Top Social

Mengulas Perjalanan Menulis Selama Tahun 2018, Jatuh Bangun Jangan Sampai Bikin Kamu Nyerah!



Saya belum sempat mengulas lebih dalam seperti apa perjalanan menulis setahun kemarin. Baru membuka topik ini, mata udah panas dan berkaca-kaca…haha. Kayaknya banyak banget dramanya. Tapi, di balik semua drama ini ada hikmah yang bisa dipetik. Saya yakin, semua orang pasti pernah ngelakuin kesalahan, masalahnya kamu mau mengakui dan menyadari itu atau nggak, kemudian menjadikannya sebagai pelajaran berharga atau justru mengabaikannya?

Selama satu tahun kemarin, saya memang sangat fokus menulis artikel. Entah kenapa, sejak mulai belajar menulis di UC News, rasa pengen nyoba lagi itu muncul terus dan nggak pernah surut. Bahkan saya yang dulunya hanya bercita-cita jadi penulis buku, tahun kemarin lebih banyak belajar menulis artikel malah.

Bisa jadi karena saya memang nggak pengen setengah-setengah ketika mencoba. Termasuk ketika mencoba menulis artikel. Apalagi masih berhubungan dengan dunia menulis, masih passion saya juga, jadi nggak masalah menulis artikel dengan serius. Dan tahun kemarin benar-benar menjadi tahun di mana saya mulai bisa memetik hasil dari menulis. Ternyata menulis itu menghasilkan, ternyata hobi masa lalu yang sempat terlupakan justru sekarang bisa menyumbangkan pundi-pundi uang.

Menulis adalah passion, mengerjakannya adalah sesuatu yang menyenangkan, nggak berasa lagi kerja. Terus dapat uang? Atau tembus banyak media? Wah, seneng banget rasanya. Kalau dulu, satu artikel bahkan nggak ada yang mau baca, ya…haha. Sekarang satu artikel yang saya tulis bisa dihargai sampai ratusan ribu. Sampai nggak percaya bisa mencapai tahap ini. Matre ya bicara uang...hihi. Padahal kalau hanya sekadar mengejar  materi pasti nggak akan jelas ujungnya.

Di sisi lain, saya mulai menyadari bahwa apa yang kita rawat, kita tekuni dengan sungguh-sungguh, kita usahakan, akan menghasilkan meski itu hanya hal sepele sekalipun. Jadi, jangan pernah main-main dengan apa yang sedang kamu tekuni sekarang, bisa jadi itu akan jadi sumber pemasukan yang nggak ternilai, minimal apa yang kita kerjakan haruslah membawa manfaat bagi banyak orang, dan justru inilah yang paling utama.

Orang tentu nggak akan peduli siapa kita, sehebat apa kita, selama kita nggak bisa bermanfaat buat yang lain, mereka pasti nggak akan peduli, hanya melihat selintas lalu saja. Tapi, ketika kita bisa memberikan manfaat pada yang lain, bantu yang lain supaya bisa mewujudkan impiannya, maka kamu bakalan dapatkan apa itu yang paling berharga.

Selain banyak pencapaian saat menulis artikel, tahun kemarin menjadi tahun yang sangat menggembirakan buat saya. Karena pada tahun 2018, beberapa ajuan naskah solo saya berhasil diterima oleh beberapa penerbit. Dan itu benar-benar cita-cita saya selama hampir sepuluh tahun, baru berhasil tahun ini.

Buku-buku antologi pun banyak lahir tahun kemarin. Sampai sekarang sudah ada puluhan antologi yang masih menunggu terbit dan sudah terbit. Selain itu, tahun kemarin juga saya memberanikan diri membuka website untuk para penulis. Yup! Estrilook selama empat bulan ini sudah memiliki 200 lebih penulis yang mendaftar di website, tapi belum seluruhnya berani mengirimkan artikel..hehe.

Saya nggak pernah kebayang sih, ketika membuka estrilook, mulai mengadakan kelas-kelas menulis dan ngeblog gratis, ternyata ada orang yang merasa amat terbantu, mereka curhat dan menceritakan tentang Estrilook di blog. Bikin saya jadi berkaca-kaca. Selama ini saya nggak pernah membayangkan sampai segitunya. Keberadaan website dan komunitas yang saya bangun kayaknya biasa aja, bahkan cenderung hambar karena saya nggak bisa melakukan banyak hal sekaligus mengerjakan yang lain. Tapi, buat beberapa orang ternyata amat berharga dan membantu. Terima kasih buat semua yang telah bergabung… ^^

Tahun ini ada banyak target baru yang ingin dicapai, terutama lebih banyak menulis buku daripada fokus yang lain. Tapi, kayaknya masih belum 100% berhasil fokus…haha. Tapi, saya berusaha menepati target.

Semoga tahun ini ada lebih banyak buku yang bisa saya terbitkan. Kuy, semangat menulisnya! 

Tulisan ini diikutsertakan dalam One Day One Post bersama Estrilook Communiy #Day5

14 comments on "Mengulas Perjalanan Menulis Selama Tahun 2018, Jatuh Bangun Jangan Sampai Bikin Kamu Nyerah!"
  1. Keren, Mbaa
    Saya tahu estrilook pertama kali dari mas daman huri
    Dan akhirnya sampai sekarang inilah
    Founderny kece
    Sukses terus y mbaa
    2019 makin menginspirasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Owh, dari Mas Daman ya..Masya Allah, Mbak..Mbak juga keren banget, bukunya juga udah banyak. Kapan saya bisa seperti itu...

      Delete
  2. Pantesan Mbak sukses menerbitkan banyak tulisan dan buku. Itu karena Mbak sungguh-sungguh serta menjaga kualitas tulisan. Tulisan di atas saja rapi dan runut. Selamat sudah mencapai banyak hal selama tahun 2018 semoga tahun ini juga sama baiknya, ya, Mbak. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, Masya Allah..terima kasih banyak doanya, Mbak. Doa yang sama untuk Mbak juga tahun ini..semoga apa yang kita tulis memberikan banyak manfaat buat yang lain...Aamiin

      Delete
  3. Baca ini asli jd makin semangat nulis lagi.
    Keren juga bisa nyumbangin tulisan di banyak buku antologi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga semakin produktif tahun ini ya, Mas..

      Delete
  4. Wow... Selalu itu yang terpikir kalau baca pengalamannya mbak muyass, perjuangannya yang panjang dan terget-targetnya itu lo yang saya suka dan saya inget-inget biar ketularan juga he..he...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, semoga mbak lebih sukses dan menikmati passion-nya, yaa...Aamiin

      Delete
  5. Replies
    1. Masya Allah, terima kasih, Mbak... *ngumpet di kolong kwkwk

      Delete
  6. wiiih, akhirnya ketemu juga sesama blogger penulis di UC News? lam knl mbak? akun UC nya apa mbak?

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature