Top Social

Buka-bukaan Saat Menulis Postingan Baru di Blog

Foto: Pexels.com

Apa saja yang kamu lakukan ketika akan menulis postingan baru di blog? Apa saja yang kamu buka di layar laptop kamu? Apakah sama seperti saya? Tim suka kedamaian dan nggak suka menyalakan musik apalagi ngemil saat mau ngeblog? Ataukah kamu butuh camilan satu mangkok supaya punya tenaga lebih ketika menulis?

Saya adalah tim cinta damai…kwkwk. Nggak bisa menulis di saat yang kurang tepat karena bakalan buyar semua konsentrasi. Iya, jadi nggak mudah buat saya menulis terutama menulis buku yang pastinya isinya nggak sesantai saat menulis postingan di blog. Yang paling sebel ketika mas ikut kerja di kamar dan menyalakan live apa gitu…kwkwk. Akhirnya kena semprot karena saya nggak bisa menulis. Duh, merepotkan sekali saya ini.



Saya juga nggak bisa menulis sambil ngemil. Yang ada malah ngemilnya yang jadi, nulisnya malah buyar. Berbeda sama mas, beliau kerja bisa sambil dengerin ceramah…kwkwk. Kalau kamu ikut tim mana, nih?

Nah, ketika menulis di blog, ada beberapa halaman yang saya buka selain Google. Apa saja? Apakah kamu sama seperti saya juga?

Blogger
Sudah pasti karena saya pakai blogspot, maka saya harus membuka halaman ini untuk posting tulisan baru. Kenapa memilih blogspot? Karena ini jauh lebih simpel apalagi buat yang gaptek seperti saya. Mengurus wordpress itu butuh tenaga lebih, ya. Saya baru kenal wordpress ketika membuat website Estrilook.com. Dan ternyata memang lebih sulit.

Untuk muyass.com, saya lebih suka memakai blogspot dan belum ada keinginan buat pindah ke wordpress mengingat saya juga ngeblog belum profesional dan masih belajar. Mungkin suatu saat ada keinginan ke sana, tapi untuk saat ini saya belum berpikir mau pindah.

Pexels.com
Karena saya suka memakai gambar-gambar yang cantik, nggak ada pilihan lain sebaik Pexels.com. Ini bukan promosi, ya…haha. Saya sangat suka memakai gambar, tapi saya juga nggak punya stok gambar yang banyak. Jadi, salah satu pilihan yang tepat tentu memakai gambar dari situs penyedia gambar gratisan seperti ini.

Gambar-gambar di Pexels itu lebih menarik saja buat saya. Banyak dan sangat sesuai dengan keinginan. Kalau artikel tanpa gambar kesannya hambar banget pokoknya.

Canva
Kenapa harus pakai Canva.com? Karena saya butuh ukuran gambar yang sama untuk blog saya. Iya, kalau gambar di dalam artikel sih nggak harus selalu sama. Tapi, buat gambar sampul itu wajib sama karena bakalan mempengaruhi kerapihan tampilan blog kita.

Untuk blog ini saya pakai gambar dengan ukuran 800x500. Itu cocok banget sih menurut saya. Sedangkan untuk Estrilook.com saya pakai ukuran 800x600. Template Estrilook juga butuh gambar sampul yang sama. Kalau beda, langsung tampak berantakan.

Di Canva, kamu bisa menambahkan text juga. Jadi, lengkap banget sih buat saya.

Muyass.com
Ngapain buka halaman blog sendiri? Mau narsis atau gimana? Haha. Saya perlu dan butuh membuka halaman blog sendiri karena saya harus memasukkan judul dan link postingan lain di dalam postingan baru saya.

Contohnya seperti yang saya masukkan pada ‘Baca Juga’ di atas. Itu saya masukkan manual alias tanpa kode. Iya, beberapa orang sampai inbox dan nanya itu gimana cara bikinnya…hihi. Padahal saya ngarang bebas aja waktu itu. Iseng-iseng aja saya bikin gambar dan text ‘Baca Juga’ pakai canva. Kalau mau coba, silakan dicoba cara saya, ya. Pakai gambar sendiri, jangan ambil gambar saya lho *jahad…kwkwk.

KBBI
Karena sadar bahasa saya masih belum sempurna maksimal, akhirnya saya pun selalu membuka KBBI online. Jika ada kata yang kayaknya nggak benar penulisannya atau butuh kejelasan, saya bisa langsung cek supaya bisa diperbaiki sebelum diposting.

Ini juga saya pakai ketika menulis naskah buku. Iya, kadang bahasa yang familiar kita pakai sehari-hari nggak selalu sesuai dengan KBBI, lho. Misalnya saja kita sering pakai kata ‘antri’ padahal yang benar ‘antre’, ya. Dan banyak lagi kata-kata lain yang belum saya hapal sepenuhnya.

TinyPNG
Biar gambar-gambar yang dimasukkan dalam postingan blog kita nggak bikin berat dan loading lama, maka saya pakai TinyPNG.com buat ngompress gambar. Iya, ini simpel aja sih tapi kadang nggak banyak juga yang peduli. Sedikit merepotkan, iya, hanya sedikit, tapi kalau kamu mau blog nggak terlalu lama loadingnya, sebaiknya kamu compress dulu gambar sebelum diposting.

Dan pastinya saya selalu mengetik artikel di Ms Word dulu untuk kemudian saya simpan dalam file khusus bersama postingan blog sebelumnya. Ini penting banget. Begitu juga dengan artikel lainnya. Tinggal kamu bedakan saja mana postingan untuk blog, media lain, atau naskah buku.

Nah, kalau kamu ngapain aja ketika mau ngeblog? Apakah seribet saya? Atau malah lebih ribet lagi? Haha. Semoga tetap semangat ya ngeblognya meski kemarin DA hampir semua blog terjun bebas setelah berjuang satu per satu menaikkannya. Luruskan niatnya lagi dan semoga kerja keras kita berbuah pahala dan bermanfaat bagi pembaca.

Salam,
13 comments on "Buka-bukaan Saat Menulis Postingan Baru di Blog"
  1. Wah kl sy nggak keduanya mba
    ..hrs betul2 sunyi and sepi 😁😁 baru bs nulis... Itu jg langsung ngetik di blogger langsung gt... Paling tinggal edit2 gt aja lah... Soal DA PA duh sy mah apalah gak mudeng blass. 😂😂

    ReplyDelete
  2. embak golongan darah A kah hehehe sepertinya rapi sekali pengerjaan blognya,...

    Artikel yang bagus dan bermanfaat mbak, ijin coba nerapin beberapa yah

    ReplyDelete
  3. Kalau saya sih sukanya sambil dengar music, tentunya ditemani snack dan secangkir latte....ngeblog pun makin seru...karena saya lebih suka membaca daripada menulis, jadinya blogwalking lebih intens daripada membuat sebuah tulisan...:k :k

    ReplyDelete
  4. kalau abang menulis, kadang suka dadakan datang idenya. jadi nggak sempat bikin konsepnya. ketika jalan-jalan semuanya uda dikepala. tinggal sur, langsung kedepan komputer dan masuk keblog

    ReplyDelete
  5. Nulis sambil buka KBBI online, jujur mbak, baru kepikiran.. biasanya nulis ya nulis ajah, wah makasih nih triknya

    ReplyDelete
  6. Saya masih pakai shutterstock untuk urusan gambar. Meski beberapa kali melanggar pakai google image terutama cari gambar2 meme yang ternyata pas buat di blog.

    ReplyDelete
  7. Aku tipe blogger yang juga butuh kesunyian kalau nulis. Jauh-jauh dari handphone, kalau udah pegang hp malah keblabasan buka yang enggak-enggak, wasting time haha....
    Canva emang aplikasi edit gambar favorit sih, aku tidak pandai desain soalnya...

    ReplyDelete
  8. Saya termasuk yang mana ya? Kayaknya yang pakai musik tapi nggak kenceng banget. Kalau ngemil udah pasti dijauhin (inget timbangan wkwkwkwk) sekarang lagi berpikir buat mempercantik tampilan blog biar rapih kayak punya mbak.

    ReplyDelete
  9. Baru tahubyang bener itu antre bukan antri wkwkwk..blogger macam apa saya hahah..kayaknya kudu ngikutin tips mbak muyas neh. Buka kbbi online juga.

    Saya lebih seneng kalo buat awal-awal tuh nulis di note hape lho mbak. Tiap dapet ide di mana aja langsung deh tulis di note hape. Abis itu bluetooth ke laptop. Finalisasi, copas ke template blog. #eh jd curcol

    ReplyDelete
  10. Sama mba. Aku juga kalau nulis atau mikir itu ga bisa sambil dengerin musik atau sambil makan gitu. Aku butuh keheningan soalnya. Kalau gambaf aku pake canva juga dan sejak jadi blogger aku juga suka buka KBBI soalnya ngerasa masih banyak yang perlu aku pelajari

    ReplyDelete
  11. Hahah sama nih mba, kalo ga pexel ya pixabay heheu

    ReplyDelete
  12. Kalau saya sering buka wordpress sama tinypng mbak. hihi

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature