Top Social

Tentang Blogger, Template Blog, dan Jasa Percantik Blog

Foto: Pexels.com

Sejujurnya, meski lumayan aktif ngeblog, tetapi saya pribadi belum merasakan banyak pencapaian sebagai seorang blogger. Iya, dibandingkan blogger lainnya, kemampuan saya sungguh sangat jauh. Buncit banget peringkatnya…haha. Tapi, it’s oke. Saya akan tetap menikmatinya dan belajar sambil berjalan. Nggak ada alasan untuk berhenti meski kemampuan belum seberapa.

Sama seperti kamu, blog ibaratnya rumah kita. Yang bikin kita nyaman mencurahkan banyak cerita, pastinya akan dipilah yang bermanfaat saja supaya berguna bagi pembacanya. Karena blog ini adalah rumah saya, maka nggak heran kalau saya pribadi ingin blog ini indah dan cantik. Selain tidak dipenuhi sarang laba-laba dalam artian saya tetap aktif mengisi semaksimal mungkin, saya juga ingin punya template yang cocok sesuai dengan keinginan. Dan satu lagi, jujur saja saya nggak suka pakai template yang pasaran meski itu harganya ribuan dolar sekalipun…kwkwk. Nggak beda sama kacang goreng, kan?

Bicara tentang template, saya dulu sering banget gonta ganti template. Mencoba pasang secara otodidak saja. Memang sangat tidak mudah dan membutuhkan waktu seharian secara saya ini gaptek setengah mati. Karena nggak pernah puas dengan hasilnya, maka saya pun memutuskan menggunakan jasa percantik blog. Iya, hanya mengganti template blog ini saja.


Tahun 2018 lalu, saya sempat pakai jasa pembuatan website untuk percantik blog ini. Itu kali pertama saya menggunakan jasa pembuatan website. Header blog waktu itu hanya diubah warnanya saja dari aslinya. Kalau kamu penasaran, dulu blog saya dipasang template seperti ini. Template itu juga bisa kamu dapatkan free, lho. Cukup manis, tapi ternyata muncul banyak kembarannya…haha.

Semua blogger berhak menentukan pilihannya, kan? Dan ini menurut saya soal selera saja. Bisa jadi banyak orang nyaman-nyaman saja memakai template yang sama dengan orang satu RT, bisa jadi ada yang nggak suka. Dan saya pribadi termasuk orang yang kurang nyaman dengan itu. Bahkan untuk template gratisan sekalipun, saya tetap akan memilih yang jarang dipakai orang. Kamu gimana?

Karena alasan itulah, akhirnya saya mengganti template blog ini dengan template sekarang. Saya pribadi sering share soal template sekarang di grup Estrilook. Yang termasuk member estrilook paham banget ceritanya…kwkwk. Jadi, ketika tiba-tiba jasa website lama masih mempromosikan blog ini sebagai karyanya, teman-teman saya bingung, apalagi saya yang punya dan ikutan capek-capek bikin. Seolah tidak menghargai jerih payah orang lain, sedangkan jasa pembuatan website lama tahu betul kalau blog saya sudah berubah.

Mungkin anak TK juga paham, ketika seseorang memasang link blog saya, bisa dipastikan akan masuk ke tampilan sekarang, mustahil menunjukkan tampilan lama dengan template sejuta umat itu…haha. Jadi, please, move on!

Blogger juga bisa mempercantik blognya sendiri

Foto: Pexels.com
Siapa bilang blogger nggak bisa mempercantik blognya sendiri? Meski saya termasuk orang yang gaptek, tetapi pada akhirnya saya bisa menemukan cara saya sendiri untuk mempercantik blog sesuai keinginan saya.

Kalau saya nggak bisa bikin header dengan photoshop, saya masih bisa membuatnya dengan aplikasi menggambar seperti yang pernah saya jelaskan di sini. Banyak jalan menuju Roma. Terbatasnya kemampuan saya bukan jadi alasan. Justru ketika saya membuat header blog menggunakan aplikasi Ibis Paint X, hasilnya bisa lebih menarik karena bisa menambahkan gambar-gambar juga. Saya juga pernah bekerjasama dengan salah satu blogger pemiliki steffifauziah.com untuk membuat blog dengan header hasil kolaborasi kami berdua. Masya Allah, kalau mba Steffi memang jago percantik blog karena dia dulunya memang anak IT. Nah, lho kalau saya? Kwkwk. Tapi, sekali lagi itu bukan alasan. Orang sukses akan cari jalan, kan? Jadi, ngapain juga bingung dengan photoshop, yang lain juga masih banyak..hihi.

Blogger mempercantik blognya sendiri bukan sebuah kemustahilan. Nggak melulu kita harus pakai jasa pembuatan website, kok. Justru ketika kita bisa membuatnya sendiri, hasilnya jadi unik dan bikin semua orang iri. Awas jangan julid…haha.

Jadi, apakah ketika ganti template sekarang saya sama sekali tidak memakai jasa orang? Cerita ini sudah lama saya share di sini. Mungkin nggak banyak yang ngeh karena judulnya yang nggak fokus pada topik tersebut.

Di mana kamu bisa mendapatkan template keren, tetapi dengan harga oke?


Foto: Pinterest.com
Selama ini saya hanya tahu template gratisan. Dunia saya sempit kalau bicara tentang template karena memang ini di luar kemampuan saya sebagai blogger. Tapi, jalan-jalan ke blog para blogger bikin kita jadi banyak referensi. Dari blog mbak Annisast, saya jadi tahu tentang template murah seharga 5$ ini. Orang iri bilang template blog ini murahan, tetapi sambil promosi kalau blog ini rapi…kwkwk. Saya tidak peduli orang mau bilang apa. Saya membelinya dengan uang saya sendiri, insya Allah halal, dan dengan cara yang baik.

Bagaimana kamu bisa membelinya? Masuk saja ke Etsy dan carilah template yang kamu inginkan. Iya, banyak banget template menarik di sana dan pastinya nggak pasaran. Bayarnya pakai apa? Pakai Paypal. Kalau nggak punya? Pakai saja jasa Paypal seperti yang saya dan teman-teman lakukan. Sesimpel itu memang.

Ternyata, template yang saya dapatkan nggak sesimpel template gratisan, sodarah. Cara memasangnya sudah bisa dipastikan lebih rumit dan saya nggak paham. Maka sejak awal saya memutuskan menggunakan jasa seorang blogger, sebut saja dia Mawar...kwkwk. Bukan, ya. Namanya mbak Widi. Nggak banyak kenal, dia juga tidak pernah promosi, tetapi sangat profesional Insya Allah.

Jadi, saya hanya memakai jasa beliau saja untuk merapikan blog sehingga bisa serapi sekarang, Masya Allah. Saya pribadi bukan tipe orang yang memusingkan soal harga sebuah template. Iya, kalau bisa murah, tapi bagus, ngapain cari yang mahal, kan?

Saya seorang blogger dan saya sangat menyayangkan jika ada pihak yang mengambil kesempatan dalam kesempitan untuk mempromosikan blog ini mengatasnamakan jasa website tertentu sedangkan jasa tersebut sudah tidak ada kaitannya dengan tampilan sekarang. Rasanya seperti sedang mencuri hasil karya orang lain, subhanallah.

Menjadi seorang blogger itu tidak harus selalu serba bisa ini dan itu. Setiap orang punya kemampuan berbeda. Maka, tetap jadilah diri sendiri dan banggalah atas apa yang Allah berikan kepadamu. Dan satu hal lagi, hargai karya orang lain. Bukannya tidak mungkin ada orang yang akan menindaklanjuti lebih jauh jika sudah di luar batas. Beberapa kejadian janggal yang terjadi di website Estrilook juga sudah saya ketahui pasti. Masya Allah, orang sabar memang tidak ada batasnya, tetapi saya pribadi mungkin punya batasan soal itu.

Jadilah dirimu sendiri, banggalah atas kerja kerasmu, dan ingat, gusti Allah mboten sare.

Salam,
24 comments on "Tentang Blogger, Template Blog, dan Jasa Percantik Blog"
  1. Aku pun termasuk yang gaptek mba, selama ini masih pake template blog yang gratisan. Itu pun sebisa mungkin cari yang simpel, soalnya susah edit htmlnya pake coding tambah pusing deh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bolehlah jiwa ada waktu mari kita saling belajar.

      Delete
  2. Saya juga sedang menuju mempercantik tamplate blog ini mbak tapi lagi cari yang pas sesuai karakter saya

    ReplyDelete
  3. aku lg di tahap masukin sitemap dan daftarin di webmaster tools bund. kok yo tamoilannya gak berubah2 ya..

    ReplyDelete
  4. saya juga suka template yg simple kayak punya Mbak Muyyas ini lho.
    serasa zonk deh klo kita BW ternyata templatenya sama dengan template kita, fufufuhh. berasa masuk ke rumah sendiri gitu, hihihh

    ReplyDelete
  5. Saya dari dulu pingin pakai jasa permak tampilan website. Dulu sempat nanya ke salah satu blogger yg buka jasa seperti itu, tapi pas tahu harganya ya lumayan keblinger jg. Kalau ada yg lebih ramah dikantong, mungkin bisa dijadikan pilihan.
    6 bulan belakangan ini saja saya sudah beberapa kali gonta ganti template, susah emang cari template yang sesuai dengan kemauan kita sendiri dan tentunya nggk sama dengan orang lain

    ReplyDelete
  6. Bun, sy kan headernya bun muy yang bikinin..ah, jadi malu, niat autodidak,tp gagal mulu dan gampang nyerahπŸ™Š, memang makan wktu buat sy yng pemula dan cetek ilmunya..
    Salut sm bun muy ini, bloger sejatiπŸ˜πŸ‘πŸ‘

    ReplyDelete
  7. keinget dulu saya pakai blogspot suka gonta ganti template free akhirnya tampilannya jadi aneh dan banyak pembaca yang komplain gak nyaman. lucunya mereka lebih suka blog saya alami tanpa pernak pernik aneh2.

    ReplyDelete
  8. Being a blogger its something mbak. wahahaha

    Saya juga pernah punya suka duka buat merapikan tampilan blog

    ReplyDelete
  9. Saya setuju sama pernyataan mbak kalau jadi blogger itu nggak harus bisa ini itu. Seperti halnya Justice League dg tagline mereka : You can't save the world alone

    Saya pernah juga nulis tentang template berbayar ini di blog saya, tar pas senggang monggo pinarak.

    Kalau saya ambil template berbayarnya di mahatemplates.net

    Seperti mbak muyas, saya juga milih template yang sesuai karakter saya. Simple & minimalis.

    ReplyDelete
  10. Kalau bicara soal tema template memang tidak ada puas dan habisnya. Karena perkembangan dunia blog yang ikut berkembang juga. Mau tidak mau ya harus ikut menyesuiakannya.
    Saya sendiri yang membuka jasa rapi blog, kadang kelelahan. Dan harus pasrah dengan tema sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya dari awal ngeblog lebih suka otak-atik template sendiri dan akhirnya bisa belajar secara otodidak dan gak pernah pake jasa template. Tapi sekarang masih template gratisan sih, but baru berencana mau beralih ke template berbayar setelah baca postingan mbak Muy soal ini

      Delete
  11. Sekali-sekali aku dipercantik blog-nya

    Gambar belum juga 😒

    Hehehe

    Becanda mba... Sukses terus ya

    Dirimu emang luar biasa

    ReplyDelete
  12. Sy msh template asli bawaan blogspot mba Muy... Kepingin yg simpel aja... Gk too much tp kq sy gak ngerti mo kutak katik headernya...biar aga beda. Gaptek sy duuhh 😱😱

    ReplyDelete
  13. Makasih loh blog saya udah di mention hehe. Setuju banget sih bun kalo emang udah move on ngapain jg jasa pembuatan blog yg dulu masih promosiin blognya bunmuy. Ealah ada apakah? Hehe. Gemes yes. Saya pribadi pun jg buka jasa pembuatan blogger tapi jika seseorang tsb sudah ganti templatenya ya saya akan pahami bahwa dia sudah enggak pakai template yg pernah saya kasih. Feel free untuk merubahnya. Saya pun enggak akan promosi blognya dia lagi karena sudah berbeda itu tadi.

    Sabar yes bun, semoga ada doi bisa sadar dan enggak melakukan hal yg seperti ini lagi. Bener2 move on! Hehe. Salam peace, love & gaul πŸ€­πŸ˜‚

    ReplyDelete
  14. Jadi pengen utak atik template blog lagi, ah...

    ReplyDelete
  15. Saya termasuk yang mupeng kalo ada tampilan blog kece Mbak. Tapi, sampai saat ini masih belajar otodidak tanya2 sama temen dan Paman Gugel.

    ReplyDelete
  16. Dulu sya juga semua di kerjakan sndiri tpi makin ke sini kok pgn tampilan yg clean, sophisticated dan stylish (halah) jadilah sya menggunakan jasa permak layoutnya mbak Langita Maravati itu.. Pushing kali mak mak satu ini harus nyisipin code code. Kalau dulu bisa sekarang kok pusing.apa faktor U ya mbak? Hahaha

    ReplyDelete
  17. Saya pemula.. Nyimak aja n seneng baca blognya mba Muyyas��

    ReplyDelete
  18. Mba Muyass, gambarnya sesuatu banget deh. Aku udah cobain apps yg waktu itu Mba Muyass share, tapi hasil gambar aku gak sehalus punya Mba Muyas. Duh, emang aku basicnya kurang jago gambar juga sih hehehe. Saluutt sama gambar2nya Mba Muyass

    ReplyDelete
  19. waktu masih kuliah, saya blogger labil yang doyan banget download template dan gunta ganti template. selain hobi ngedit sekarang udah banyak aplikasi pendukung untuk menghias template blog semakin cantik. terima kasih banget buat yang share cara-cara ngeblog tanpa itu mungkin aku gak bisa buat blog sekarang.

    ReplyDelete
  20. Hehehhe.. Saya masih pake yg model sejuta umat nih Mbak. Masih gaptek buat utak atik. Pengen nyoba lagi, semoga virus semangatnya Mbak muyass nular ke saya yaπŸ€—πŸ˜˜

    ReplyDelete
  21. Aku juga termasuk penikmat template gratisan mba hihihi tapi ya itu nyari2 sampe page belakang2 biar gak ada yang nyamain hehehehe.. soalnya mau beli yg premium harganya lumayan mahal

    ReplyDelete
  22. Kalau template blog saya carinya masih yg gratis dan lucu. Belum detail.karena malas mikirinnya. Tapi ini salah banget yah. Kan performa blog juga tergantung temmpalte. Hiks

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature