Top Social

Tips Aman Menggoreng Ikan Tanpa Takut Meletup-letup

Foto: Pexels.com

Pernah punya pengalaman buruk saat menggoreng ikan atau makanan lain yang mudah meletup atau meletus? Saya biasanya akan melindungi tangan kanan menggunakan lap kering, dibungkus rapi biar nggak kena minyak. Jujur saja, hampir setiap menggoreng ikan, ayam, atau ati ampela, tangan saya selalu kena letupan minyaknya yang lompat ke mana-mana. Sungguh mengerikan setiap menggoreng beberapa jenis makanan tersebut. Meski terlihat berbahaya, tak jarang bikin kulit melepuh, tapi tetap saja akan kita ulangi lagi, kan?

Ati ampela dan ikan pindang merupakan makan kesukaan paksu. Tapi, kedua jenis makanan ini malah paling sering meletus ketika digoreng. Selain menutup tangan menggunakan lap, saya juga menutup teflon rapat-rapat supaya minyak tidak lompat ke mana-mana.

Saya bukan wanita lebay. Ngepel lantai atas dan bawah sambil masak dan nyuci aja dikerjain sendiri…kwkwk. Tapi, urusan menggoreng ini benar-benar bikin ngeri. Kebayang lengan saya yang sering banget melepuh bahkan menggelembung berisi air karena kena minyak panas…huhu. Kadang wajah juga kena.


Ada yang menyarankan supaya saya membelah jantung yang ikut digoreng bersama ati ampela ayam. Katanya kalau dibelah nggak bakalan sampai meletus. Tapi, ternyata itu nggak berguna. Sampai pada saatnya saya melihat postingan Instagram @Umi_Halim di Instagram. Di sana beliau menjelaskan gimana caranya supaya kita tetap aman ketika menggoreng ikan atau ayam tanpa takut kena letupan minyak.

Dan saat itu juga saya merasa sangat tertolong dengan postingan tersebut. Saya coba ketika menggoreng ati ampela yang telah diungkep. Awalnya masih ngeri, jadi masih ditutup teflonnya rapat-rapat. Siapa tahu tipsnya nggak bekerja pada saya. Siapa tahu, kan? Haha.

Dan, ternyata tipsnya berguna banget. Selain simpel dan mudah, cara ini memang benar-benar efektif mengurangi letupan, bahkan memang sama sekali nggak ada letupan. Jika ada, pasti ledakannya kecil banget, nggak sampai melompat ke mana-mana.

Nah, seperti apa tisp aman menggoreng ikan atau ayam tanpa meletup-letup?

Foto: Pexels.com
Ternyata cukup tambahkan satu sendok makan tepung terigu ke dalam minyak yang telah panas, sesaat sebelum kita menggoreng ikan atau ayam. Tabur aja satu sendok atau kurang sedikit pun nggak masalah. Kemudian masukkan ayam atau ikan dan goreng seperti biasa.

Untuk proses menggoreng berikutnya, jika memang khawatir, boleh tambahkan sedikit tepung lagi. Masukkan lagi ikan atau ayamnya dan goreng sampai matang dan keemasan.

Tips ini benar-benar ampuh dan bisa kamu coba. Sampai sekarang, saya selalu menggunakan cara ini ketika hendak menggoreng  makanan yang gampang meletus. Tips ini benar-benar membantu banget buat kita-kita yang senang memasak. Jadi, nggak perlu pakai helm lagi 'kan sekarang? Haha.

Semoga tipsnya bermanfaat dan selamat mencoba, ya!

Salam,
7 comments on "Tips Aman Menggoreng Ikan Tanpa Takut Meletup-letup"
  1. Wah bisa di coba tipsnya mba emg sk sebel kl meletup2 ushbkena minyak... Kompor jg ikutan kotor. Sebelll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak..lantai semua jadi licin berminyak..silakan dicoba... :)


      Delete
  2. Tepat sekali mbak, istri saya selalu pakai tepung buat mengatasi letupan2 minyak goreng wahahaha.. Kalau saya lebih suka cara konvensional seperti pakai perisai tutup panci wkwkwkwk

    ReplyDelete
  3. Terima kasih tipsnya Mbak. Saya sering banget mengalami seperti itu. Sampai tangan dibungkus lap. Paling males nggoreng ikan.

    ReplyDelete
  4. Wahhh bener banget tuh, kadang kalau menggoreng dikos seperti ikan atau makanan daging lainnya suka pake rompi jam hujan yang kelelawar itu sambil menggunakan helm hehe, tapi dengan tips ini sekarang jadi gak takut lagi goreng daging, wahhh baru tau nih dengan ditambahkan tepung kedalam penggorengan bisa mengatasi hal itu, terima kasih sangat membantu sekali, :D

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature