Top Social

- Bermimpi, Menulis, Berbagi -

Tips Memilih Nama Blog, Ternyata Simpel!



Saat pertama kali mengenal blog dan membuatnya, yang pertama kali terlintas saat itu adalah nama yang cukup aneh. Benar, sebelum menjadi Muyass.com, dulunya pernah memilih nama memorilicous, lho. Kenapa waktu itu malah memilih nama yang cukup rumit ketika membuat blog? Yang jelas, tiba-tiba dulu suka aja. Dan waktu itu belum pakai TLD.

Setelah memutuskan berganti jadi TLD, nama sendiri menjadi salah satu hal yang paling saya harapkan. Alasannya? Karena saya sudah banyak melihat blog teman-teman pada saat itu, dan ternyata kebanyakan memang memakai nama sendiri. Sayangnya, ketika saya memilih nama lengkap yang cukup singkat, yakni Muyassaroh, justru nama itu sudah dipakai sebagai sebuah metode belajar Alquran. Bisa jadi karena Muyassaroh itu berasal dari kata ‘mudah’, sehingga metode itu dianggap cara mudah untuk belajar Alquran.

Karena nama itu sudah dipakai, akhirnya saya pun memilih nama pendek yang mudah diingat dan dihapal oleh semua orang. Jadilah Muyass.com sebagai nama blog saya hingga saat ini. Nah, buat teman-teman yang pengen pakai TLD, coba tips memilih nama blog berikut ini, ya!

1. Selain mencoba nama sendiri, kamu juga bisa memilih nama-nama yang unik dan brandable. Buatlah nama sekreatif mungkin supaya mudah diingat dan dikenal orang. Memang memilih nama blog itu susah-susah gampang. Dibilang susah, tetapi nama yang muncul cenderung simpel, tetapi biasanya susah banget dicari. Nah, karena itu tidak jarang sering bikin pusing.

2. Coba buatlah daftar nama yang ada dalam pikiran kamu. Tulis saja seluruhnya, kemudian bisa kamu pilih dan pilah sesuai keinginan. Dengan cara ini, kamu bisa menemukan banyak nama yang bahkan kadang susah sekalipun.

3. Gunakan nama yang pendek supaya mudah diingat. Justru karena nama Muyassaroh sudah terpakai, saya merasa beruntung sehingga nama blog saya sekarang berubah menjadi Muyass.com yang lebih mudah diingat orang. Nama Muyassaroh itu terkesan ajaib banget bagi sebagian orang karena kurang familiar di telinga. Benar, kadang saya dianggap laki-laki oleh sebagian orang. Pernah juga dapat balasan email dari penerbit, dan editor menyebut saya ‘Mas’. Baiklah, nama saya memang agak susah jika diucapkan lengkap, sehingga memilih nama blog yang pendek menjadi penting.

4. Coba pikirkan nama yang berhubungan dengan blog kamu. Jika kamu membahas menu atau resep, pastinya lebih cocok memakai nama yang identik dengan dapur, menu, catatan. Begitu juga dengan blog parenting atau traveling.

Nah, ternyata cukup simpel, ya mencari nama blog yang bagus dan sesuai dengan keinginan kita? Jangan sampai kamu salah pilih nama, sebab itu akan digunakan seumur hidup *eaa. Selamat mencari nama blog yang tepat!

#Day3 #Bloggerperempuan #BPN30DayBlogChallenge2018

7 comments on "Tips Memilih Nama Blog, Ternyata Simpel!"
  1. Saya juga langsung kepikiran nama sendiri waktu pertama bikin blog, biar orang lain tau itu blog saya hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi nanti saat menggunakan nama TLD , bisa jadi nama itu tidak tersedia.

      Delete
    2. Haha, iya, Mas..makannya dari sekarang udah kepikiran mau beli domain buat anak-anak.. :D

      Delete
  2. Sepintas mudah dan simple. Tapi bagi yang pertama membuat blog dijamim juga akan mengalami kebingungan saat memberi nama blognya. Karena sekarang sudah jutaan blog yang muncul, otomatis saling terjadi tampak berebut nama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, seperti saat saya memilih nama web saya..sampai bikin list banyak :D

      Delete
  3. Nama blog saya juga aneh mba. Gak memorable. Waktu milihnya asal asalan aja. Ckckckck.. tapi sayang kalau mau diganti lagi.. udah bayak link nya. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalau sudah terlanjur gppa, nanti bakal mudah diingat kalau udah sering berkunjung

      Delete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature