Top Social

[Review] My Trip My Tafakur, Teladan dalam Petualangan Seru



Apa sih tafakur itu? Tafakur bisa diartikan merenung. Ya, merenungi kekuasaan Allah yang telah menciptakan bumi dan segala isinya. Begitu juga yang dilakukan oleh Odi dan saudara sepupunya yang berencana naik gunung. Tujuan mereka tidak hanya ingin melihat keindahan alam secara langsung, tetapi juga ingin tafakur alam.

Wah, pasti mengasyikkan banget bisa naik gunung bersama teman-teman dan saudara. Itulah yang dirasakan oleh Odi saat hendak naik Gunung Gede. Tentu saja Odi sudah izin pada orang tuanya. Dia pun naik gunung bersama orang dewasa yang pastinya sudah berpengalaman.

Nah, kira-kira apa saja yang terjadi saat mereka naik gunung? My Trip My Tafakur tidak hanya akan bercerita tentang keindahan alam di Indonesia, tetapi juga mengajari para pembaca cilik tentang sunah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad saw. Di awal cerita, kamu akan disuguhi dalil-dalil shahih dari Alquran dan hadits. Selain itu, 10 kisah di dalamnya begitu menghibur.

Salah satu pelajaran menarik misalnya saja ketika Odi tidak menemukan tempat sampah di hutan, dengan tanpa rasa bersalah dia membuangnya begitu saja. Untung saja ada Bang Roni yang menegurnya.

“Tidak ada tempat sampah, bukan berarti kita boleh buang sampah sembarangan,” kata Bang Roni.

Jika saja Odi berpikir boleh buang sampah sembarangan, kemudian ada minimal 100 orang yang berpikir sama, bisa dibayangkan akan seperti apa hutan kita? Indonesia saat ini sudah sesak dengan sampah. Keadaan darurat yang benar-benar harus diedukasikan kepada semua orang, tak terkecuali anak-anak. Entah kenapa, masyarakat kita begitu mudah mencemari lingkungannya sendiri dengan sampah. Padahal, sudah banyak kejadian yang seharusnya jadi pelajaran, misalnya saja banjir di musim hujan akibat sungai yang dipenuhi sampah. Ya, manusia sendiri yang berulah, dan alam pun bereaksi.

Telah tampak kesalahan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)." (QS Ar-Rum: 41) 

Mengajarkan anak-anak tidaklah semudah menasihati orang dewasa, sebab seribu nasihat bagi mereka tak lebih berharga darpada satu teladan yang baik. Mereka butuh contoh nyata, bukan sekadar ucapan. Sangat lucu kalau orang tua malas menjaga kebersihan kemudian menuntut anak-anak disiplin menjaga kebersihan. Sangat lucu jika kita meminta mereka mencintai keindahan, tetapi kita sendiri sebagai orang tua justru tidak pernah melakukan hal serupa.

Lewat buku My Trip My Tafakur, bukan hanya anak-anak yang belajar bagaimana mencintai alam dan mengagumi kekuasaan Allah, tetapi juga jadi pelajaran tersendiri bagi orang tua yang seharusnya menjadi teladan bagi anak-anaknya.

Dikemas dengan cover berwarna cerah dan gambar lucu, buku My Trip My Tafakur benar-benar layak kamu miliki. Buku ini lebih cocok bagi mereka yang sudah lancar membaca. Buku jenis chapter book ini bisa jadi kado buat mereka yang sudah masuk Sekolah Dasar, sebab tidak hanya berisi cerita yang menarik, tetapi juga memuat pelajaran berharga di dalamnya. Selain itu, terdapat pula tip mendaki gunung yang harus diketahui sebelum memutuskan  mendaki.

Ada sepuluh cerita yang bisa kamu temukan di dalamnya. Selain ada Odi yang naik Gunung Gede, kira-kira ada apa lagi, ya? Hmm, sepertinya kamu mulai penasaran, kan? Jangan lupa adopsi buku ini ketika kamu menemukannya di toko buku. Sebab buku ini sangat menarik dan recommended banget deh buat kamu dan para pembaca lainnya.

Judul: My Trip My Tafakur
Penulis: Anisa Widiyarti
Penerbit: Tiga Ananda
ISBN: 978-602-366-416-0
Jumlah halaman: 88 hal

#Day28 #ODOP #Estrilookcommunity

Salam,
4 comments on "[Review] My Trip My Tafakur, Teladan dalam Petualangan Seru"
  1. Pasti cocok ya kalau dikasih adek, apalagi gambarnya lucu gitu. Jadi inget dulu pas sd suka banget baca buku dari perpustakaan.
    Jadi inget juga dulu nggak pernah tega buang sampah sembarangan, pasti sampahnya ikut dibawa pulang wkwk...😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren itu mah...coba semua orang seperti dirimu, bersih deh lingkungan kita...


      Delete
  2. Dari judulnya sudah kepengen mau beli nih,m ak suka bnget jalan jalan, dan bisa mewariskannnya kepada anak anak, bisa nih belajar dari pengalaman dalam buku ini dan menarik juga

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature