(Review) Samsung Galaxy Tab A 10.1 with S Pen, Canggih dan Bikin Mupeng

Saturday, April 13, 2019

Aaa…pengen teriak ketika pertama kali pegang tablet satu ini. Tablet impian banget meskipun saya telat belinya. Selama ini, punya tablet sejak belajar menggambar digital. Sekadar hobi tapi benar-benar bikin ketagihan saja ketika memulainya. Makannya, kalau nggak ada waktu luang, pekerjaan numpuk, mending jauh-jauh dulu dari tablet…haha.

Dulu, saya pakai tablet merek lain. Beli sekadar bisa dipakai menggambar saja dan dulu nggak peduli deh seberapa canggih dan nyamannya ketika digunakan menggambar. Akhirnya lama-lama sadar juga, pen dari tablet tersebut memang kurang ‘peka’ ketika dipakai menggambar. Saya pun mulai browsing dan mencari tahu yang lebih tepat.

Samsung merupakan salah satu tablet yang jadi idaman. Kebanyakan illustrator yang suka menggambar pakai aplikasi seperti Medibang dan Ibis Paint X memakai tablet Samsung juga. Saya dan teman saya suka kepoin beberapa ilustrator, nanya ke mereka, pakai tablet apa? Haha. Lucu nggak sih kita? Kurang kerjaan atau semacam terlalu berambisi kwkwk.

Harga tablet satu ini lumayan juga ketimbang yang pernah saya punya. Jadi, nggak langsung kebeli saat itu juga seperti waktu membeli gorengan…haha. Soal minta ke suami, hampir nggak pernah tega. Kalau bisa dengan uang sendiri, pastinya akan diusahakan pakai uang sendiri. Tapi, akhirnya malah dibeliin juga, Masya Allah. Tablet yang tertukar ‘kan jadinya? Haha.

Harga tablet Samsung Galaxy Tab A 10.1 with S Pen ini sekitar Rp. 4.799 ribu. Untuk tablet buat saya yang belum benar-benar serius pengen jadi ilustrator kayak berlebihan saja. Harga segitu bisa buat beli laptop baru, kan? Iya, sih. Awalnya sempat mikir begitu, tapi setelah tahu betapa canggihnya benda persegi ini, akhirnya dipelukin terus, jangan sampai dijual lagi sama suami karena istrinya kurang bersyukur…kwkwk.

Kebutuhan menggambar menjadi alasan utama punya tablet


Orang segaptek saya mau ngapain pegang tablet canggih? Ya, nggak ada alasan lain selain memang ingin digunakan belajar menggambar. Karena itu, setiap hari antara menulis dan menggambar seperti kejar-kejaran. Pengen fokus menulis saja, tapi masih nggak ikhlas kalau ninggalin hobi menggambar…haha. Jadi, semua tetap dikerjakan, tetapi dengan prioritas utama menulis.


Tablet yang nyaman akan sangat berpengaruh ketika digunakan untuk menggambar. Kalau pennya tidak berfungsi dengan baik, gambar kita akan belok kanan dan belok kiri alias nggak rapi. Makannya, benar-benar kepengan punya tablet yang bersahabat. Selama beberapa bulan saya dan teman saya kepoin beberapa ilustrator. Ternyata mereka juga pakai Samsung, Sodarah *semakin terpacu buat punya..haha.


Baiklah, akhirnya saya pun yakin menjatuhkan pilihan pada tablet super canggih satu ini!

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab A 10.1 with S Pen 2016


Kamu yang hobi menggambar dan pengen banget punya tablet baru, wajib tahu spesifikasi dari tablet satu ini.

Operating System

Android 6.0

Prosesor

CPU Speed: 1,6 GHz

CPU Type: Octa-Core

Display

Ukuran: 10.1” (255.4mm)

Resolusi: 1920x1200 (WUXGA)

Teknologi: TFT

Kedalaman Warna: 16M

Dukungan S Pen: Ya

Kamera

Main Camera-Resolution: CMOS 8.0 MP

Main Camera-Auto Focus: Ya

Front Camera-Resolution: CMOS 2.0 MP

Main Camera-Flash: Ya

Resolution Rekaman Video: FHD (1920x1080) @30fps

Memori

RAM Size (GB): 3 GB

ROM Size (GB): 16 GB

Dukungan Memori Eksternal: MicroSD (Up to 256GB)

Jaringan

Multi-SIM: Single-SIM

SIM Size: Nano-SIM (4FF)

Infra: 2G GSM, 3G WCDMA, 4G LTE FDD, 4G LTE TDD

2G GSM: GSM850, GSM900, DCS1800, PCS1900

3G UMTS: B1(2100), B2(1900), B5(850), B8(900)

4G FDD LTE: B1(2100), B3(1800), B5(850), B7(2600), B8(900), B28(700)

4G TDD LTE: B38(2600), B40(2300)

Konektivitas

ANT+: Ya

Versi USB: USB 2.0

Teknologi Lokasi: GPS, Glonass, Beidou

Earjack: 3.5 mm Stereo

MHL: Tidak

Wi-Fi: 802.11a/b/g/n/ac 2.4G+5GHz, VHT80

Wi-Fi Direct: Ya

Versi Blutooth: Bluetooth V4.2

NFC: Tidak

Porfil Bluetooth: A2DP, AVRCP, DI, HFP, HID, HOGP, HSP, MAP, OPP, PAN, PBAP

PC Sync.: Smart Switch (PC Version)

Informasi Umum

Form Factor: Tablet

Sensors: Accelerometer, Hall Sensor, RGB Light Sensor

Spesifikasi Fisik

Dimension (HxWxD, mm): 254.3x164.2x8.2

Weight (g): 558

Baterai

Internet Usage Time(3G) (Hours): Up to 13

Internet Usage Time(LTE) (Hours): Up to 13

Internet Usage Time(Wi-Fi) (Hours): Up to 14

Video Playback Time (Hours): Up to 13

Standard Battery Capacity (mAh): 7300

Removable: Tidak

Audio Playback Time (Hours): Up to 154

Talk Time (3G WCDMA) (hours): Up to 43

Talk Time (4G LTE) (Hours): Up to 49

Audio dan Video

Video Playing Format: MP4, 3GP, 3G2, WMV, ASF, AVI, FLV, MKV, WEBM

Video Plaing Resolution: FHD (1920x1080) @60fps

Audio Playing Format: MP3, M4A, 3GA, AAC, OGG, OGA, WAV, WMA, AMR, AWB, FLAC, MID, MIDI, XMF, MXMF, IMY, RTTTL, RTX, OTA

Aplikasi dan Layanan

S-Voice: Tidak

Mobile TV: Tidak

 

Keunggulan Samsung Galaxy Tab A 10.1 with S Pen 2016


Apa saja keunggulan dari tablet satu ini? Selain ringan, Samsung Galaxy Tab A ini juga memiliki berbagai macam fitur canggih yang bikin kita nyaman banget. Kameranya bagus, baterainya parah banget awetnya. Bisa berhari-hari dipakai dengan satu kali isi baterai.


Nah, yang paling saya suka pennya itu, lho. ‘Peka’ banget bahkan kita bisa menulis catatan sama seperti sedang menulis di buku. Yup! Senyaman itu memang. Bagi yang suka menggambar, dengan tablet seharga Rp. 4.799 ribu ini kamu bisa menggambar sama seperti ketika menggunakan cat air. Bener banget, bisa campur-campur warna seperti sedang pakai cat air. Bikin terharu banget…haha. Soalnya kalau pakai cat air, kita harus nunggu kering, keringin pakai hair dryer juga..ribet, kan? Kalau pakai tablet ini, semua bisa lebih mudah!


Biasanya, ketika menulis atau menggambar di tablet, tangan lain nggak bisa nyentuh layar kecuali pennya. Tapi, kalau pakai tablet ini, sentuhan bagian telapak tangan kamu yang nggak sengaja menempel di tablet nggak memperngaruhi apa pun, nggak bikin kecoret gitu. Asyik banget, kan?


Kamu yang suka membaca website luar negeri, nggak perlu khawatir jika ada kata-kata yang kurang dipahami, kamu bisa langsung blok kata itu dan langsung bisa muncul terjemahannya. Simple banget!


Tablet ini juga bisa dimanfaatin untuk membuat gift maker, lho. Misalnya saja ketika kamu sedang asyik nonton video, kamu bisa ambil bagian tertentu dan merekamnya. Jadikan itu sebagai gift yang bisa kamu share ke sosial mediamu. Mudah banget pula caranya tinggal klik dan klik saja.


Satu lagi, pen yang dimiliki Samsung Galaxy Tab A 10.1 with S Pen ini bisa kamu gunakan tanpa khawatir kehabisan baterai seperti pen lain. Asyik banget, kan? Jadi, nggak perlu pusing ngisi baterai pennya, cukup tabletnya aja.


Gimana? Tertarik punya tablet Samsung seperti ini? Buat saya, Samsung satu ini menjadi sahabat terbaik untuk belajar menggambar dan mengembangkan kemampuan membuat ilustrasi secara digital. Selain itu, tablet ini juga mudah dibawa ke mana pun kamu mau. Benar-benar istimewa banget.


Salam,


Comments

  1. Mau dong....minta dibeliin Pak Udin, kira2 dikasih, gak?

    ReplyDelete
  2. ahhhh ini semacam racun mbak, jadi kepengen beli. walaupun saya sendiri pastinya bukan untuk menggambar setidaknya untuk sesekali ikut mewarnai doodle online pasti seru dan juga menulis catatan dengan tulisan tangan sendiri di handphone macam gagah banget *lihat punya boss* hehehehhe

    ReplyDelete
  3. Saya mngincar tablet di bawah 2 juta karena belum sanggup jika beli netbook apalagi laptop. Baca ulasan tablet keren ini bisa jadi referensi mengenai tablet yang baik, meski yang saya butuhkan hanya untuk kegiatan menulis di word dan blogging. yah, netbook saya 'kan sudah uzur jadi kegiatan blogging kerap terhambat disable.
    Semoga Mbak Muyas kian produktif berkarya berkat tablet dari suami tercinta. Duh, romantisnya.

    ReplyDelete
  4. Haha..coba tanya lansung,Bun sama orangnya..kwkwk

    ReplyDelete
  5. Iya, Mbak..walau bukan buat gambar tablet ini tetap asyik digunakan... :D

    ReplyDelete
  6. Masya Allah...padahal orangnya lempeng mbak g romantis kok...haha. Semoga ada rezeki buat beli tablet baru ya mbak :)

    ReplyDelete
  7. sepuluh inch bagi saya sepertinya kebesaran. saya sukanya yang 7 atau 8 inch. hehee.

    ReplyDelete
  8. Bener, kalau yang 10 inch kurang nyaman dibawa-bawa. Nyaman buat gambar saja karena gede..hehe.

    ReplyDelete