Top Social

Sambal Petai dan Ikan Asin, Teman Makan yang Bikin Nagih!




Waktu belanja sayuran, tampaklah itu petai yang bagus-bagus menggantung dan melambai minta dibawa pulang *halu banget, ya…haha. Biasanya petai yang saya jumpai kadang sudah nggak bagus kondisinya, jadi malas mau beli. Qadarallah yang sekarang ini menggoda banget, akhirnya beli dua papan petai.

Emangnya saya suka petai? Banget, sih! Kok bisa suka? Mungkin banyak orang heran kenapa ada beberapa orang yang suka makan petai padahal petai itu baunya nggak enak, selain itu rasanya juga biasa saja. Itu kata orang yang nggak suka, ya. Sedangkan bagi yang suka, baunya bisa jadi dinomorduakan, dan rasanya bisa masuk sampai ke hati. Lebay! Kwkwkwk.

Waktu masih kecil, orang tua saya punya beberapa pohon petai di sawah. Yup! Nggak hanya satu, tetapi beberapa pohon. Nah, kalau sedang musim petai, selain dijual, Bapak pasti membawa pulang juga. Selain dibagikan untuk saudara, petainya juga kita makan sebagai lauk makan nasi setiap hari. Jadi, awalnya suka karena ketika musim panen petai, Ibu nggak bakalan masak apa pun selain sambal. Jadi, sudah kebayang gimana bisa saya nolak? Akhirnya ikut-ikutan makan juga dan lama-lama suka juga.


Kalau di Jakarta, harga petai lumayan banget, ya. Kalau cerita harga petai sama Ibu di kampung, pasti kaget plus pengen dagang petai juga di sini…hihi. Satu papan petai bisa sampai 9 ribu kalau sedang mahal. Kalau pas murah biasanya 4 ribu saja sudah bisa makan satu papan petai. Sedangkan di kampunga? Satu ikat petai isi berapa papan itu nggak sampai 15 ribu.

Yang bikin nggak enaknya juga kalau beli itu karena kadang petai yang dijual nggak semuanya tua, ya. Jadi, nggak berasa dimakan. Nggak bisa milih-milih suka-suka, karena ya itu aja yang ada silakan dibeli. Hiks.

Seperti hari ini, meski penampakannya bagus dan tidak ada ulatnya, tetapi petai yang saya beli kurang tua, Sodaraaah. Jadi makannya kurang berasa apalagi buat pencinta petai seperti saya.

Waktu beli petai, saya kebayang mau bikin sambal petai dicampur sama cumi asin. Sayang banget cumi asinnya sedang kosong. Akhirnya kepikiran disambal saja pakai ikan asin dari Berau yang dikirim sama teman sesama blogger. Baik banget, lho dia sampai bela-belain ngirim oleh-oleh khas Berau. Salah satu yang favorit banget ya ikan asinnya ini yang tipis, bersih, dan kering. Digoreng jadi kriuk seperti kerupuk. Belum pernah lihat di jakarta yang begini. Biasanya ikan asin di sini kalau yang memanjang dan agak besar itu cenderung tebal dan basah. Jadi, nggak enak disambal begini.

Ini resepnya pakai resep biasa saja. Tapi, kamu bisa tambahkan gula merah atau palm sugar supaya lebih enak dan menggigit. Cabainya juga bisa sesuai selera, ya.  Saya tipe orang yang nggak terlalu bisa menakar sesuatu. Ya, dikira-kira sendiri. Terus kepedasan, tapi nggak bisa berhenti…haha.

Buat kamu yang penasaran, kuy, bikin sambal petai dan ikan asin ini untuk teman makan bersama nasi panas. Dijamin ketagihan!

Bahan:
2 papan petai, kupas utuh
Secukupnya ikan asin, goreng kering
1 buah tomat
8 siung bawang merah
4 siung bawang putih
Secukupnya cabai rawit merah
Secukupnya cabai merah keriting
Secukupnya garam, jangan terlalu asin jika ikan yang digunakan sudah asin
Sedikit terasi
Secukupnya kaldu bubuk (boleh skip)
Sedikit gula pasir atau gula merah (saya pakai palm sugar)


Cara membuat:
1. Haluskan semua bahan sambal. Tumis dengan secukupnya minyak. Biarkan sampai wangi dan bumbu matang supaya sambal tidak langu.

2. Masukkan garam, penyedap, dan gula. Setelah rasanya pas, masukkan ikan asin yang telah digoreng. Aduk rata.

3. Masukkan petai dan aduk-aduk saja sebentar. Jangan terlalu matang supaya lebih enak dan terasa.

4. Sajikan bersama nasi panas.


Voila! Sambal petai dan ikan asin buatan kamu pun siap disantap bersama nasi panas dan kerupuk. Kamu bisa ambil secukupnya, taruh di atas nasi dan aduk. Dijamin bikin nagih dan pengen nambah lagi dan lagi. Resep ini gampang, bahan sederhana, tetapi memang mewah banget bagi pencinta sambal dan petai, ya! Perpaduan ikan asin dengan petai dan sambalnya yang pedas bisa membuat kamu nggak berhenti makan.

Semoga resepnya bermanfaat dan selamat mencoba!

#Day23 #ODOP #Estrilookcommunity

Salam,
11 comments on "Sambal Petai dan Ikan Asin, Teman Makan yang Bikin Nagih!"
  1. Sambal petainya betulan bikin nagih ..., cukup disantap cuma pakai tempe dan nasi panas, bakalan pengin nambah lagi dan lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, betul sekali, Mas. Nggak perlu tambah ikan, ini aja udah bikin nambah terus..hehe

      Delete
  2. Manknyus bgt mba. Petenya itu loh guede2 krenyes. πŸ˜‹πŸ˜‹

    ReplyDelete
  3. Manknyus bgt mba. Petenya itu loh guede2 krenyes. πŸ˜‹πŸ˜‹

    ReplyDelete
  4. Manknyus bgt mba. Petenya itu loh guede2 krenyes. πŸ˜‹πŸ˜‹

    ReplyDelete
  5. Kalau di kasih ikan asin yang nggak asin gimana ? Misalnya ikan asin tapi manis hehe

    ReplyDelete
  6. Waah ini nih yang bikin lahap makan. Apalagi lihat petainya yang menggiurkan 😍

    ReplyDelete
  7. jadi ingat masakan mbah ku yang suka dengan olahan pete.

    ReplyDelete
  8. aku sukaaaa sambal dan ikan asinnya, tapi enggak bisa makan petainya.

    ReplyDelete
  9. Yang berbau pedas dan asin saya suka banget, tapi entah kenapa yang berbau pete saya belum pernah coba. Kalau petai cina alias lamtoro itu saya suka juga.
    Kayaknya besok saya mau minta dimasakin ikan asin sama emak, yang cabenya banyak biar pedes gila😁...

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature