Top Social

Rujak Buah Apel, Cara Asyik Konsumsi Apel Tanpa Ribet



Alhamdulillah, hari ini akhirnya memaksakan diri bangun dari tempat tidur alias mulai beraktivitas seperti biasa. Meski sebenarnya kepala masih keliyengan dan badan suhunya masih belum normal. Maunya makan beli aja daripada repot masak. Tapi, ternyata saya merasa bersalah kalau ngasih anak-anak makanan yang dibeli mulu…hiks. Bukannya sok rajin, tapi ujung-ujungnya mereka milih menu yang nggak banget kalau dimakan terus-terusan, seperti ayam goreng tepung misalnya.

Daripada emaknya kepikiran, akhirnya pagi ini bilang sama paksu, "hari ini Bunda mau masak aja." Selesai belanja sayur dan kawan-kawannya, mulailah masak sup dan ayam goreng. Subhanallah, ternyata malah keringat dingin, Sodarah…haha. Maksa banget bangun. Rasanya pengen ambruk di dapur. Parah banget virus zaman sekarang, ya. Sudah hampir seminggu masih begini aja. Lemes parah dan masih sangat tidak nyaman.

Saya pribadi jarang sekali minum obat flu atau batuk. Sebab sudah nggak percaya juga karena setahu saya cairan bisa lebih membantu seperti rekomendasi dari WHO. Apalagi antibiotik, tentu saja sangat tidak diperlukan untuk infeksi virus. Sedangkan suplemen yang diklaim bisa meningkatkan imunitas tubuh setahu saya juga nggak disarankan oleh dokter terutama mereka yang RUM.


Sakit karena batuk pilek obatnya cairan dan sabar aja. Kalau nggak kuat baik karena suhu tinggi atau kepala pusing, mending minum penurun demam seperti paracetamol yang terbukti lebih aman dikonsumsi untuk segala usia. Tapi, tetap sesuai kebutuhan. Bagaimanapun, namanya obat sudah pasti ada efek sampingnya juga seperti memperberat kerja ginjal.

Saya lebih suka makan-makanan yang bergizi seperti sup ayam, makan sayuran mentah, minum jus buah, atau makan buahnya langsung. Karena sakit yang disebabkan virus akan sembuh dengan sendirinya tergantung dari daya tahan tubuh. Biar daya tahan tubuh terus membaik, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan makan yang benar meski sedang sakit.

Kalau urusan makan, jujur saja saya nggak perlu disuruh. Malah harusnya dilarang…kwkwk. Eh tapi sakit kali ini agak nggak nafsu makan juga karena entah rasanya sedikit mual dan lebih banyak sakit kepala juga yang bikin perut jadi eneg dan nolak makan.

Biar nggak bosan hanya minum jus jambu merah dari kemarin, akhirnya pagi ini mencoba membuat rujak buah. Sayangnya, buah yang ada di kulkas hanya jeruk, jambu, dan apel. Nggak ada buah lain. Ya udahlah pakai yang ada saja. Terpikir mau bikin rujak buah apel yang segar. Berharap daya tahan tubuh semakin membaik.

Nah, rujak buah ini simpel aja bikinnya. Saya yakin, semua orang juga bisa bikin…hihi. Kalau kamu punya jenis buah lain, bisa dicampur saja supaya lebih bervariasi dan mantul!


Bahan:
2 buah apel (jenisnya sesuai selera)
Setengah genggam kacang tanah goreng
3-4 keping gula merah ukuran kecil
4 buah cabai rawit merah
Sedikit asam jawa
Sedikit garam
Sedikit air

Cara membuat:
1. Cuci apel sampai bersih, potong-potong sesuai selera.

2. Haluskan semua bumbu, beri sedikit saja air. Saya pribadi lebih suka kacang tanahnya tidak terlalu halus. Selain lebih enak ketika dimakan, saya juga nggak suka ngulek sampai halus. Capek…kwkwk.

3. Setelah rasanya pas, tata apel di sampingnya dan siap dihidangkan.



Voila! Rujak buah apel siap disantap. Segar dan enak banget meski ngasal karena buahnya hanya apel. Harusnya ada mentimun, jambu air, nanas, dan bengkuang, ya. Tapi, ini aja udah enak. Yang penting sambalnya banyak, ya.

Cuaca sekarang mulai tak menentu. Sehari hujan, besoknya panas. Bikin meriang nggak pergi-pergi malah pingpong sama si bungsu. Berasa banget badan nge-drop hari ini. Ketika menulis ini beneran muncul urtikaria…hu. Kalau sudah urtikaria, berarti saya benar-benar nggak fit. Butuh banyak istirahat. Tapi, ibu-ibu istirahat, apa kabar kerjaan rumah?

Semoga teman-teman sehat selalu, ya. Jaga kesehatan dan jangan lupa istirahat yang cukup!

Salam,
2 comments on "Rujak Buah Apel, Cara Asyik Konsumsi Apel Tanpa Ribet"
  1. Kalo si tp ku namanya petis mba.. Aki jg suka gadoin bumbu rujak yg kacang nya msh kasar hi hi enak kriuk2. Emg ntl bgt musim ujan ga nentu kudu bnyk mkn sayur dan buah 😊😋😋

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini bumbunya nggak pakai petis mbak, wah baru tahu rijak buah pake petis juga yaa...

      Delete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature