Top Social

Roti Sobek Homemade Super Empuk, Asli Enak!



Judul yang agak lebay di hari pertama bulan Januari 2019. Masya Allah, nggak berasa udah ganti tahun aja, ya. Dan kali ini saya memulainya dengan postingan roti sobek yang bikin ngiler sejagad dunia maya*apa, sih.

Setahun kemarin apa saja yang sudah dicapai dan belum tercapai? Kayaknya hampir semua sudah tercapai, menunggu buku solo terbit dan jadi best seller saja yang belum. Insya Allah tahun ini sangat berharap jauh lebih produktif menulis buku, mulai mengurangi menulis artikel. Yap! Ini target saya tahun ini. Semoga godaan menulis artikelnya teralihkan. Lagi pengen menulis buku-buku anak islami, dan berharap bisa terbit mayor serta best seller. Aamiin.

Kalau target kamu apa aja untuk tahun ini? Lebih konsisten mengisi blog? Melebarkan sayap dengan menulis artikel di berbagai media? Atau menulis antologi dan buku solo? Apa pun itu, doa yang terbaik buat kamu semua. Insya Allah semua akan tercapai jika kita mau mengusahakannya dengan sungguh-sungguh.

Nah, kembali lagi ke roti sobek yang saya buat kemarin. Sebenarnya ini dibuat dalam rangka mau baking bareng salah satu blogger dari Jogja yang kebetulan sedang liburan di Jakarta. Sayang banget, kemarin putrinya sedang demam, qadarallah nggak bisa datang. Niatnya biar anak-anak bikin roti. Biar mereka senang dan bisa menikmati hasil baking-nya sendiri.

Harusnya hari ini diagendakan kembali untuk bertemu, tetapi saya baru sadar kalau si sulung masuk Kamis depan, dan sampai detik ini ayahnya belum nganter dia pergi ke tempat yang dia mau. Sedangkan besok ayah sudah masuk kerja. Jadi bingung mau ngapain jadinya…haha.


Dan cerita roti sobek ini dibuat kemarin. Resepnya masih sama, ngambil resep-resep lama saya di Cookpad. Bagi kamu yang pengen bikin roti sobek, ada banyak tips yang bisa kamu perhatikan sebelum membuatnya.

1. Pastikan ragi aktif dan baru. Cek ketika dicampur gula pasir dan air hangat, kalau berbusa berarti ragi layak dipakai.

2. Ngulennya harus sampai kalis. Ditandai ketika adonan ditarik tidak akan mudah sobek, dan adonan sedikit mengilap serta tidak lengket di tangan.

3. Pastikan takarannya benar. Kalau di awal agak lembek nggak masalah. Jangan ditambahkan tepung, ya. Nanti malah keras dan bantat.

4. Panggang dengan suhu dan waktu yang tepat. Setiap oven itu panasnya berbeda. Jadi, kamu harus mengenali oven kamu sendiri. Biasanya saya memanggang kurang lebih selama 15 menit dengan suhu 200’C.

Nah, bagi yang pengen nyobain resepnya, perhatikan bahan-bahan yang harus kamu punya.
500 gr terigu protein tinggi (Cakra)
90 gr gula pasir
2 sachet susu bubuk
120 ml air hangat kuku
130 ml ais es
3 butir kuning telur
90 gr butter atau margarin
Sejumput garam

Bahan Isian:
Secukupnya mesis cokelat

  
Perhatikan cara membuatnya:
1. Campur semua bahan kecuali butter dan garam. Aduk rata bisa pakai tangan atau mixer.

2. Setelah tercampur rata, kamu bisa masukkan butter dan garam. Baru diulen hingga kalis.

3. Diamkan selama 1 jam atau sampai mengembang dua kali lipat. Jangan lupa tutup atasnya supaya adonan tidak kering.

4. Tinju adonan dan buang udaranya. Bentuk sesuai selera dan jangan lupa beri isian. Kalau tidak pakai cup kertas, olesi loyang dengan margarin, ya.

5. Diamkan selama 1 jam atau sampai mengembang dua kali lipat.

6. Panaskan oven 10 menit sebelum digunakan. Panggang adonan hingga keemasan. Saya taruh di rak bawah, panggang dengan suhu 180-200’C selama kurang lebih 15 menit. Sesuaikan dengan oven masing-masing.

7. Setelah keluar oven, olesi atasnya dengan butter. Sajikan selagi hangat atau bungkus plastik jika bersisa supaya tetap lembut.

Empuk banget!

Voila! Roti sobek buatan kamu sudah siap, lho. Jangan lupa, ketika membentuk dan menata di loyang, kasih jarak yang cukup sehingga adonan mengembang bagus saat dipanggang. Selamat mencoba dan semoga tahun ini kita lebih produktif berkarya!

Tulisan ini diikutsertakan dalam One Day One Post bersama Estrilook Community #Day1

6 comments on "Roti Sobek Homemade Super Empuk, Asli Enak!"
  1. waaah emang bikin ngiler banget.. bolehlah kalua bikin lagi jangan lupa kirim ke jogja,hehehe. oh ya btw resolusi saya di tahun ini semoga dapat terus aktif menulis di blog minimal satu artikel per minggu..hehe

    ReplyDelete
  2. Maknyus tu mba... Celupin ke teh anget ato sambil ngupi2😋😋

    ReplyDelete
  3. Wow, bisa dicoba nih resepnya. Alhamdulillah, dapet arisan kmarin saya beli oven tangkring, jadi tinggal eksekusi mb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, singsingkan lengan..ayo ngulen, Mbak..hihi

      Delete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature