Top Social

Seblak Super Pedas, Teman Ngemil di Musim Hujan



Dari kemarin pengen banget bikin seblak, tapi ternyata nyari kencur itu susah…haha. Kata penjual sayur kencurnya mahal banget jadi mereka nggak pernah beli buat stok karena pembeli pun malas membeli saking mahalnya.

Nggak sengaja beberapa hari lalu penjual sayur mengeluarkan sedikit kencur. Hanya 3-4 buah kencur berukuran besar. Katanya mau bikin seblak, kemudian saya pun meminta sebagian untuk dibeli karena pengen juga bikin seblak…kwkwk. Alhamdulillah dapat 1 berukuran besar.

Semalam akhirnya bikin deh seblaknya. Nggak pakai isian macam-macam. Hanya pakai sawi hijau, kerupuk, dan telur. Pakai cabai rawit satu genggam…haha. Awalnya merasa itu berlebihan dan takut nggak kuat makannya, eh ternyata nggak terasa pedasnya. Mungkin karena saya suka makan pedas. Ketika dicobain sama suami, dia huhah huhah. Nggak kuat…haha* seneng banget nge-bully suami kwkwk.


Bikin seblak itu nggak susah. Kalau kamu punya sosis, kamu bisa kasih isian sosis di dalamnya. Kalau ada bakso, kamu bisa masukkan juga. Kadang saya bikin cilok dan dimasak jadi seblak. Nggak kalah enaknya. Bisa juga tambahkan mie ke dalamnya. Banyak variasi yang bisa kamu buat. Yang pasti seblak ini enak banget dan bikin nagih!

Bahan:
1-2 genggam kerupuk
1-2 butir telur
Secukupnya sawi hijau
Sedikit air

Haluskan Bumbu:
6 siung bawang merah
2 siung bawah putih
2 ruas kencur atau sesuai selera
Secukupnya cabai rawit merah
Secukupnya gula dan garam

Cara Membuat:
1. Rebus dulu kerupuknya sampai agak lunak, tapi jangan terlalu lembek karena nanti akan dimasak ulang.

2. Haluskan bumbu dan tumis. Beri gula dan garam. Masukkan telur yang telah dikocok lepas, aduk-aduk sampai jadi orak arik. Tambahkan air dan aduk bersama bumbu.

3. Masukkan kerupuk yang sebelumnya telah direbus. Masukkan sawi dan tes rasa. Jika sudah pas matikan api dan sajikan selagi hangat.

Voila! Seblak buatanmu pun siap disantap. Gampang banget, kan? Semakin banyak kencurnya, semakin enak dan khas pula rasanya. Saya pribadi lebih suka kalau sayurnya dibanyakin, karena memang senang makan sayur. Dan lebih suka dengan isian simpel seperti ini daripada ada sosis atau baksonya.

Nah, kalau kamu lebih suka yang seperti apa, nih?

Salam,
6 comments on "Seblak Super Pedas, Teman Ngemil di Musim Hujan"
  1. Pas banget nih sama suasana di sini yang dingin2 hujan. E tapi pake kencur yahhh. Entar kalo ujannya agak mendingan, saya coba cari di pasar dulu (moga gak becek). Makasi resepnya mbak. Seneng bisa nemu postingan ini di hari ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, seblak khasnya aroma kencurnya itu memang..


      Delete
  2. Lagi kepengen makan seblak sayang saya lagi sakit dan gak boleh makan pedas yang kebangetan. Biasanya beli di warung cuma 2 atau 3 ribu rupiah. Saya sukanya yang isian basreng campur mie, kwetiau, kerupuk yang berbentuk seperti mie jala kecil yang bulat maupun persegi. Lebih empuk jika dijadikan seblak.
    Udara dingin jika hujan dan memang enaknya makan yang pedas agar perut hangat, he he.
    Tampilan fotonya bikin kabita, ha ha. Ada jeruk nipis atau purut segala.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, murmer sekali, Mbak..di sini pernah beli 15 ribu..haha..



      Delete
  3. Duh kan, jadi kangen seblak buatan istri T.T

    Kalau kata istri bikin seblak mudah banget emang, tinggal cemplung-cemplung aja katanya.. Hahaha.. Terus kalau beli tu rasanya kurang nikmat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi sekarang ada yang instan, pernah nyoba rasanya nggak banget..hehe. Mending bikin sendiri pokoknya..

      Delete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature