Top Social

Hapus Kemalasanmu dengan SETIP! Seminggu Tiga Postingan Bersama Estrilook Community


Pernah merasa bosan dan malas mengisi blog? Saya pikir, hampir semua blogger pernah merasakan ini. Apalagi kalau musim hujan seperti sekarang di mana tubuh kita sudah nggak fit pula, jangankan disuruh menulis, tiduran aja rasanya serba salah, ya. Dan itulah yang saya rasakan beberapa hari ini. Badan lemas karena meriang dan flu.

Tapi, kalau terus menerus mengikuti rasa malas, pasti ujung-ujungnya kita nyesel sendiri telah melewatkan waktu tanpa hal berarti termasuk meninggalkan hobi menulis yang awalnya begitu kita sanjung-sanjung. Sebenarnya, setelah mulai membangun komunitas menulis di Estrilook Community, saya merasa bahwa membantu orang lain tetap semangat itu lebih susah daripada menyuruh diri sendiri tetap disiplin, lho. Meski sudah diberi suntikan semangat berkali-kali, rupanya sebagian dari member Estrilook masih belum berhasil mengatasi kemasalannya dan belum mampu mengatur waktu sehingga tak ada kesempatan sedikit pun untuk menulis.

Karena itu, Estrilook Community yang awalnya hanya sekadar jadi wadah belajar buat para kontributor Estrilook.com, kali ini lebih melebarkan sayap dengan mengajak semua orang belajar menulis dan tetap produktif meski tak selalu harus tembus media. Contoh kecilnya saja dengan konsisten mengisi blog masing-masing.


Nggak semua orang bisa bikin blog. Karena itu, saya dan tim Estilook membuka kelas ngeblog gratis beberapa bulan lalu. Sehingga setiap member yang baru atau yang belum punya blog bisa mempelajari dan membuatnya supaya bisa menulis juga seperti yang lain. Tapi, sampai di sini saja rupanya nggak cukup, ya.

Bulan Januari kemarin, Estrilook Community mengadakan even menulis One Day One Post selama 31 hari penuh. Awalnya yang ikut banyak banget, dan akhirnya hanya tersisa belasan orang saja yang berhasil sampai garis finish.
Ada yang penasaran bikinnya pakai apa? Cuma pakai aplikasi menggambar dari Ibis, lho *promosi mulu..kwkwk
 
Ternyata menjaga konsistensi itu lebih susah daripada hanya sekadar memulai. Bikin blog lebih gampang daripada mengisinya dengan rutin. Semua orang pasti antusias ketika diajak menulis, kemudian mulai kendor di tengah dengan berbagai macam alasannya masing-masing. Tidak ada yang bisa disalahkan sebab tugas kita hanya membantu dan memfasilitasi, sedangkan jika mau berubah bengkelnya ada di dalam pribadi masing-masing.

Saya merasa sangat beruntung karena saat ini semua bisa dijangkau lebih mudah oleh penulis terutama mereka yang pemula. Pusing dan nggak paham bisa bertanya pada yang lain. Berbeda saat saya baru memulai hobi ini beberapa tahun silam. Internet susah, nyari komunitas menulis yang aktif juga nggak mudah. Jadi, masalahnya saat ini hanya kamu mau disiplin atau nggak? Sebab orang lain tak bisa membantu lebih banyak daripada itu. Harus kamu sendiri yang memulainya, harus kamu sendiri yang menjalani prosesnya.

Nah, setelah mengadakan ODOP kemarin, rasanya banyak yang nyesek apalagi setelah melihat logo dan sertifikat yang kami buat…kwkwk. Sebab rupanya banyak banget yang gagal dan tumbang di tengah jalan. Ya, sertifikat itu hanya bonus memang, sedangkan menaklukkan kemalasan itulah musuh sebenarnya.

Dari Muyass untuk Muyass ini namanya..kwkwk. Narsis ya bikin sendiri isi nama sendiri :(
Banyak banget yang ingin ODOP diadakan lagi, tapi saya yakin peserta masih ngos-ngosan juga pastinya. Sebab dalam sebulan penuh, tidak pernah ada kata libur dalam ODOP. Mungkin kami bisa adakan yang lebih santai, tetapi tetap bisa memacu semangat mereka. Maka muncullah ide seminggu menulis tiga postingan atau kami sebut SETIP.

Kenapa namanya SETIP?
Karena nama ini lebih cocok buat blogger yang masih enggan mengisi blognya. SETIP di tempat saya merupakan sebutan untuk penghapus. Sedangkan mereka dan bisa jadi  saya yang masih malas mengisi blog butuh penghapus untuk menghapus rasa malas kami. Karena itu, kami sepakat menamai even menulis ini dengan sebutan SETIP, seminggu tiga postingan.

Berapa lama SETIP diadakan?
Tiga bulan penuh, mulai Februari hingga April 2019. Kenapa lama banget? Karena kami tidak harus posting setiap hari seperti ODOP, maka kami butuh even yang bisa membantu kami tetap konsisten mengisi blog minimal seminggu sekali, karena itu, tim Estrilook memutuskan waktu yang cukup panjang sebab merasa ini tidak terlalu berat seperti ODOP.

Siapa saja yang bisa ikut SETIP?
Semua blogger yang mampu berkomitmen dan amanah dengan ketentuan yang sudah disebutkan. Menurut teman-teman, syarat inilah yang paling susah. Kadang sebagian dari kita butuh dipaksa untuk tetap konsisten, setelah terbiasa semua akan jauh lebih mudah.

Jika kamu berniat ikutan juga, bergabunglah dengan Estrilook Community dan bantu dirimu menghapus rasa malas, supaya waktumu jauh lebih produktif lebih dari biasanya.

Kapan harus setor link postingan dan di mana?
SETIP akan dimulai pada 04 Februari 2019 yakni tepat pada hari Senin. Nantinya setiap minggu para blogger harus setor link postingannya setiap Senin, Rabu, dan Jumat pada postingan yang telah disediakan oleh admin. Karena itulah, setiap peserta wajib masuk FB Grup Estrilook Community karena semua kegiatan akan dilakukan di sana.

Bagaimana jika saya tertinggal?
Seperti biasa, kamu masih boleh merapel dan kami beri waktu maksimal seminggu untuk mengejar ketertinggalan. Jadi, kalau sampai batas waktu yang kami berikan belum juga selesai, mohon maaf, berarti kamu gagal menyelesaikan tantangan ini.

Batas waktu satu minggu diberikan setelah even berakhir pada akhir April 2019. Kamu masih punya banyak waktu untuk menambal semua kekuranganmu. Jangan sampai kamu gagal lagi. Jaga komitmenmu sejak awal hingga akhir!

Apakah postingan untuk SETIP bertema?
Selama ini kami agak bosan dengan postingan bertema dan terkesan monoton. Bahkan ada salah satu blogger yang bilang bahwa sangat membosankan melihat semua postingan blogger ternyata mengangkat tema yang serupa. Karena itu, kami memberikan kebebasan untuk semua peserta supaya bisa juga menyesuaikan dengan kategori blognya.

Nah, kalau kamu tertarik bergabung, segera penuhi beberapa persyaratannya dan bergabunglah di Estrilook Community. Tidak hanya even ODOP dan SETIP, kami juga aktif mengadakan Blogwalking setiap Senin dan Kamis, lho.

Nggak ada salahnya bergabung bersama kami, apalagi jika kamu merasa hari-harimu sebagai blogger mulai hambar karena rasa malas yang berlebihan. Bisa jadi kamu butuh suntikan semangat dari pada blogger yang lain. Kuy, isi blogmu dengan rutin, sebab itu adalah rumah kita, tempat di mana kita selalu mencurahkan perasaan tanpa batas di dalamnya. Jaga baik-baik dan isilah dengan sepenuh hati tanpa kata terpaksa.

Salam,
9 comments on "Hapus Kemalasanmu dengan SETIP! Seminggu Tiga Postingan Bersama Estrilook Community"
  1. Sukse ya mba say, maaf belum bisa join. Btw baca tulisanku ttg me. Time dong, aku mention kamu lho❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..gppa, Mbak..santai aja.. :)

      Aku segera meluncur nih penasaran..hihi

      Delete
  2. Selalu menginspirasi mba Muy. Love

    ReplyDelete
  3. Wah.. saya bisa join gak ya..? Soal nya kadang blog saya isi nya copyan dari blog lain...

    ReplyDelete
  4. Ini mba kendalanya.. Msh krg konsisten aku kadang menggebu. Kdg melempem ky krupuk

    ReplyDelete
  5. Jadi pengen masuk ke grupnya Estrilook cuma hm...tantangan menulis itu luar biasa apalagi kalau pas kepentok ide

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature