Top Social

- Bermimpi, Menulis, Berbagi -

Dampak Baik dan Buruk Adanya Media Sosial di Dalam Kehidupa Manusia


Media sosial memang bisa menjerumuskan seseorang pada perkara buruk, tetapi tidak melulu begitu. Bagi yang menggunakannya dengan porsi tepat, media sosial justru sangat membantu terutama bagi kita yang senang ngeblog dan menulis.

Dengan adanya media sosial, kita bisa lebih mudah membangun branding. Mengenalkan keahlian dan prestasi kita sehingga lebih banyak orang tertarik membaca dan share tulisan kita. Jika sudah begitu, pastilah karya-karya yang telah kita buat dengan susah payah dan sepenuh hati akan lebih banyak dinikmati.

Ya, saya menggunakan media sosial karena kebutuhan sebagai penulis menuntut saya memilikinya. Sudah bukan rahasia, jika banyak penulis dipinang awalnya tidak hanya melulu soal bagusnya karya, tetapi juag banyaknya followers. Jika bukan karena sebab ingin menunjukkan tulisan-tulisan, lebih baik saya tidak memiliki media sosial. Nah, lho, kenapa begitu?

Karena saya pribadi bukan termasuk orang yang senang curhat di status Facebook atau IG. Sesekali iya, tetapi bukan rutinitas yang harus dilakukan. Sedangkan saya juga bukan tipe orang yang senang share foto-foto dan cerita keluarga kepada orang banyak, sehingga buat apalagi punya media sosial jika tidak digunakan untuk mempublikasikan tulisan, artikel-artikel yang terbit di media, atau buku? Rasanya mending nggak punya akun facebook atau IG kalau memang tidak dimanfaatkan untuk passion di dunia literasi.

Lalu Apa Saja Dampak Buruk dari Media Sosial Sejauh yang Saya Pahami?

1. Main sosial media benar-benar bisa membuat seseorang menjadi candu. Mulai bangun tidur hingga tidur kembali, tidak bisa lepas dari kerjaan ngecek sosial media. Hal ini benar-benar tidak bisa dipungkiri lagi.

2. Main sosial media kebanyakan juga membuat stres. Seperti dilansir bbc.com, orang-orang menggunakan media sosial untuk melampiaskan emosi, tetapi yang ada justru semakin membuat stres dan tidak menemukan solusi. Semua tergantung juga pada bagaimana kita memakainya.

3. Saat ini, kebanyakan dari kita menghabiskan malam dengan bermain media sosial. Bahkan tak cukup sekadar 10 menit saja melakukannya. Akibatnya waktu tidur pun cenderung berkurang drastis.

Kemudian Apa Manfaat Adanya Media Sosial di dalam Hidup Kita?

1. Buat yang pandai menggunakannya dalam porsi yang tepat, media sosial bisa dijadikan alat untuk branding. Seperti seorang penulis, terutama pemula, dengan adanya media sosial, kita bisa lebih banyak mendapatkan pembaca hanya dari sebuah akun Facebook dan IG pribadi.

2. Mendekatkan yang jauh. Jarak bukan lagi halangan. Dengan adanya media sosial, kita bisa berkumpul kembali dan menemukan teman lama yang terpisah jarak dan waktu. Nggak nyangka dan bahagia banget bisa ketemu teman-teman zaman SMP, 'kan? Dengan media sosial pula kita bisa mendapatkan teman baru hingga se-passion pula.

3. Bagi yang punya bisnis online, media sosial bisa jadi alat untuk memasarkan produk. Simpel dan free pula, ‘kan?

Ternyata banyak sekali dampak baik dan buruk adanya media sosial di dalam kehidupan kita. Seperti saya katakan, semua tergantung pada pemakainya. Jika memang digunakan dengan tepat, media sosial akan mendatangkan manfaat, nggak melulu selalu negatif, kok.


#Day5 #Bloggerperempuan #BPN30DayBlogChallenge2018
Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature