau yg didalami itu tema blog saya, personal finance, saya mau seutuhnya terjun kesana, cuma memang sih saya belum ambil kelas, training atau tes sertifikat gitu

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature