Top Social

Toilet Training Jadi Lebih Mudah dengan Training Pants



Di usianya yang sudah hampir 3,5 tahun, Alhamdulillah banget Dhigdaya sudah lancar ke kamar mandi untuk BAK dan BAB. Dia sudah hampir tidak pernah ngompol di celana, dan untuk BAB sudah 100% lulus, dia sudah tidak pernah BAB di celananya lagi, Masya Allah.

Dulu saya cukup bingung bagaimana ngajarin dia ke toilet karena sehari-hari dia pakai popok sekali pakai (pospak) terus, lho. Ngebayangin ngajarinnya udah puyeng duluan ketimbang praktiknya. Soalnya dulu kakaknya terbiasa memakai clodi, bukan pospak. Ketika toilet training , saya benar-benar melepaskan total popoknya. Jadi, kebayang ‘kan itu kadang BAK dan BAB di lantai…hihi. Sayangnya, sejak punya anak kedua, kekuatan ngurusin yang begitu-begitu udah mulai pudar. Ya, sekarang mana kuat kalau harus praktik seperti itu lagi.

Saya IRT tanpa ART dengan segudang kerjaan sama seperti ibu-ibu lainnya. Rasanya terlalu capek kalau harus pakai clodi untuk anak kedua. Saya mengukur kemampuan saya sendiri, nggak mau sok kuat, sok go green tapi nyatanya nyesek ujungnya, intinya saya nggak mau kerepotan dan bikin saya jadi nggak menikmati apa yang sudah ada dan Allah kasih (dalem banget…hihi). Tahu sendiri kalau emak- emak suntuk bisa bahaya isi rumah. So, saya harus tahu cara menjaga ‘kewarasan’ diri sendiri.

Jadi, setelah melahirkan, saya langsung memutuskan akan pakai pospak untuk anak kedua. Ya, nggak mau nyoba-nyoba pakai clodi lagi. Nah, ketika usianya sudah tiga tahun, baru selesai menyapih, barulah saya sadar kalau saya belum melatih Dhigdaya ke toilet. Ya, dilatih, sering diajakin sih ke toilet, tapi dia belum 100% bisa.

Yang kebayang waktu itu, gimana nih kalau harus lepas pospak total dalam proses toilet training? Kayaknya nggak sanggup ngepel dan menyucikan lantai bekas dia BAK dan BAB di mana-mana…hiks. Mikirin kerjaan rumah yang ada aja udah banyak banget ‘kan?

Bagian dalam training pants
Kemudian saya juga mendengar ucapan yang cukup menguatkan, “Nanti juga bisa sendiri. Ada masanya juga kok.”

Dan itu bikin saya yakin kalau anak yang nggak lepas pospak pun bisa dilatih ke toilet (alasan pemalas…kwkwk). Dan benar saja, ini jauh lebih mudah buat saya. Saya mulai melatih dia ke toilet setiap hari. Awalnya 10 menit sekali, setelah itu ditambah jaraknya dan pastinya dia tetap memakai pospak. Jadi, misalnya dia terlanjur kencing atau BAK, masih beruntung nggak ke lantai melainkan tetap di pospaknya. Bisa jadi karena usianya memang sudah sangat siap. Kalau malam, dia harus BAK dulu, tapi tetap pakai pospak. Paginya harus segera diajak ke kamar mandi.

Dan waktu berjalan begitu cepat, ternyata seperti yang saya bayangkan, memang ada saatnya anak-anak bisa mandiri dan siap, ya. Si bungsu rupanya belajar lebih cepat dari yang saya bayangkan. Tanpa lepas pospak seperti kakaknya, dia sudah bisa bilang mau BAK dan BAB. Bahkan kalau malam hari juga sudah hampir tidak pernah ngompol, lho.

Setelah hampir tidak pernah ngompol, saya membiasakan dia memakai celana setiap hari. Nah, biar lebih aman saya pakai training pants warisan dari kakaknya dulu..kwkwk. Emak irit nggak mau rugi…hihi. Nah, kalau pakai training pants, pastinya BAK tidak langsung bocor karena training pants dibuat dari bahan yang lebih tebal daripada celana biasa. Bahkan beberapa memakai bahan microfiber yang menyerap cairan.

Kalau dulu, berburu training pants ini lumayan sering. Kenapa? Dulu masih hits banget gitu pakai clodi dan training pants. Bentuknya lucu-lucu dan imut gitu. Warnanya juga cerah dan ceria.

Karet pinggang yang nyaman

Selama ini saya pernah membeli training pants lokal dan yang bukan lokal. Nah, untuk yang saya foto, ini yang lokal dan bahannya enak banget, lho. Karet pingganggnya juga nggak bikin sakit di perut si kecil. Enaknya lagi, celana seperti ini bisa diwariskan ke adiknya (bisa jadi adik-adiknya..hihi).

Dengan memakai training pants ini, proses toilet training benar-benar jadi lebih mudah. Kita nggak perlu khawatir bocor kalau dia belum pandai ke toilet. Dan pastinya bisa menghemat pospak juga selama proses toilet training nanti.

Tulisan ini diikutsertakan dalam One Day One Post bersama Estrilook Community #Day11

Salam,

2 comments on "Toilet Training Jadi Lebih Mudah dengan Training Pants"

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature