Top Social

Membuat Header Blog Pakai Smartphone dengan Aplikasi Ibis Paint X



Utak atik blog itu memang bikin candu, ya. Benar-benar bikin lupa waktu. Nah, selain suka ngubah template blog, yang menarik lagi adalah mengubah header blog. Kalau bisa sih jangan sering ganti, ya. Kalau sudah cocok, cukup sudah sampai di situ, jangan ingin membuat yang lain nanti nggak kelar-kelar…hoho.

Biasanya kita sering membuat header blog pakai Canva. Tapi, kadang bosan juga dengan font yang itu-itu saja. Karena kemarin utak atik Ibis Paint X lagi, akhirnya sampai detik ini saya malah ketagihan bikin header blog pakai Ibis Paint X. Asyiknya karena kita bisa download banyak font dari Google lewat aplikasi menggambar ini. Wah, ternyata Ibis Paint X nggak cuma bisa dipakai untuk menggambar saja, tetapi juga bisa untuk membuat header Blog dan semua aksesori untuk mempercantik blog kamu.

Masalahnya, apakah bisa hanya dengan menggunakan handphone? Kalau tidak banyak menggunakan gambar, tentu saja sangat bisa. Header yang sederhana dan simpel itu justru lebih bagus memang. Nggak harus selalu rame dengan gambar. Cukup pakai font yang bagus, kamu udah bisa bikin header blogmu sendiri!





Nah, supaya nggak salah ukuran, ada baiknya kamu cari tahu berapa ukuran header blog kamu. Bisa cek header lama atau cek header pada demo template yang biasanya sudah disediakan. Caranya gimana? Klik kanan gambar header blog kamu, kemudian klik Inspect.

Header blog yang kamu buat bisa berupa nama blog kamu seperti muyass.com atau nama kamu seperti menggunakan Muyassaroh’s Blog. Selain itu, kamu bisa tambahkan deskripsi atau moto dari blog kamu di bawahnya.

Sebelum kita mulai, coba kamu download dulu aplikasi Ibis Paint X dan ikuti langkah-langkahnya!

1. Buka aplikasi Ibis Pint X dan klik ‘My Gallery’.

2. Untuk menentukan ukuran, kamu klik tanda ‘+’ dan isi sesuai ukuran yang kamu inginkan. Misalnya untuk ukuran header blog saya bisa pakai 800x350. Setelah itu klik ‘Oke’ dan kamu akan mendapati halaman kanvas kosong.

3. Yang perlu kamu perhatikan adalah, pastikan warna dari blog yang akan kamu tempeli header itu putih atau bukan. Jika warnanya bukan putih, sebaiknya kamu ubah kanvas kamu menjadi transparan dengan klik bagian ini.



4. Klik tool brush dan pilih tool ‘Text’ kemudian klik pada lokasi yang kamu inginkan (nanti bisa digeser-geser lagi). Add Text dan tulis header blog kamu seperti ini. Jika mau menambah deskripsi atau moto blog, kamu klik ulang text di bagian berbeda.



5. Silakan kamu mencari jenis font yang kamu inginkan, jika belum ada di aplikasi, kamu bisa klik tanda ‘+’ pada font dan masuk ke Google, di Google kamu bisa mencari dan mengunduh font yang kamu mau. Jenisnya bisa banyak banget, sampai pusing aja sih milih yang mana.

6. Klik ‘Style’ untuk mengubah warna header kamu, sesuaikan ukurannya dengan tool ‘Size’, perhatikan juga spasinya, bisa kamu ubah juga, lho. Setelah fix, kamu bisa klik tanda ceklis.

7. Supaya header blog kamu nggak polos dan begitu-begitu saja, kamu bisa tambahkan gambar atau warna seperti sapuan brush di sana. Ingat, kamu nggak bisa ngedit pada bagian layer yang berupa ‘Text’, ya. Kamu harus pindah layer dulu untuk menambahkan gambar atau menambahkan warnanya.

8. Klik tool ‘Brush’ dan pilih jenis mana yang kamu inginkan. Pilih juga warnanya dan silakan berkreasi sesuka hati.



9. Setelah semua selesai dan nggak ada yang perlu dibenahi, kamu bisa klik tomblo selesai pada gambar panah yang menghadap ke kiri pada sisi pojok kanan bawah. Setelah itu kamu bisa unduh gambarnya dengan klik tiga titik atau langsung share dengan kirim ke email dan pakailah untuk blog kamu.



Gimana? Simpel banget, kan bikinnya? Nggak perlu mahir ini itu, kamu juga bisa kok membuat header blog yang lucu dan imut hanya dengan handphone pakai aplikasi Ibis Paint X ini. Kuy, ah cobain. Dan jangan ragu membuat kreasi header kamu sendiri, ya! Selamat mencoba dan terima kasih sudah berkunjung ke muyass.com.

Tulisan ini diikutsertakan dalam One Day One Post bersama Estrilook Community #Day13

Salam,

42 comments on "Membuat Header Blog Pakai Smartphone dengan Aplikasi Ibis Paint X "
  1. Iya betul sekali mbak muyass 😄 Kalau aku suka Ibis Paint X untuk buat creator segala jenis macam logo.. Karena ukuran besar kecilnya bisa kita atur sendiri..😄😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap, setuju banget..asyik banget deh pakai Ibis..hihi

      Delete
  2. sayangnya setelah ganti ke wordpress jadi bingung gimana cara edit header blog yaa kalau di blogspot dulu malah sering utak atik header

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak..WP mah ribet bikin kurus deh utak atiknya..hihi


      Delete
  3. Saya coba ah nanti sambil nunggu selesai download...but ini tutorial jadi pakainya harus langsung praktek

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah dapat ilmu lagik..
    Insha Allah mau praktek mb Muyass..
    Makasih

    ReplyDelete
  5. Ah, keren. Kalau mau pasang aplikasi ini brrti hrs delete dulu aplikasi lain *kebanyakan aplikasi, tepok jidat*. Lucu yah Mbak imagenya, pingin coba ah siapa tahu berhasil buat image yang klik di hati..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, nah itu dia ya mbak...silakan dicoba mbak,

      Delete
  6. Yesss, udah download & install, lumayan bagi saya yang udah ubanan ini harus belajar dulu wkwwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha...ubanan dari mana sih bun..kwkwk.selamat mencoba :)

      Delete
  7. paling suka dengan tutorial kayak gini.. thanks ya Mbak, nanti mau coba utak atik juga aahh..
    belum pernah pakai IbisPaint X ini.. pasti asyik nih karena buat header pun bisa dari HP :)

    ReplyDelete
  8. lagi mau praktek buuun hehe, tunggu yes, kalo udah longgar tapi nanti di coba wkwk. Kusibuk berats euy wkwkkw *gaya ~

    ReplyDelete
  9. Wow bagus banget mba say, saya jadi pengen belajar deh makasih yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih, Mbak udah jago gambarnya kece badai...Silakan dicoba, Mbak... :)


      Delete
  10. Sekian byk tutorial dari para mastah nya belum saya utak-atik..g heran blog nya maaih jauh dr kata bagus 😂😂..Bintangin ah, next ada waktu longgar diuprik lagi. Thanks y bun muy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebanyakan bintang di langit kayaknya ya Mbak...haha..nggak di blog, nggak di WA kerjanya bintangin terus..hihi


      Delete
  11. Cakep, blognya Mbak Muyass, sering otak-atik, ya? Kusave deh cara ini, siapa tahu ada waktu senggang bisa nyobain. Hehe 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, udah g sering utak atik, Mbak..sekarang mah pakai ini aja.. :D

      Delete
  12. Pernah download Ibis paint, tapi ga ngerti cara menggunakannya. Knp ya?Apa mungkin karena sebelumnya tidak ada tutorial seperti ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, sy juga otodidak, Mbak..dipencet2 aja semua hihi, kemudian yang lebih pinter malah anak sy kwkwk


      Delete
  13. Wah baru tahu mbak. ..simple dan mudah ya mbak, mau download juga ah

    ReplyDelete
  14. Aku baru aja download mba Muy, belom ngoprek-ngoprek. Semoga ketidaksukaan dalam menggambar bisa sedikit tergeser karena adanya aplikasi ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, iya, Mbak..nggak harus pakai gambar sih, bisa juga pilih brush yang lucu seperti bentuk daun, bunga, balon.. :D


      Delete
  15. Ilmu yg bermanfaat mbak Muyass. Saya Senang liat blog Mbak yg keren. Semoga bisa mengikuti jejak Mbak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, masya Allah, terima kasih, Mbak..yuk dicoba.. :)

      Delete
  16. Pengen ganti header blog tapi selalu maju mundur cantik, baca artikel mba jd mencerahkan, tfs ya mba :)

    ReplyDelete
  17. Sebelum download ibis kayaknya harus hapus aplikasi yg lain,, hehe
    Mo bikin header kaya mb muyas ah 😁
    Thanks sharenya mb
    Ta bintangin dulu 😊

    ReplyDelete
  18. Makasih mba, aku labgsung cobain tapi brushnya gak bisa ditambahin, aq gak ngerti caranya hehe

    ReplyDelete
  19. assalammualaikum ibuuuukk... makasih banyak nih sarannya.. langsung saya aplikasikan buat header blog saya nih.. hehe

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature